Comscore Tracker

Buat Pemula, 5 Tips Menggoreng Donat Agar Mengembang dan Tidak Bantat 

Gak kalah enak sama donat mahal yang dijual di pasaran

Pembuatan donat bukan hanya perlu diperhatikan saat proses menguleni adonannya saja, namun proses penggorengannya pun perlu diperhatikan. Donat yang sempurna bisa tercipta dari cara menggoreng yang pas, sehingga tekstur luarnya renyah namun di dalam tetap lembut. Yang gak boleh terlewat juga ukuran donat setelah digoreng harus mengembang dan tidak bantat. 

Buat kamu yang tertarik mencoba bikin donat kreasi sendiri, simak 5 tips menggoreng donat agar mengembang dan tidak bantat di bawah ini!

1. Jangan menggunakan api besar

Buat Pemula, 5 Tips Menggoreng Donat Agar Mengembang dan Tidak Bantat thefoodinmybeard.com

Adonan donat akan kaget dan gagal mengembang bila langsung bertemu minyak yang sangat panas secara konstan. Karena itu gunakan api sedang saja untuk menggorengnya. Dengan panas yang sedang adonan akan perlahan-lahan mengembang hingga keseluruhannya matang. 

2. Gunakan minyak yang masih baru

Buat Pemula, 5 Tips Menggoreng Donat Agar Mengembang dan Tidak Bantat bakerbettie.com

Minyak yang digunakan juga tidak bisa asal-asalan, pakai minyak bersih yang masih baru dan tidak ada bekas gorengan lain. Ini akan membuat donat lebih mudah menyerap panas yang diberikan minyak tersebut. 

Baca Juga: Kenapa Kue Donat Punya Lubang di Tengah? Ternyata Ini Alasannya!

3. Rendam adonan donat dalam minyak yang banyak

Buat Pemula, 5 Tips Menggoreng Donat Agar Mengembang dan Tidak Bantat mindybakes.wordpress.com

Kunci dari donat yang mengembang dan tidak bantat adalah jumlah minyak yang digunakan saat menggoreng. Biarkan adonan terendam banyak minyak agar seluruh permukaannya bisa mekar. Ketika matang perlahan-lahan donat akan naik ke permukaan dan adonan luarnya telah krispi dengan warna cokelat keemasan.

4. Menggorengnya sedikit demi sedikit

Buat Pemula, 5 Tips Menggoreng Donat Agar Mengembang dan Tidak Bantat cindysrecipesandwritings.com

Agar mengembang sempurna perhatikan pula jumlah donat yang digoreng dalam panci. Jangan menggoreng banyak donat sekaligus. Biarkan satu per satu di goreng agar adonan itu bisa terendam bebas dalam minyak panas. Jika menggoreng banyak donat sekaligus maka adonan akan bantat dan sulit mengembang maksimal. 

5. Jangan terlalu sering membolak-balik donat

Buat Pemula, 5 Tips Menggoreng Donat Agar Mengembang dan Tidak Bantat joepastry.com

Pada saat mulai menggoreng adonan sebaiknya kamu tidak terlalu sering membolak-balik donat karena itu dapat mengganggu proses pemekarannya. Donat pada dasarnya akan mengembang sendiri saat terkena minyak panas. Jika sudah mengembang di satu sisi adonan baru boleh dibalik ke sisi lainnya. 

Donat buatanmu gak bakal kalah enaknya dengan donat mahal yang mengembang dan tidak bantat jika mengikuti tips-tips di atas tadi. Selamat mencoba ya!

Baca Juga: Resep Membuat Donat Kentang Nutella yang Kekinian dan Empuk 

Keenanthy Photo Verified Writer Keenanthy

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya