Comscore Tracker

5 Fakta Unik Dodol Kentang, Oleh-Oleh yang Wajib Dibeli Saat ke Jambi

Harga murah meriah dengan rasa yang menggoyang lidah

Dodol merupakan kudapan khas Nusantara yang umumnya dibuat dari tepung ketan sebagai bahan utamanya. Setiap daerah memiliki rasa dodol tersendiri, seperti dodol durian, dodol ketan hitam, dan yang paling populer ialah dodol khas Garut. Tapi pernah gak nih kamu mendengar nama dodol kentang? Yap, meskipun terdengar aneh bagi kaum awam tapi ini menjadi camilan andalan masyarakat Jambi.

Yuk berkenalan lebih dekat dengan dodol kentang!

1. Olahan khas dari Kabupaten Kerinci

5 Fakta Unik Dodol Kentang, Oleh-Oleh yang Wajib Dibeli Saat ke Jambijejakpiknik.com

Kentang merupakan hasil pertanian terbaik dari Kabupaten Kerinci, Jambi, ini yang membuat proses penciptaan dodol kentang. Meskipun terdengar aneh karena menggunakan bahan baku kentang yang biasa dimasak menjadi lauk namun dodol ini banyak disukai para wisatawan luar negeri yang melancong ke Jambi.

2. Proses pembuatan yang masih tradisional

5 Fakta Unik Dodol Kentang, Oleh-Oleh yang Wajib Dibeli Saat ke Jambitraverse.id

Kentang-kentang yang akan dimasak menjadi dodol harus direbus dan dihaluskan terlebih dahulu. Demi menjaga keaslian rasa kentang tidak banyak bahan tambahan yang dicampur, bahan tambahannya hanya terdiri dari santan kelapa, gula, garam dan pewarna makanan. Setelah itu dodol diaduk selama 2-3 jam sebelum dicetak. 

Karena bebas dari pengawet dodol kentang ini pun harus dijemur agar lebih tahan lama. Dodol yang telah dijemur seharian biasa dikemas dalam kertas minyak dan awet hingga 2 bulan lamanya. 

3. Memiliki cita rasa yang khas

5 Fakta Unik Dodol Kentang, Oleh-Oleh yang Wajib Dibeli Saat ke Jambidodolbintang.wordpress.com

Meskipun terbuat dari kentang tapi dodol kentang memiliki rasa unik yang mungkin belum pernah kamu temui sebelumnya. Dodol bertekstur kenyal nan lembut ini punya campuran rasa gurih dan manis yang pas, sehingga cocok bagi yang tidak suka rasa manis sekalipun.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Dodol Betawi, Sudah Mulai Sulit Ditemukan!

4. Oleh-oleh unik nan nikmat yang bersahabat di kantong

5 Fakta Unik Dodol Kentang, Oleh-Oleh yang Wajib Dibeli Saat ke Jambidialekito.com

Walaupun kentang termasuk bahan panganan yang tidak berharga murah tapi kamu gak perlu khawatir, di Kabupaten Kerinci ini hasil pertanian kentang melimpah sehingga produk olahannya pun dijual dengan harga yang tidak menguras kantong. Untuk sebungkus dodol kentang yang dikemas dalam mika plastik, kamu bisa membelinya seharga Rp.15,000- Rp.25,000 saja.

5. Tempat membeli dodol kentang

5 Fakta Unik Dodol Kentang, Oleh-Oleh yang Wajib Dibeli Saat ke Jambibukalapak.com

Nah, untuk membeli oleh-oleh yang satu ini kamu bisa dengan mudah menemukan toko oleh-oleh di sekitar Desa Lubuk Nagodang. Jika penasaran kamu pun bisa berkunjung ke perkebunan kentang dan mendatangi proses pembuatannya secara langsung di usaha rumahan dodol kentang yang ada di sekitarnya. 

Selain bolu kojo dan lempok durian, jangan lupa membeli oleh-oleh unik yang satu ini ya saat liburan ke JambiDijamin rasanya mengesankan dan bikin kamu ketagihan!

Baca Juga: Manis Legit, Ini 10 Macam Dodol dari Berbagai Daerah di Indonesia

Keenanthy Photo Verified Writer Keenanthy

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya