Comscore Tracker

Sering Dikira Mirip, Ini 5 Perbedaan Nyata Mentimun dan Zucchini!

Siapa nih yang sering keliru dengan dua sayuran ini?

Mentimun dan zucchini memiliki hubungan akrab layaknya saudara kembar. Meskipun begitu mereka gak sepenuhnya mirip lho. Keduanya memang datang dari keluarga sayuran yang sama, tapi fungsi dan penampilannya berbeda. Gak percaya? Ini 5 perbedaan nyata antara mentimun dan zucchini yang sering bikin keliru!

1. Klasifikasi keduanya sebagai sayuran atau buah-buahan

Sering Dikira Mirip, Ini 5 Perbedaan Nyata Mentimun dan Zucchini!gardensall.com

Ada perbedaan pendapat antara klasifikasi zucchini maupun mentimun yang diperdebatkan termasuk sebagai buah atau sayur. Hal itu bisa terjadi karena zucchini memiliki banyak biji dan tumbuh berasal dari bunga. Namun menurut para pakar ahli zucchini tergolong sebagai sayuran. Berbeda dengan mentimun yang bisa digolongkan menjadi buah maupun sayuran.

2. Cara memasak yang populer antara zucchini dan mentimun

Sering Dikira Mirip, Ini 5 Perbedaan Nyata Mentimun dan Zucchini!stiggyblog.wordpress.com

Baik di Indonesia atau di luar negeri timun populer dijadikan sebagai acar. Kalau kita biasa menemukannya di acar nasi goreng atau martabak, orang bule menjadikan mentimun acar dalam fast food yang sering disebut pickles. 

Zucchini sendiri lebih sering diolah menjadi sayuran untuk diet, seperti keripik zucchini, salad zucchini dan zucchini panggang.

3. Rasa keduanya saat mentah dan setelah dimasak

Sering Dikira Mirip, Ini 5 Perbedaan Nyata Mentimun dan Zucchini!spoonuniversity.com

Mentimun akan terasa segar dan mengandung banyak air saat dikonsumsi dalam keadaan mentah dan masih segar. Sedangkan zucchini cenderung terasa sedikit pahit dan tidak mengeluarkan banyak air. Saat dimasak keduanya juga mengalami perubahan rasa, zucchini yang telah dimasak terasa lebih manis dengan sensasi garing ketika dimakan dan timun akan terasa sedikit tawar dengan tekstur yang lembek.

Baca Juga: 5 Trik Mengolah Alpukat Mentah Jadi Hidangan yang Lezat

4. Perbedaan bentuk antara mentimun dan zucchini

Sering Dikira Mirip, Ini 5 Perbedaan Nyata Mentimun dan Zucchini!weeklyfig.com

Mentimun memiliki permukaan yang sedikit berbintik dibanding zucchini yang halus. Mentimun juga memiliki warna daging putih kehijauan, lain dengan zucchini yang punya warna putih merata di seluruh dagingnya. Yang paling mudah diketahui adalah dari segi ukuran mereka, zucchini bisa tumbuh besar karena termasuk kerabat dekat summer squash. Sedangkan mentimun hanya tumbuh dalam ukuran kecil yang masih sebatas satu jengkal jari.

5. Nutrisi berbeda antara mentimun dan zucchini

Sering Dikira Mirip, Ini 5 Perbedaan Nyata Mentimun dan Zucchini!snaped.fns.usda.gov

Karena masih dalam keluarga dekat mentimun dan zucchini pada dasarnya memiliki kandungan gizi yang hampir mirip. Namun terdapat sedikit perbedaan yang membuat zucchini lebih banyak mengandung protein dan serat. 

Nah, sekarang kita sudah mengetahui bersama nih apa saja perbedaan nyata antara zucchini dan mentimun. Jadi gak perlu keliru lagi ya untuk membandingkan keduanya.

Baca Juga: 5 Olahan Lezat Berbahan Dasar Zucchini, Mau Coba? 

Keenanthy Photo Community Writer Keenanthy

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You