Comscore Tracker

5 Tips Mudah Mengatur Pola Makan Agar Tetap Sehat Saat Traveling

Tetap jaga pola makan, ya!

Terlalu asyik saat melakukan traveling terkadang bisa membuatmu lupa untuk makan. Hal itu tentu bisa membuatmu sakit dan pola makanmu menjadi tak teratur. Tak hanya itu saja, biasanya kamu lebih memilih untuk membeli makanan karena dianggap praktis dan tidak ribet. Padahal makanan yang kamu buat sendiri jauh lebih sehat daripada yang kamu beli di luar. 

Untuk menghindari hal tersebut, kamu perlu menerapkan beberapa tips mudah berikut dalam mengatur pola makan. Sehingga kamu tetap sehat saat menjalani traveling.

1. Jangan lupa untuk sarapan pagi

5 Tips Mudah Mengatur Pola Makan Agar Tetap Sehat Saat Travelingunsplash.com/Ethan Sexton

Sarapan merupakan sesuatu yang sangat penting. Sebab sarapan bisa menambah energimu. Sehingga kamu tetap terlihat sehat dan bugar meski melakukan banyak aktivitas. Jadi jangan lupakan sarapan saat traveling agar kesehatanmu tetap terjaga.

2. Membawa bekal makanan

5 Tips Mudah Mengatur Pola Makan Agar Tetap Sehat Saat Travelingunsplash.com/Le Creuset

Untuk mengatur pola makan agar tetap sehat saat traveling kamu bisa membawa bekal makanan dari rumah. Dengan membawa bekal makanan, maka kamu bisa terhindar dari membeli makanan di luar saat traveling yang belum tentu sehat. Kamu bisa memilih bekal makanan yang praktis dan tahan lama. Seperti abon, rendang, kering tempe, maupun kering kentang.

Baca Juga: Menurut Ahli, Ini Waktu Terbaik untuk Makan Sahur!

3. Memasak makanan sendiri

5 Tips Mudah Mengatur Pola Makan Agar Tetap Sehat Saat Travelingunsplash.com/Le Creuset

Jika kamu melakukan traveling dalam waktu yang cukup lama usahakan agar kamu memasak makanan sendiri. Sebab memasak makanan sendiri tentu lebih terjamin kesehatannya dan juga kebersihannya. Kamu tak perlu bingung untuk memasak apa. Pilihlah bahan makanan yang mudah didapat dan cara pengolahannya pun sederhana. Seperti memasak telur, membuat sup, atau tumis kangkung atau sayur lainnya.

4. Jangan lupa untuk selalu mengonsumsi buah dan sayur

5 Tips Mudah Mengatur Pola Makan Agar Tetap Sehat Saat Travelingunsplash.com/Khamkhor

Ternyata saat traveling kamu juga perlu memperhatikan nutrisi di dalam tubuhmu. Jangan hanya karena terlena dengan makanan cepat saji yang kamu temukan di saat traveling membuatmu melupakan pola makan sehat. Hal itu bisa membuat pola makanmu tak seimbang.

Untuk mendapatkan pola makan yang sehat kamu perlu memberi nutrisi pada tubuhmu. Dengan cara mengonsumsi sayuran hijau dengan rutin. Selain sayuran, buah-buahan juga harus tetap kamu konsumsi selama traveling.

5. Tidak sembarang memilih tempat makan jika ingin makan di luar

5 Tips Mudah Mengatur Pola Makan Agar Tetap Sehat Saat Travelingunsplash.com/Toa Heftiba

Kamu boleh saja makan di rumah makan saat traveling asalkan jangan terlalu sering. Namun kamu juga tak boleh asal dalam memilih rumah makan tersebut. Kamu harus selektif. Pilihlah rumah makan yang tempatnya bersih agar makanan yang kamu makan lebih higienis. Sehingga makanan tersebut aman untuk dikonsumsi.

Itulah lima tips mudah mengatur pola makan agar tetap sehat selama kamu traveling. Jangan sampai karena keasyikkan traveling membuat kamu lupa dengan pola makan sehat. Sebab pola makan yang sehat sangat dibutuhkan agar kamu tak jatuh sakit selama melakukan traveling. Tidak enak bukan jika kamu harus merasakan sakit saat traveling?

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

Izah Cahya Photo Community Writer Izah Cahya

Do the best

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You