Comscore Tracker

10 Aneka Bubur dari Berbagai Negara Ini Bikin Hangat di Musim Hujan

Hati-hati kamu pasti tergoda…

Hayo siapa yang mampu menolak pesona menggiurkan dari bubur ? Di Indonesia sendiri ada begitu banyak jenis bubur. Salah satunya adalah bubur ayam. Pembuatannya sangat mudah dan simpel. Bahkan jika kamu malas masak, kamu bisa menemukan penjual bubur ayam dengan mudah juga.

Tapi ternyata tak cuma di Indonesia saja lho. Di negara-negara lain pun ada berbagai jenis bubur yang menjadi makanan favorit. Tak hanya simpel, rasanya juga pasti gak akan mampu kamu tolak. Penasaran? Ini dia sajian bubur dari berbagai negara di dunia yang dijamin bikin kamu lapar seketika.

1. Chawanmushi (Jepang)

10 Aneka Bubur dari Berbagai Negara Ini Bikin Hangat di Musim Hujanjustonecookbook.com

Bubur ini biasanya disantap sebagai menu sarapan di Jepang. Chawanmushi terbuat dari kocokan telur, kecap dan kaldu dashi yang dituangkan ke atas irisan daging ayam, udang, jamur shitake, dan fish cake kemudian dikukus.

Dengan banyaknya isian di dalamnya, bubur ini dijamin bikin kamu kenyang. Tak hanya simpel, bubur ini juga menggoda untuk dicicipi loh.

2. Grits (Amerika)

10 Aneka Bubur dari Berbagai Negara Ini Bikin Hangat di Musim Hujanethnicspoon.com

Bubur ini biasanya disajikan bersama keju dan rempah-rempah. Grits sendiri terbuat dari buah labu yang direbus hingga hancur dan mengental. Simple kan? Bisa kamu jadikan menu untuk sarapan besok deh!

3. Arroz Caldo (Filipina)

10 Aneka Bubur dari Berbagai Negara Ini Bikin Hangat di Musim Hujanbrowngirlmagazine.com

Bubur khas dari Filipina ini terlihat mirip dengan bubur ayam ya. Hanya saja Arroz Caldo  memiliki kuah yang lebih banyak.

Arroz Caldo bubur yang terbuat dari beras, kaldu ayam, dan jahe. Ditambah topping irisan bawang putih di atasnya bikin sajian ini semakin menggiurkan ya.

4. Congee (Tiongkok)

10 Aneka Bubur dari Berbagai Negara Ini Bikin Hangat di Musim Hujanrotinrice.com

Bubur ini merupakan menu sarapan popular bagi masyarakat Tiongkok. Dengan topping yang beragam, murah, mudah dibuat dan kaya rasa, gak heran bikin masyarakat di China ketagihan ya.

Biasanya topping yang paling popular digunakan dalam Congee adalah tofu yang difermentasi dan acar sayuran, selain topping ayam tentunya. Tertarik mencicipi?

5. Polentina (Italia)

10 Aneka Bubur dari Berbagai Negara Ini Bikin Hangat di Musim Hujanvzug.com

Sebenarnya di Italia, sajian ini dinamakan Sup Polenta. Namun bisa disebut juga sebagai bubur jagung karena terbuat dari biji jagung yang digiling halus.

Polentina dimasak dalam waktu yang cukup lama hingga bertekstur seperti krim dengan menggunakan tongkat kayu yang dinamakan Cannela. Wah, bagi kamu pecinta olahan dari jagung pasti susah menolaknya nih.

Baca Juga: 4 Resep Kreasi Bubur Pakai Rice Cooker, Enak dan Gampang Bikinnya

6. Oatmeal (Inggris)

10 Aneka Bubur dari Berbagai Negara Ini Bikin Hangat di Musim Hujandreamstime.com/Kondratova

Kalo menu ini pasti sudah sangat familiar ya. Karena banyak juga dari masyarakat Indonesia yang biasa menjadikan makanan ini sebagai pilihan menu sarapan seperti masyarakat Inggris.

Oatmeal terbuat dari biji gandum, dimasak dengan air ataupun susu, kismis, gula merah dan sirup maple. Bahkan kamu juga bisa membuatnya hanya direndam dengan susu murni, dan.... voila! Oatmeal kamu bisa langsung disantap. Jadi lapar ya!

7. Champurrado (Meksiko)

10 Aneka Bubur dari Berbagai Negara Ini Bikin Hangat di Musim Hujangoya.com

Champurrado terbuat dari jagung, biji kakao dan air. Bubur ini disajikan dalam keadaan panas dan diberi adas manis, kayu manis, dan vanilla. Buat kamu pecinta makanan manis ataupun penikmat olahan cokelat, membayangkannya saja dijamin bikin kamu ngiler.

8. Upma (India)

10 Aneka Bubur dari Berbagai Negara Ini Bikin Hangat di Musim Hujanthespruceeats.com

Bubur khas dari negara kelahirannya King Of Bollywood Shahrukhan ini terbuat dari tepung semolina dengan campuran jintan, biji moster, daun kari, bawang, kacang, garam serta cabe hijau. Bukan makanan khas India namanya jika tidak menggunakan rempah-rempah, khas sekali ya.

Upma terdiri dari beberapa jenis, salah satunya Rice Upma yang diolah dengan santan dan Fada Upma yang memiliki tekstur lebih renyah. Kebayang kan olahan makanan yang kaya rempah-rempah ini pasti bikin kamu ketagihan.

9. Genfo (Ethiopia)

10 Aneka Bubur dari Berbagai Negara Ini Bikin Hangat di Musim Hujantwitter.com/Ethiopia__

Genfo dibuat dari tepung gandum dan tepung terigu. Dengan bentuk yang hampir mirip dengan donat, bagian tengah dari Genfo diisikan dengan mentega yang sudah diolah dengan bumbu pedas.

Selain sebagai menu sarapan, Genfo juga menjadi makanan khas bagi para tamu saat mengunjungi acara kelahiran. Tampilannya seperti bubur sumsum khas Indonesia ya, kamu pasti tergoda.

10. Kasha (Rusia)

10 Aneka Bubur dari Berbagai Negara Ini Bikin Hangat di Musim Hujanzernograd.com

Bubur ini terbuat dari biji soba yang berwarna kecokelatan yang kemudian direbus dengan air ataupun susu sampai mendidih hingga teksturnya berubah menjadi lembut.

Umumnya sebagai penambah varian rasanya, Kasha ditambahkan garam serta mentega pada olahan pertamanya. Dengan selera yang berbeda, para orangtua biasanya menyantap menu ini dengan tambahan bawang putih goreng, sedangkan anak-anak menyukai tambahan susu.

Jadi, menu bubur dari negara mana duluan nih yang mau kamu cicipi besok?

Baca Juga: Resep dan Cara Membuat Bubur Ketan Hitam, Lembutnya Bikin Ngiler

Ocha Rozalina Photo Writer Ocha Rozalina

"Lebih mudah menulis tentang jatuh cinta ketimbang mengalaminya sendiri."- Christian Simamora, Burn Baby Burn

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya