Comscore Tracker

Bikin Ngiler, 15 Jajanan Street Foods dari Seluruh Dunia

Gak kalah enak dari bakso lho!

Jajan di pinggir jalan memang paling enak. Selain murah, dan memiliki beragam pilihan, rasa makanannya pun kadang tidak kalah dengan makanan di restoran bahkan bisa jadi lebih enak. Di Indonesia sendiri, menemukan aneka street food di pinggir jalan adalah pemandangan yang biasa. Mulai dari bakso, mie ayam, martabak, batagor, dan aneka jajanan street food lainnya semuanya lengkap.

Ternyata hal yang sama juga berlaku di semua negara. Dan karena setiap negara memiliki jajanan yang berbeda, maka bisa dibilang street food bisa jadi identitas sebuah negara. Bahkan tidak jarang turis asing sengaja datang untuk mencicipi aneka street food yang ada di sebuah negara. Nah untuk kamu yang juga suka banget sama yang namanya jajanan pinggir jalan, berikut ini 15 aneka street food dari seluruh dunia!

1. Tteokbokki dari Korea Selatan

Bikin Ngiler, 15 Jajanan Street Foods dari Seluruh Duniapickledplum.com

Kamu para KPopers atau penggemar drama Korea pasti kenal sama makanan satu ini. Yup, tteokbokki adalah salah satu street food yang sangat populer bukan cuma di Korea Selatan tapi juga di Indonesia. Tteokbokki sendiri adalah kue beras pedas dan terbuat dari kue beras yang kemudian dimasak dengan saus pedas. Untuk membuat rasanya semakin enak, tteokbokki biasanya dilengkapi dengan telur dan oemuk atau kue ikan.

2. Fish and Chips dari Inggris

Bikin Ngiler, 15 Jajanan Street Foods dari Seluruh Duniainstagram.com/thisstudentcooks

Meski populer di Inggris, aslinya fish and chips tidak benar-benar berasal dari Inggris. Chips atau kentang goreng berasal dari Prancis atau Belgia sedangkan ikan goreng diperkenalkan oleh orang-orang Portugis dan Spanyol yang datang ke Inggris. Selain kentang dan ikan goreng, makanan satu ini kadang disajikan dengan kacang polong, saus kari atau saus tomat yang kemudian dibungkus dengan kertas koran. 

3. Crêpes dari Prancis

Bikin Ngiler, 15 Jajanan Street Foods dari Seluruh Duniainstagram.com/sonia_duryn

Kamu mungkin berpikir crêpes adalah jajanan dari Indonesia. Maklum jajanan satu ini memang sangat populer di Indonesia dan bisa ditemukan dimana-mana. Meski begitu, aslinya crêpes berasal dari Prancis. Makanan ini memiliki tampilan seperti pancake atau martabak hanya saja sangat tipis dan kering.

Di negara asalnya, crêpes terbagi jadi dua jenis yaitu crêpes manis atau yang biasa disebut crêpes sucrées dan crêpes asin atau crêpes salées. Crêpes manis biasanya diisi dengan potongan buah, cream, dan nutella. Sedangkan crêpes asin berisi telur, panutan keju, jamur dan potongan daging. 

4. Currywurst dari Jerman

Bikin Ngiler, 15 Jajanan Street Foods dari Seluruh Duniainstagram.com/icookyouthedishes

Jerman dikenal dengan wurst atau sosisnya yang enak. Karena itu tidak heran kalau makanan yang terbuat dari sosis juga populer disana, salah satunya adalah currywurst. Jajanan satu ini terbuat dari sosis sapi atau babi yang digoreng dan kemudian disiram dengan saus kari. Agar rasanya lebih enak, currywurst juga disantap dengan kentang goreng.

5. Takoyaki dari Jepang

Bikin Ngiler, 15 Jajanan Street Foods dari Seluruh Duniadc.eater.com

Satu lagi street food luar yang populer di Indonesia yaitu takoyaki. Biasanya jajanan ini bisa kamu temukan di mall atau restoran Jepang. Takoyaki adalah makanan berbentuk bulat seperti bakso. Jajanan satu ini terbuat dari tepung yang diisi dengan potongan gurita segar dan dimasak dalam wajan khusus sehingga membentuk bola.

Untuk membuat rasanya jadi makin nikmat, takoyaki diberi serutan ikan bonito kering, saus takoyaki dan mayones. Kalau kamu berkunjung ke Jepang, kamu bisa menemukan jajanan ini dimana-mana. Namun kalau kamu mau mencicipi takoyaki paling enak kamu harus mampir ke Osaka. Konon di kota inilah takoyaki pertama kali dibuat.

6. Bakso dari Indonesia

Bikin Ngiler, 15 Jajanan Street Foods dari Seluruh Duniainstagram.com/visitbogor

Nah kalau jajanan yang satu ini, kamu pasti sering makan kan? Bisa dibilang, hampir semua orang Indonesia suka makan bakso, bahkan mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama pun dikenal sebagai penggemar bakso. Terbuat dari adonan daging dan tepung yang kemudian dibentuk bulat, bakso disajikan dengan mie atau bihun dan kemudian disiram dengan kuah kaldu sapi.

Selain mie, kamu juga bisa menambahkan tahu, pangsit atau tetelan daging sapi. Bakso bukan cuma enak disantap malam hari ketika hujan, tapi juga di siang hari saat udara sedang panas. Mengingat kebanyakan orang Indonesia suka pedas, semangkuk bakso tidak akan lengkap tanpa sambal yang membuat rasanya jadi semakin mantap.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Korean Street Food Selain di Myeongdong, Dijamin Murah

7. Churros dari Spanyol

Bikin Ngiler, 15 Jajanan Street Foods dari Seluruh Duniam.bmtime.com

Beberapa tahun terakhir, churros memang cukup populer. Tapi meski banyak orang suka dengan camilan satu ini sayangnya hanya sedikit yang tahu bahwa makanan ini berasal dari Spanyol. Churros adalah kue yang terbuat dari campuran tepung, mentega, air, dan telur yang kemudian digoreng.

Churros biasanya dimakan dengan cocolan cokelat. Kalau kamu ke Spanyol, mampirlah ke Chocolatería San Ginés, sebuah restoran yang ada di Madrid dan menjual churros paling enak dan buka selama 24 jam.

8. Bunny Chow dari Afrika Selatan

Bikin Ngiler, 15 Jajanan Street Foods dari Seluruh Duniayamu.lk

Meski namanya bunny chow, tapi jajanan satu ini tidak benar-benar terbuat dari daging kelinci kok! Bunny chow di Afrika Selatan adalah roti tawar kosong yang tengahnya diberi kari dan potongan daging ayam atau kambing. Agar rasanya lebih enak, bunny chow dilengkapi dengan salad berupa wortel, bawang dan cabai parut.

9. Bahn Mi dari Vietnam

Bikin Ngiler, 15 Jajanan Street Foods dari Seluruh Duniataste.com.au

Meski sekarang menjadi jajanan khas Vietnam, namun sebenarnya bahn mi adalah salah satu makanan warisan dari Prancis yang pernah menjajah negara ini. Bahn mi yang sudah ada sejak tahun 1950 adalah roti sandwich yang berisi aneka macam daging mulai dari paha babi, ayam sampai sarden. Selain aneka daging, bahn mi juga dilengkapi dengan sayuran seperti acar lobak atau wortel. Agar rasanya lebih nikmat, bahn mi diberi saus pedas dan mayones.

10. Gelato dari Italia

Bikin Ngiler, 15 Jajanan Street Foods dari Seluruh Duniainstagram.com/simply.morane

Para penggemar es krim pasti pernah mencicipi gelato. Es krim satu ini berasal dari Negeri Menara Pissa, Italia. Sekilas gelato mirip dengan es krim padahal aslinya gelato sangat berbeda dengan es krim. Gelato terbuat dari krim, susu, gula dan kemudian diberi taburan kacang dan buah-buahan. Meski es krim enak, gelato memiliki rasa yang lebih enak dan beragam. Apalagi jajanan satu ini juga rendah lemak sehingga aman dikonsumsi oleh mereka yang sedang diet.

11. Bubble Tea dari Taiwan

Bikin Ngiler, 15 Jajanan Street Foods dari Seluruh Duniainstagram.com/nat_sweetdiary

Meski saat ini bubble tea sangat populer di Korea Selatan, tapi minuman satu ini sebenarnya berasal dari Taiwan tepatnya daerah Taichung. Bubble tea adalah campuran antara teh dan susu. Disebut bubble tea karena bubble atau gelembung yang ada pada minuman ini.

Meski sekilas mirip agar, gelembung ini sebenarnya adalah biji tapioka yang direbus. Untuk kamu yang penasaran dengan minuman ini, kamu enggak perlu jauh-jauh terbang ke Taiwan atau Korea Selatan. Saat ini ada banyak kedai bubble tea di Indonesia. Biasanya kedai bubble tea bisa ditemukan di mall di berbagai kota.

12. Pierogi dari Polandia

Bikin Ngiler, 15 Jajanan Street Foods dari Seluruh Duniaforeverinmyheartfoundation.org

Pierogi sebenarnya adalah pangsit yang terbuat dari adonan tepung, garam, air, dan telur. Yang membuat pierogi lebih istimewa dari pangsit biasa adalah isiannya. Pierogi diisi dengan kentang rebus, daging dan keju baru kemudian digoreng. Teksturnya renyah di luar tapi gurih dan lembut di dalam.

13. Vada Pav dari India

Bikin Ngiler, 15 Jajanan Street Foods dari Seluruh Duniasaveur.com

Ternyata bukan cuma Amerika yang punya burger tapi juga India. Di India ada sebuah jajanan yang dijuluki "Bombay Burger", namanya vada pav. Jajanan satu ini adalah roti yang berisi kentang yang sudah digoreng dan kemudian dicampur dengan aneka rempah-rempah seperti cabai hijau, bawang putih, kunyit, dan biji kustard sehingga rasanya lebih pedas.

Agar rasanya lebih nendang, vada pav kemudian disajikan dengan irisan cabai hijau. Untuk kamu para penggemar masakan pedas dunia, kamu wajib nih mencicipi makanan satu ini jika berkunjung ke India. 

14. Halo-Halo dari Filipina

Bikin Ngiler, 15 Jajanan Street Foods dari Seluruh Dunialosangeles.cbslocal.com

Dalam bahasa Indonesia, halo digunakan untuk menyapa orang lain. Tapi di Filipina, halo-halo artinya "campur-campur" dan merupakan salah satu street food yang populer di Filipina. Sekilas jajanan satu ini mirip dengan es serut Indonesia hanya saja bahan-bahannya berbeda. Halo-halo terbuat dari campuran kacang merah, sirup, kelapa, potongan buah dengan es krim dan es serut diatasnya. 

15. Tacos dari Meksiko

Bikin Ngiler, 15 Jajanan Street Foods dari Seluruh Duniapinchofyum.com

Terakhir ada Tacos dari Meksiko. Meski asalnya dari Meksiko namun namanya sudah sangat populer di Amerika dan Kanada bahkan sampai ke Indonesia. Jajanan satu ini cukup sederhana yaitu tortilla gandum dilipat dan diberi aneka isian mulai dari daging sapi, babi, seafood, keju, alpukat, sayuran dan diberi saus salsa plus beberapa bumbu lainnya.

Tapi untuk kamu yang tidak suka pedas, kamu perlu hati-hati dengan makanan ini. Saus salsa dikenal sebagai saus yang cukup pedas, jadi kalau kamu membeli tacos pastikan kamu tidak menambahkan saus salsa terlalu banyak ya!

Bikin ngiler ya aneka street food ini!

Baca Juga: 5 Resep Street Food Thailand yang Mudah Dibuat, Coba di Rumah Yuk!

Lia Photo Verified Writer Lia

instagram.com/sayalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya