Comscore Tracker

5 Kuliner Khas yang Bikin Kamu Kangen Terus sama Kota Malang

Awas ketagihan! 

Apa sih yang bikin kamu kangen terus sama sebuah tempat? Suasananya? Orang-orangnya? Atau justru makanannya yang khas? Kalau kamu termasuk golongan food lovers, kota Malang pasti jadi salah satu kota yang akan kamu kangenin setiap saat.

Ini karena kota Apel ini bukan hanya dikenal memiliki segudang destinasi wisata tapi juga aneka kuliner khas. Dan berikut ini 5 kuliner khas yang bikin kamu kangen dengan kota Malang!

1. Orem-orem Malang

5 Kuliner Khas yang Bikin Kamu Kangen Terus sama Kota Malanginstagram.com/surabayafoodies

Orem-orem memang bukan kuliner yang populer, tapi jangan salah sekali kamu mencicipi orem-orem, kamu pasti akan ketagihan. Orem-orem adalah tahu dan tempe yang dipotong-potong dan dimasak dengan kuah santan.

Untuk penyajiannya, orem-orem disantap dengan lontong, ayam, dan telur rebus. Di Malang ada banyak sekali warung makan yang menjual orem-orem, tapi kalau kamu mau yang paling legend, kamu bisa mampir ke orem-orem Pertukangan di jalan Gatot Subroto, Jodipan.

2. Es santan ketan hitam

5 Kuliner Khas yang Bikin Kamu Kangen Terus sama Kota Malanginstagram.com/busut3

Jalan-jalan di siang hari memang enggak lengkap kalau kamu enggak mampir dan beli minum. Di Malang, ada satu minuman yang legend banget namanya es santan ketan hitam. Jadi es serut, ketan hitam, dawet merah, sirup, kemudian disiram dengan santan dan diberi potongan es batu.

Agar lebih spesial, es diberi tambahan roti tawar dan sirup merah. Sebenarnya, es santan merah selalu enak dan segar tapi yang paling enak adalah es santan gerobak Es Santan 68 yang mangkal di jalan Sempu, Malang.

3. Mendol

5 Kuliner Khas yang Bikin Kamu Kangen Terus sama Kota Malanginstagram.com/liliswahyuwardanii

Makanan seperti tempe adalah jenis makanan yang mudah sekali busuk. Biasanya tempe hanya bertahan beberapa hari saja. Karena sayang jika dibuang begitu saja, orang Malang mengolah tempe yang kualitasnya sudah tidak baik lagi menjadi mendol.

Caranya, tempe ditumbuk lalu diberi bumbu-bumbu agar rasanya lebih enak, kemudian tempe dimasak dengan cara digoreng. Simpel, mudah dan enak pastinya!

Baca Juga: 5 Destinasi Wisata Ekstrem di Kota Malang Raya, Berani Coba?

4. Nasi buk Madura

5 Kuliner Khas yang Bikin Kamu Kangen Terus sama Kota Malanginstagram.com/wennyhendarto

Walaupun namanya nasi buk Madura, tapi kamu enggak perlu ke Madura hanya untuk menikmati kuliner ini. Cukup datang ke Malang dan kamu bisa menikmati nasi buk sepuasnya. Buat kamu yang belum tahu, nasi buk itu nasi campur karena semua lauknya dicampur jadi satu.

Mulai dari bakwan, sayur nangka, mendol, sampai sayur bambu ada disajikan diatas sepiring nasi. Agar lebih lengkap, nasi buk yang sudah jadi ditaburi dengan serundeng. Dijamin, bukan cuma lidah kamu yang bergoyang tapi perutnya juga pasti kenyang.

5. Rawon

5 Kuliner Khas yang Bikin Kamu Kangen Terus sama Kota Malanginstagram.com/jogjabikinlaper

Jangan ngaku sering liburan ke Malang kalau kamu belum pernah nyobain rawon. Kamu yang belum pernah mencoba rawon, makanan ini adalah sup daging. Bedanya kalau sup daging warna kuahnya terang, rawon warna kuahnya hitam seperti semur.

Tapi tidak seperti semur, warna hitam pada kuah rawon berasal dari kluwek. Kota Malang punya banyak sekali warung rawon yang enak, salah satunya rawon Nguling di jalan Zainul Arifin, Klojen, kota Malang.

Kota Malang bisa dibilang merupakan salah satu kota terbaik untuk wisata kuliner di Indonesia. Bukan hanya memiliki banyak kuliner modern, tapi juga kuliner legend dan unik yang bikin kamu ketagihan untuk kembali lagi ke kota Malang! 

https://travelingyuk.com/es-santan-68/79132/
https://travelingyuk.com/nasi-buk-di-madura/84627?utm_source=idle&utm_medium=dekstop&utm_campaign=reload
https://travelingyuk.com/rawon-nguling-malang/168482

Baca Juga: 5 Rekomendasi Wisata Super "Santuy" di Malang Raya, Dijamin Betah Deh!

Lia Photo Verified Writer Lia

instagram.com/sayalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya