Comscore Tracker

Jalan-jalan ke Samarinda? Wajib Cicipi 5 Makanan Olahan Ayam Ini

Nggak kalah hits sama daerah lain

Kota Samarinda yang merupakan ibukota dari Provinsi Kalimantan Timur ini memiliki beberapa ciri khas seperti kota-kota besar lainnya. Memang tidak seunik dari kota-kota terkenal lainnya. Namun, jika kamu sedang berada di Provinsi Kalimantan Timur, kota Samarinda dapat menjadi salah satu kota yang dikunjungi.

Di kota Samarinda ini, terdapat beberapa makanan olhan khas yang unik dan menarik. Seperti yang sedang trend sekarang seperti Roti Gembung Panglima, Kue Balok Antasari, Amplang, dan masih banyak lagi. Begitu juga dengan makanan olahan ayamnya yang juga dapat mengunggah selera makanmu. Ini dia lima  makanan olahan ayam yang tidak kalah enak dengan makanan-makanan khas kota-kota besar lainnya. Mau coba?

1. Ayam Gepuk Ponorogo

Jalan-jalan ke Samarinda? Wajib Cicipi 5 Makanan Olahan Ayam Iniinstagram.com/kulinersamarinda

Pertama ada Ayam Gepuk Ponorogo. Rumah makan ayam ini telah berdiri sejak tahun 1993. Terletak di Jalan K.S. Tubun no. 26, dan telah membuka cabang di beberapa tempat di kota Samarinda. Makanan olahan ayam ini disajikan dengan sambal ijonya yang rasanya tidak akan kamu temukan di tempat manapun. Begitu juga dengan rasa ayam gepuknya yang sangat lembut dan gurih. Dijamin kamu akan ketagihan dengan cita rasa yang dihadirkan dari Ayam Gepuk Ponorogo ini.

Jangan takut, untuk harga dari Ayam Gepuk Ponorogo ini dimulai dari harga Rp15-95 ribu. SKalau mau coba rasa yang lain, di rumah makan ini juga ada menu ayam geprek mozarella, ayam sambal bawang, ayam bakar, dan masih banyak lagi. Yuk dicoba yuk..

2. Ayam Goreng Surasama

Jalan-jalan ke Samarinda? Wajib Cicipi 5 Makanan Olahan Ayam Iniinstagram.com/SamarindaFoodies

Selanjutnya ada Rumah Makan Ayam Goreng Surasama. Ayam Goreng Surasama ini terletak di Jalan Pasundan, Jalan Gerilya, dan Jalan P. Suryanata. Seperti namanya menu Ayam Goreng Surasama ini terbuat dari ayam yang diungkep dengan bumbu khas Surasama yang kemudian digoreng. Lalu dalam penyajiannya diberi taburan rempah-rempah goreng yang menambah rasa dari ayam itu sendiri.

Tidak hanya disantap dengan nasi biasa, tapi di rumah makan ini, kamu dapat menyantapnya dengan nasi uduk khas Surasama. Harga yang ditawarkan juga murah dari Rp13-32 ribu.

Baca Juga: 9 Pilihan Kuliner Khas Samarinda Ini Bikin Kamu Merem Melek!

3. Ayam Blambangan

Jalan-jalan ke Samarinda? Wajib Cicipi 5 Makanan Olahan Ayam Iniinstagram.com/SamarindaFoodies

Yang ketiga ada Rumah Makan Ayam Blambangan. Rumah makan ini menawarkan menu ayam yang sangat lembut dan lunak dengan bumbu yang meresap sampai ke dalamnya. Ketika kamu membelah daging ayam gorengnya akan terlihat jelas bahwa bumbu yang digunakan meresap sampai ke tulang-tulang. Rasa dari ayam goreng ini sangat khas. Rasa gurih dan manis yang bercampur menjadi satu.

Rumah makan ini terletak di area belakang Gor Segiri, Jalan Kusuma Bangsa, Samarinda Kota. Harga yang dipatok dimulai dari kisaran Rp16-120 ribu untuk perekornya. Sekali mencoba dijamin ketagihan dengan rasanya.

4. Ayam Bakar Sakera

Jalan-jalan ke Samarinda? Wajib Cicipi 5 Makanan Olahan Ayam Iniinstagram.com/pennyeffendy

Keempat ada Rumah Makan Ayam Bakar Sakera. Rumah makan yang terletak di Jalan Kuranji, Gunung Kelua, Samarinda Ulu ini menghadirkan menu ayam bakar serta menu seafood yang disajikan dengan dibakar dan juga digoreng. Menu ayam bakar ini juga direndam terlebih dahulu sebelum dibakar. Kemudian setelah dibakar, ayam tersebut juga dimasukkan kembali ke dalam rendaman berisi bumbu margarin dan kecap yang membuat bumbu ini meresap dan sangat lezat. Harga yang ditawarkan juga masih sangat terjangkau, uyaitu dimulai dari kisaran Rp16 ribu.

5. Ayam Geprek Mas Tumin

Jalan-jalan ke Samarinda? Wajib Cicipi 5 Makanan Olahan Ayam Iniinstagram.com/Angkringan Mas Tumin

Terakhir, ada menu Ayam Geprek Mas Tumin yang terdapat di Angkringan Mas Tumin. Angkringan ini terletak di Jalan M. Yamin, Gunung Kelua, Samarinda Ulu. Ayam dengan porsi besar yang digoreng dengan balutan tepung yang renyah yang kemudian digeprek dengan bumbu bawang putih dan cabe yang baru diulek ketika dipesan.

Jadi, untuk sambalnya masih sangat fresh karena diuleknya sesuai dengan permintaan jumlah cabenya. Angkringan ini juga terkenal sebagai tempat nongkrong anak muda yang asyik. Jadi jangan heran jika angkringan ini selalu ramai tiap malamnya. Untuk harga juga dijamin terjangkau dan tidak bikin kantong jebol. Tertarik untuk cobain?

Itulah lima menu olahan ayam yang terdapat di Kota Samarinda. Ayuk jalan-jalan ke Samarinda!

Baca Juga: 7 Gelato Ini Recomended Banget Buat Ngademin Harimu di Samarinda

CumiBakar Photo Community Writer CumiBakar

Penikmat Sastra, Penonton Ulung, Hobi Makan..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You