Comscore Tracker

7 Makanan Ulang Tahun dari Berbagai Negara, Bukan Hanya Kue Tart

#ANGPOIN Ada makna mendalamnya, lho

Ulang tahun selalu identik dengan kue tart. Makanan penutup tersebut bisa dipastikan selalu ada di pesta bertambahnya usia seseorang. Tradisi semakin lengkap ketika orang yang berulang tahun meniup lilin yang menghiasinya.

Menurut teori, tradisi makan kue tart saat ulang tahun berasal dari Yunani Kuno. Masyarakat setempat memiliki kebiasaan membuat kue berbentuk bulat untuk Artemis, sang dewi bulan. 

Namun, ternyata kue tart bukanlah satu-satunya makanan khas untuk merayakan ulang tahun. Sebagian negara memiliki hidangan lain yang harus dikonsumsi di peringatan tersebut. Ingin tahu apa sajakah itu? Simak berikut ini!

1. Mi panjang umur di Tiongkok

7 Makanan Ulang Tahun dari Berbagai Negara, Bukan Hanya Kue Tartpfchangs.com

Keturunan Tionghoa di Indonesia pasti tak asing lagi dengan tradisi yang satu ini. Di Tiongkok, seseorang yang berulang tahun dianjurkan untuk mengonsumsi semangkuk Chang Shou Mian atau "mi panjang umur". 

Sederhananya, sajian tersebut merupakan mi telur kenyal yang dimasak dengan kaldu ayam dan berbagai topping. Menurut kepercayaan setempat, Chang Shou Mian adalah makanan yang melambangkan panjang umur dan kehidupan yang bahagia. 

2. Fairy bread di Australia

7 Makanan Ulang Tahun dari Berbagai Negara, Bukan Hanya Kue Tarttaste.com.au

Jika kamu tinggal di Australia, fairy bread merupakan makanan yang tak boleh dilewatkan ketika berulang tahun. Ini merupakan roti tawar berbentuk segitiga yang dilengkapi dengan taburan gula serta sprinkle warna-warni.

Pada umumnya, masyarakat setempat menyajikan fairy bread di pesta ulang tahun anak-anak. Namun karena membawa begitu banyak kenangan, roti tersebut juga bisa kamu nikmati di berbagai perayaan lain, seperti Thanksgiving dan lain sebagainya.

Baca Juga: 5 Olahan Es Krim Kue Segar yang Bisa Jadi Inspirasi Saat Ulang Tahun

3. Kue mochi di Jepang

7 Makanan Ulang Tahun dari Berbagai Negara, Bukan Hanya Kue Tartfreepik.com/topntp26

Masyarakat Jepang memiliki tradisi untuk bayi yang baru berusia satu tahun. Di peringatan ulang tahunnya, mereka harus menginjakkan kaki ke atas kue mochi dengan berat 2 kilogram. Tujuannya agar bayi tersebut tidak pernah kelaparan, selalu sehat, dan berumur panjang. 

Dari situlah, masyarakat setempat sering kali menyajikan kue mochi di peringatan ulang tahun berikutnya. Selain untuk mengenang masa lalu, kue khas Jepang ini cenderung lebih diminati karena mudah dimakan daripada kue tart.

4. Pinata di Meksiko

7 Makanan Ulang Tahun dari Berbagai Negara, Bukan Hanya Kue Tartmexperience.com

Berasal dari Meksiko, pinata merupakan sebuah wadah berbentuk hewan atau bintang yang biasa digantung di tengah ruangan. Di dalamnya, terdapat berbagai macam makanan ringan dan permen.

Pada umumnya, pinata menjadi barang yang wajib ada untuk pesta ulang tahun anak-anak setempat. Biasanya, anak yang berulang tahun akan memakai penutup mata dan harus berhasil memukul pinata agar makanan di dalamnya jatuh berceceran. 

5. Payesh di India

7 Makanan Ulang Tahun dari Berbagai Negara, Bukan Hanya Kue Tartvogue.in

Dari Meksiko, kita beralih ke India. Negara tersebut memiliki tradisi ulang tahun yang tak kalah unik. Mereka biasa menyajikan hidangan bernama payesh untuk memeringati bertambahnya umur seseorang. 

Payesh merupakan makanan penutup yang memiliki rasa seperti pudding beras dengan berbagai rempah sebagai topping-nya. Dilansir The Recipe, mengonsumsi hidangan tersebut di hari ulang tahun dipercaya dapat membuat anak-anak tumbuh dengan baik di masa depan.

6. Pai di Rusia

7 Makanan Ulang Tahun dari Berbagai Negara, Bukan Hanya Kue Tartpexels.com/Anna Tukhfatullina

Jika tinggal di Rusia, kamu akan mendapatkan pai di hari ulang tahunmu. Untuk membuatnya lebih spesial, pai tersebut dihiasi dengan pesan dan harapan di atasnya. Inilah yang membuat perayaan ulang tahun semakin bermakna. 

Isian pai akan disesuaikan dengan preferensi masing-masing. Namun pada umumnya, buah-buahan, krim, atau daging yang menjadi pilihan. Ukurannya juga bisa dibilang besar karena bertujuan untuk dinikmati bersama-sama.

7. Miyeok guk di Korea Selatan

7 Makanan Ulang Tahun dari Berbagai Negara, Bukan Hanya Kue Tartyummy.co.id

Penggemar drama Korea pasti gak asing lagi dengan makanan ini. Miyeok guk atau sup rumput laut merupakan hidangan khas yang wajib dimakan oleh orang yang berulang tahun. Bahkan menurut kepercayaan setempat, mereka tidak boleh makan apa pun sebelum mengonsumsi sup ini di pagi hari.

Ternyata, sup rumput laut adalah makanan yang wajib disantap oleh para ibu hamil untuk menjaga kesehatan janin. Maka dari itu di hari ulang tahun, hidangan tersebut disajikan untuk mengingat perjuangan ibu yang mengandung, melahirkan, dan membesarkan kita. 

Itulah sejumlah makanan khas di peringatan ulang tahun dari berbagai negara. Yang mana yang ingin kamu coba?

Baca Juga: 9 Kue Kondangan yang Dijadikan sebagai Hantaran Hingga Hidangan 

Izza Namira Photo Verified Writer Izza Namira

luctor et emergo

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya