Comscore Tracker

5 Jajanan Legendaris di Semarang yang Jadi Incaran Wisatawan

Gak cuma ada lumpia saja, lho

Mencoba aneka jajanan khas saat berkunjung ke kota baru menjadi agenda yang wajib dilakukan oleh traveler. Begitu pula ketika kamu berkunjung ke Semarang, Jawa Tengah.

Selama ini, Semarang terkenal dengan lumpianya. Namun, hanya karena lumpia sangat populer, bukan berarti kamu gak cobain jajanan khas lainnya, lho. Berikut lima jajanan legendaris di Semarang yang selalu jadi incaran wisatawan!

1. Es Puter Cong Lik 

5 Jajanan Legendaris di Semarang yang Jadi Incaran WisatawanEs Puter Cong Lik (instagram.com/foodiepedia_indonesia)

Berjualan sejak1984, rasa es puter di sini gak pernah berubah. Rasa esnya lembut, segar, dan tersedia dalam banyak rasa. Mulai dari durian, kelapa muda, cokelat, sirsak, bahkan rasa unik seperti blewah dan leci juga ada, lho.

Kamu bisa memesan satu atau empat rasa sekaligus. Biasanya, seporsi Es Puter Cong Lik terdiri dari empat scoop es berbagai rasa, dua potong daging durian atau serutan kelapa, dan roti tawar. Pokoknya puas banget, deh!

Lokasi: Jalan Kh Ahmad Dahlan Nomor 11, Semarang, Jawa Tengah

Jam operasional: setiap hari pukul 18.00-22.00 WIB

Harga: Rp15-30 ribu

2. Lekker Paimo 

5 Jajanan Legendaris di Semarang yang Jadi Incaran WisatawanLekker Paimo (instagram.com/foo.ga)

Khusus buat jajanan satu ini, kamu harus rela antre untuk mendapatkannya. Lekker Paimo sudah berjualan sejak 1978 dan merupakan salah satu jajanan legendaris di Semarang.

Selain menyediakan rasa klasik seperti coklat, pisang, atau susu, kamu juga bisa mencicipi lekker dengan isian super spesial, yakni telur, sosis, mozzarella, kornet, atau tuna. Harga yang ditawarkan juga cukup variatif tergantung isian lekkernya.

Lokasi: Jalan Karang Anyar Nomor 37, Semarang, Jawa Tengah

Jam operasional: Senin hingga Sabtu pukul 10.00-17.00 WIB

Harga: Rp2-35 ribu

3. Lumpia Gang Lombok

5 Jajanan Legendaris di Semarang yang Jadi Incaran WisatawanLunpia Gang Lombok (instagram.com/jastipbysg)

Semarang terkenal dengan lumpianya, maka kamu gak boleh melewatkan jajanan satu ini. Lumpia Gang Lombok jadi yang tertua di Semarang karena sudah buka sejak seratus tahun lalu.

Ada dua varian lumpia yang bisa kamu cicipi, yaitu lumpia basah dan lumpia goreng. Lumpia basah berisi tumisan rebung, telur, dan udang yang dimasak dengan bumbu rahasia, lalu digulung dengan kulit lumpia. Kalau lumpia goreng isiannya sama, namun dengan kulit kering yang renyah.

Lokasi: Gang Lombok Nomo4 11, Semarang, Jawa Tengah

Jam operasional: setiap hari pukul 08.00-17.00 WIB

Harga: Rp18 ribu

Baca Juga: 5 Tempat Kuliner Semarang yang Wajib Kamu Kunjungi

4. Tahu Gimbal Haji Edy 

5 Jajanan Legendaris di Semarang yang Jadi Incaran WisatawanTahu Gimbal Haji Edy (instagram.com/semarangfoodmatters)

Selain lumpia, Semarang juga terkenal dengan tahu gimbalnya. Nah kebetulan, di antara semua warung tahu gimbal yang ada di Semarang, Tahu Gimbal Haji Edy yang paling favorit sekaligus legendaris karena sudah ada sejak 1970.

Gimbal sendiri adalah udang yang digoreng dengan tepung. Seporsi tahu gimbal terdiri dari potongan lontong, tahu goreng, kerupuk udang, telur ceplok, dan gimbal udang. Aneka bahan ini disiram saus kacang yang dicampur petis udang.

Lokasi: Jalan Menteri Supeno I/2, Semarang, Jawa Tengah

Jam operasional: setiap hari pukul 09.00-17.00 WIB

Harga: Rp20 ribu

5. Tahu Baxo Bu Pudji 

5 Jajanan Legendaris di Semarang yang Jadi Incaran WisatawanTahu Baxo Bu Pudji (instagram.com/akucintamakanansemarang)

Selain tahu gimbal, kamu juga bisa coba Tahu Baxo Bu Pudji yang sudah berjualan sejak 1995. Tahu bakso adalah tahu yang diisi adonan bakso di dalamnya.

Di tempat ini ada dua varian tahu bakso yang bisa kamu coba, yakni digoreng atau direbus. Kamu juga bisa pilih tahu bakso sapi, udang, atau ayam. Kebanyakan orang yang datang ke sini biasanya membeli versi rebusnya untuk dijadikan oleh-oleh.

Lokasi: Jalan Majapahit Nomor 380, Semarang, Jawa Tengah

Jam operasional: setiap hari pukul 09.00-17.00 WIB

Harga: Rp33 ribu

Kalau mampir ke Semarang, pastikan kamu mencicipi kelima jajanan legendaris ini, ya. Selain enak dimakan langsung, bisa juga kamu jadikan oleh-oleh, lho.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Warung Tahu Gimbal Asli Semarang, Bikin Puas Makan!

Siti Marliah Photo Verified Writer Siti Marliah

Find me on 📷 : instagram.com/sayalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya