Comscore Tracker

Bikin Harimu Adem, 5 Es Segar Ini Hanya Bisa Kamu Temukan di Malang!

Ngebayanginnya aja pasti bikin ngiler!

Jalan-jalan keliling kota, memang paling klop ditemenin sama segelas es yang dingin. Apalagi kalau kamu jalan-jalannya saat udara sedang terik, wah segelas minuman dingin ditambah dengan es batu yang banyak, dijamin hausmu pasti akan langsung hilang!

Di kota Malang terutama, kamu akan menemukan banyak penjual es yang bukan cuma dingin, tapi juga langka karena hanya bisa ditemukan di kota Malang. Penasaran?

1. Es Tawon Kidul Dalem

Bikin Harimu Adem, 5 Es Segar Ini Hanya Bisa Kamu Temukan di Malang!instagram.com/andhikazrt

Meski namanya es Tawon Kidul Dalem, kamu enggak akan disuruh minum es dengan topping tawon, melainkan campuran antara cincau, kacang hijau, dawet, mutiara, blewah, dan disiram dengan sirup yang terbuat dari gula asli.

Disebut es Tawon Kidul Dalem, karena dulu es ini dijual persis di bawah pohon asam yang ada sarang tawonnya. Dan karena es ini menggunakan gula asli, enggak heran kalau ada banyak tawon yang beterbangan di sekitar gelas es.

Es Kidul Dalem sendiri merupakan es legendaris di Malang karena sudah buka sejak tahun 1955. Tenang, sekarang lokasi jualannya bukan di bawah pohon asam lagi kok! Jadi, kamu bisa menikmati es Tawonmu dengan tenang.

Alamat: Jl. Zainul Arifin No.15, Sukoharjo, Kec. Klojen, Kota Malang, Jawa Timur 65119
Jam buka: setiap hari, 08.00 - 15.00

2. Es KTT

Bikin Harimu Adem, 5 Es Segar Ini Hanya Bisa Kamu Temukan di Malang!instagram.com/anakkos.id

Aslinya, es KTT ini berasal dari Ternate. Tapi kamu enggak perlu jauh-jauh ke Ternate jika ingin mencicipi es legendaris ini. Di Malang, ada depot es KTT yang sudah berjualan sejak tahun 1992.

Buat kamu yang penasaran, es KTT ini adalah campuran alpukat, nangka, degan, kacang-kacangan dan disiram dengan sirup yang terbuat dari delapan macam rempah khas Maluku. Biar lebih enak, kamu bisa memesan es KTT dengan tambahan durian plus es yang banyak.

Bisa dibayangin rasanya, pasti seger banget!

Alamat: Jl. Bendungan Sutami No.33, Sumbersari, Kec. Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur 65146
Jam buka: setiap hari, 11.00 - 18.00

Baca Juga: 5 Tempat Kuliner Anti-Mainstream di Kota Malang, Sudah Coba yang Mana?

3. Es Santan 68

Bikin Harimu Adem, 5 Es Segar Ini Hanya Bisa Kamu Temukan di Malang!instagram.com/busut3

Mau minum es sekaligus makan roti, kamu bisa mampir ke gerobak es santan 68. Sesuai dengan namanya, es ini terdiri dari dawet, ketan hitam, sirup, dan disiram dengan kuah santan. Biar makin klop, satu gelas es ketan hitam dilengkapi dengan roti tawar plus sirup merah. Harganya pun murah meriah, hanya Rp2.500 per porsi dan Rp3.500 dengan roti. Murah banget kan?

Alamat: Kasin, Kec. Klojen, Kota Malang, Jawa Timur 65117
Jam buka: setiap hari, 10.30 - 15.00

4. Depot Es Dempo

Bikin Harimu Adem, 5 Es Segar Ini Hanya Bisa Kamu Temukan di Malang!instagram.com/katalogmalang

Berada di belakang SMA St Albertus, es Dempo ini juga masuk dalam jajaran es legendaris karena sudah ada sejak tahun 1978. Dulu depot es ini hanya menyediakan es tape dan es santan.

Sekarang, depot ini menyediakan aneka jenis es termasuk es buah, es degan, es campur, es kacang hijau, dan menu es lain yang enggak kalah nikmat dari depot es legendaris lainnya. Jadi kalau kamu lagi di Malang, jangan lupa melipir ke depot es ini ya!

Alamat: Pujasera Dempo, Jl. Gede, Oro-oro Dowo, Kec. Klojen, Kota Malang, Jawa Timur 65115
Jam buka: setiap hari, 09.00 - 16.00

5. Depot es Talun

Bikin Harimu Adem, 5 Es Segar Ini Hanya Bisa Kamu Temukan di Malang!instagram.com/yoiki_malang

Satu lagi es legenda yang ada di kota Malang. Depot es Talun sudah mulai berjualan sejak tahun 1950-an dan masih eksis hingga sekarang. Buat kamu yang belum pernah coba, dan penasaran banget sama es satu ini, es Talun ini terdiri dari blewah, nanas, cincau hitam, dawet, plus es serut yang banyak, sebelum akhirnya disiram dengan kuah susu dan sirup.

Meski masuk dalam daftar jajanan legend, harga es Tulun ini masih ramah yaitu Rp7.000 saja, murah banget kan?

Alamat: Jl. Kawi, Kauman, Kec. Klojen, Kota Malang, Jawa Timur 65119
Jam buka: setiap hari, 08.00 - 20.00

Kota Malang memang dikenal dengan kulinernya. Tapi selain street food, jangan lupa juga mencicipi aneka es khas Kota Apel ini. Apalagi banyak banget es yang legendaris dan bertahan dengan resep turun menurun yang sayang banget kalau kamu enggak dicoba!

Baca Juga: 7 Wisata Instagramable Ala Luar Negeri di Malang Raya, Yuk Kunjungi!

Siti Marliah Photo Verified Writer Siti Marliah

instagram.com/sayalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya