Comscore Tracker

5 Cara Membersihkan Oven dengan Bahan Alami, Lebih Aman dan Bersih

Cukup memanfaatkan bahan-bahan dapur saja, kok

Membersihkan alat dapur sangat wajib dilakukan. Salah satunya membersihkan oven yang sering dipakai untuk memasak.

Oven yang kotor akan terlihat menjijikkan, sehingga menurunkan semangat kita untuk memasak menggunakan oven. Selain itu, oven yang kotor juga dapat mempercepat tumbuhnya bakteri dan kuman, sehingga memunculkan karat yang menyebabkan oven lebih cepat rusak.

Kamu tak perlu risau, karena membersihkan oven bukanlah satu hal yang sulit dilakukan. Supaya gak gampang rusak, cobalah menerapkan cara membersihkan oven dengan bahan alami berikut ini.

1. Menggunakan baking soda dan cuka

5 Cara Membersihkan Oven dengan Bahan Alami, Lebih Aman dan Bersihilustrasi cuka dan baking soda (pexels.com/Daria Liudnaya)

Untuk membersihkan oven menggunakan baking soda dan cuka, kamu cukup campurkan baking soda dengan air hingga membentuk pasta. Kemudian, oleskan ke bagian bawah oven, dinding samping, dan dinding belakang pintu oven. Hindari bagian pemanas yang ada di oven. Diamkan minimal selama 2 jam hingga semalaman.

Setelah itu, siapkan botol semprot, lalu isi setengah bagian dengan air dan setengah bagian dengan cuka putih. Kocok sebentar agar cuka dan air bisa tercampur. Kemudian, semprotkan campuran cuka di seluruh bagian oven, lalu tunggu selama 30 menit.

Kalau sudah 30 menit, bersihkan oven menggunakan kain untuk menghilangkan campuran soda kue. Terakhir, gunakan kain basah untuk membersihkan noda-noda yang tersisa.

2. Gunakan garam untuk membersihkan noda sisa makanan

5 Cara Membersihkan Oven dengan Bahan Alami, Lebih Aman dan Bersihilustrasi garam (pexels.com/Lorena Martinez)

Menggunakan garam menjadi alternatif yang simpel, mudah, dan murah. Caranya, kamu cukup menaburi garam pada noda makanan yang ada setelah memanggang makanan selagi oven masih panas. Tunggu hingga dingin, lalu bersihkan noda dengan kain.

Garam akan memudahkan kamu ketika membersihkan noda sisa makanan yang ada di oven. Sebaiknya, ketika ada noda makanan langsung dibersihkan saja meskipun hanya sedikit.

3. Bersihkan celah oven menggunakan sikat gigi

5 Cara Membersihkan Oven dengan Bahan Alami, Lebih Aman dan Bersihilustrasi sikat gigi (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Jika kamu punya sikat gigi lama, jangan langsung dibuang. Kamu bisa memanfaatkannya untuk membersihkan sudut dan celah pada oven. 

Sudut dan celah pada oven menjadi satu bagian yang sulit dijangkau. Untuk membersihkannya cukup celupkan sikat gigi ke dalam larutan pembersih, lalu aplikasikan pada noda yang membandel pada oven. Sikat perlahan tanpa merusak lapisan oven.

Baca Juga: 7 Perbedaan Oven dan Microwave yang Wajib Kamu Ketahui

4. Membersihkan rak oven di ember

5 Cara Membersihkan Oven dengan Bahan Alami, Lebih Aman dan Bersihmembersihkan rak oven (unsplash.com/Pille R.Priske)

Sebelum membersihkan rak oven, keluarkan rak terlebih dahulu. Untuk membersihkan rak, siapkan satu ember besar. Kemudian, lapisi dengan handuk agar tidak tergores dan isi ember dengan air, lalu masukkan ke dalamnya.

Rendam rak oven selama kurang lebih semalaman. Kemudian, sikat bagian rak yang terkena noda hingga bersih. Terakhir, bilas menggunakan air hangat dan lap dengan kain dapur yang bersih.

5. Membersihkan kaca oven dengan baking soda dan cuka

5 Cara Membersihkan Oven dengan Bahan Alami, Lebih Aman dan Bersihmembersihkan pintu oven (pexels.com/Liliana Drew)

Sebelum membersihkan kaca, pastikan oven sudah dingin. Campur baking soda dengan air hingga membentuk pasta. Oleskan ke bagian kaca oven menggunakan spons, lalu tunggu minimal selama 15-20 menit atau semalaman. 

Setelah itu, lap kaca oven dengan spons yang sudah dicelupkan ke dalam air hangat. Jika dirasa masih kotor, gunakan larutan cuka dengan air. Semprotkan larutan cuka, lalu lap kaca dengan kain mikrofiber atau tisu dapur.

Cukup mudah membersihkan oven dengan menggunakan bahan alami ini. Kamu tak perlu membeli sabun pembersih untuk membersihkan oven, jadi lebih hemat dan praktis, deh. Selamat menerapkannya di rumah, ya!

Baca Juga: 5 Kesalahan Menggunakan Oven saat Memanggang Kue, Perhatikan!

Izam Lisa Photo Verified Writer Izam Lisa

Time to shine

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya