Comscore Tracker

Meski Memiliki Bau yang Tak Sedap, Ternyata Petai Punya 5 Manfaat Ini!

Bisa bikin awet muda juga, lho!

Petai merupakan salah satu makanan yang kerap dihindari oleh banyak orang. Sebab aromanya yang sangat menyengat bisa bikin bau mulut tak sedap. Namun ada juga beberapa orang yang senang mengonsumsi petai dengan mengolahnya menjadi sambal petai hingga campuran dalam masakan.

Meski memiliki aroma yang tak sedap, ternyata petai mempunyai beberapa manfaat bagi kesehatan yang jarang diketahui, lho. Penasaran, kan? Yuk, simak!

1. Menurunkan tekanan darah tinggi

Meski Memiliki Bau yang Tak Sedap, Ternyata Petai Punya 5 Manfaat Ini!pexels.com/Pixabay

Bagi penderita hipertensi sangat dianjurkan untuk mengonsumsi petai. Kenapa? Karena petai bisa mengatasi tekanan darah tinggi. Petai mengandung kadar kalium yang tinggi sehingga sangat cocok digunakan sebagai obat bagi penderita hipertensi. Bahkan petai juga dipercaya bisa mencegah risiko terjadinya stroke.

2. Sangat baik bagi pencernaan

Meski Memiliki Bau yang Tak Sedap, Ternyata Petai Punya 5 Manfaat Ini!pexels.com/rawpixel.com

Selain efektif untuk penyembuhan hipertensi, mengonsumsi petai juga sangat baik untuk kesehatan pencernaan. Sebab kandungan seratnya yang sangat tinggi dan teksturnya yang lembut membuat petai mudah dicerna sehingga bisa membantu proses pencernaan agar menjadi lebih ringan.

Baca Juga: Resep dan Cara Membuat Teri Medan Petai Balado yang Bikin Ngiler

3. Mengatasi depresi

Meski Memiliki Bau yang Tak Sedap, Ternyata Petai Punya 5 Manfaat Ini!pexels.com/Kat Jayne

Saat kamu merasa stres, cobalah untuk mengonsumsi petai. Makanan yang satu ini mengandung serotonin yang bisa membuat suasana hati seseorang menjadi tenang, merasa rileks dan juga bahagia. Sehingga makan petai bisa dijadikan sebagai salah satu alternatif untuk mencegah terjadinya depresi.

4. Mengatasi rasa mual pada ibu hamil

Meski Memiliki Bau yang Tak Sedap, Ternyata Petai Punya 5 Manfaat Ini!pexels.com/Pixabay

Ibu hamil sudah tak perlu khawatir lagi jika merasa mual di pagi hari. Pasalnya ada salah satu makanan yang bisa mengatasi rasa mual pada ibu hamil, yaitu petai. Sebab petai mampu mengontrol kadar gula dalam tubuh, yang mana tingginya kadar gula dalam tubuh biasanya menjadi penyebab rasa mual pada ibu hamil.

5. Membuat awet muda

Meski Memiliki Bau yang Tak Sedap, Ternyata Petai Punya 5 Manfaat Ini!pexels.com/Bennie Lukas Bester

Siapa yang mengira bahwa makanan yang kerap dihindari banyak orang ini ternyata memiliki manfaat yang tak terduga. Petai ternyata bisa membantu proses regenerasi kulit yang bisa membuat kulit menjadi awet muda. Hal ini dibuktikan dengan digunakannya petai sebagai bahan kosmetik di Jepang.

Itulah beberapa manfaat petai bagi kesehatan. Setelah mengetahui manfaatnya, apakah kamu akan mencoba untuk mengonsumsi makanan dengan aroma tak sedap itu?

Baca Juga: Suka Petai? Ini 5 Cara Menyulapnya Agar Makin Nikmat Disantap

Izah Cahya Photo Community Writer Izah Cahya

Do the best

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You