Comscore Tracker

6 Kuliner Legendaris di Sekitar Malioboro Yogyakarta, Awas Kehabisan!

Siap-siap mengantre panjang, ya!

Sebagai salah satu pusat wisata belanja di Yogyakarta, Malioboro memang gak pernah sepi pengunjung. Baik warga lokal yang sekedar ingin jalan-jalan atau turis yang penasaran ingin merasakan suasana Yogyakarta pasti pergi ke Malioboro.

Selain dipenuhi toko penjual batik dan oleh-oleh, di Malioboro juga berjajar kuliner legendaris yang harus banget kamu coba. Harus siap antre, beberapa rekomendasi kuliner legendaris di sekitar Malioboro Yogyakarta ini gak boleh sampai kamu skip, ya!

1. Gado-gado Bu Hadi

6 Kuliner Legendaris di Sekitar Malioboro Yogyakarta, Awas Kehabisan!gambar gado-gado Bu Hadi (instagram.com/streetfoodstories)

Gado-gado memang merupakan kuliner khas Jakarta, tetapi kamu tetap bisa menemukan kuliner satu ini di Yogyakarta. Ada banyak penjual gado-gado enak di Yogyakarta dan Gado-gado Bu Hadi adalah salah satunya.

Gado-gado Bu Hadi sudah buka sejak 1952. Seporsinya terdiri dari potongan ketupat, irisan tahu, timun, kubis, kentang, telur ayam rebus, dan juga taoge. Bahan-bahan itu disiram saus kacang dan taburan kerupuk udang. Porsinya cukup banyak, cukup bikin kamu kekenyangan!

Lokasi: Jalan Pabringan Nomor 84, Ngupasan, Kecamatan Gondomanan, Yogyakarta

Jam operasional: setiap hari pukul 09.00-15.30 WIB

Harga: Rp15.000-20.000 

2. Lumpia Sami Jaya

6 Kuliner Legendaris di Sekitar Malioboro Yogyakarta, Awas Kehabisan!gambar lumpia Sami Jaya (instagram.com/jajanyogya)

Kalau habis makan gado-gado tapi kamu belum kenyang juga, mungkin Lumpia Sami Jaya yang ada depan Toko Sami Jaya bisa jadi solusinya. Lumpia Sami Jaya sudah berjualan sejak 1976. Sekarang lumpia ini dilanjutkan oleh generasi keduanya.

Meski sudah beda generasi, rasa lumpianya tetap sama. Lumpia di sini berukuran sedang dan terdiri dari beberapa varian rasa, seperti bengkuang, telur puyuh, dan ayam. Isiannya juga padat dan disajikan dalam keadaan masih panas baru digoreng.

Lokasi: Jalan Malioboro Nomor 22-28, Sosromenduran, Gedong Tengen, Yogyakarta

Jam operasional: setiap hari pukul 09.00-21.00 WIB

Harga: Rp5.000-6.000

3. Soto Ayam 61

6 Kuliner Legendaris di Sekitar Malioboro Yogyakarta, Awas Kehabisan!gambar soto ayam 61 (instagram.com/sotoayam61)

Soto Ayam 61 menjadi target selanjutnya yang gak boleh kamu lewatkan selama liburan di Kota Pelajar. Beda dari kebanyakan soto ayam lain dengan kuah kuning pekat dan berminyak, kuah soto di Soto Ayam 61 cukup bening berwarna kuning dengan cita rasa gurih.

Untuk isiannya terdiri dari mi soun, suwiran ayam, irisan kentang goreng, telur rebus, dan seledri. Sudah ada sejak 1967, penggemar Soto Ayam 61 gak pernah berkurang. Kalau ke sini harus siap-siap antre, ya!

Lokasi: Jalan Margo Mulyo Nomor 61, Ngupasan, Kecamatan Gondomanan, Yogyakarta

Jam operasional: setiap hari pukul 07.00-19.00 WIB

Harga: Rp15.000

Baca Juga: 7 Hotel Murah di Malioboro dengan Tarif Mulai Rp 100 Ribuan

4. Gudeg Mbah Lindu

6 Kuliner Legendaris di Sekitar Malioboro Yogyakarta, Awas Kehabisan!gambar gudeg Mbah Lindu (instagram.com/nitipkittin)

Ke Yogyakarta gak akan lengkap rasanya kalau kamu belum makan Gudeg Mbah Lindu, gudeg paling legendaris di kota ini. Gak tanggung-tanggung, Gudeg Mbah Lindu sudah berjualan sejak zaman penjajahan, lho!

Gudeg Mbah Lindu terdiri dari beberapa varian. Pertama, nasi gudeg telur yang merupakan perpaduan dari gudeg nangka muda, krecek, dan telur. Menu kedua adalah gudeg telur yang disajikan dengan bubur. Terakhir, ada nasi gudeg suwir dengan suwiran ayam.

Lokasi: Jalan Sosrowijayan Nomor 41-43, Sosromenduran, Gedong Tengen, Yogyakarta

Jam operasional: setiap hari pukul 06.00-11.00 WIB

Harga: Rp15.000-20.000

5. Sate Kere Bu Suwarni

6 Kuliner Legendaris di Sekitar Malioboro Yogyakarta, Awas Kehabisan!gambar sate kere Bu Suwarni (instagram.com/andriegutz)

Bisa dibilang, sate kere merupakan sate khas Yogyakarta. Disebut sate kere karena dulunya sate ini dibuat untuk kalangan bawah yang gak bisa membeli daging. Sekarang pun kamu masih bisa menemukan kuliner satu ini di Yogyakarta.

Salah satu tempat makan sate kere terbaik di Yogyakarta adalah warung Sate Kere Bu Suwarni yang berjualan sejak 40 tahun lalu. Ada beragam jenis sate yang bisa kamu cicipi, mulai dari sate tempe, sate jeroan sapi, sate kulit, hingga sate daging. Semua jenis sate ini nantinya akan disiram dengan sambal kacang plus kecap manis.

Lokasi: Jalan Pabringan Nomor 16, Ngupasan, Kecamatan Gondomanan, Yogyakarta

Jam operasional: setiap hari pukul 10.00-16.00 WIB

Harga: Rp3.500-5.000 per tusuk

6. Nasi Goreng Beringharjo

6 Kuliner Legendaris di Sekitar Malioboro Yogyakarta, Awas Kehabisan!gambar nasi goreng Bringharjo (instagram.com/nasgorbringharjo)

Kuliner legendaris terakhir yang ada di sekitar Malioboro adalah Nasi Goreng Beringharjo. Buka sejak 1968, Nasi Goreng Beringharjo ini bisa jadi penyelamat saat kelaparan di tengah malam.

Menu yang ditawarkan juga beragam, mulai dari nasi goreng ayam biasa sampai yang luar biasa juga ada di sini. Tampilan nasi goreng ini memang biasa saja, tapi kalau urusan rasa, makan sepiring gak akan cukupm deh!

Lokasi: Jalan Limaran, Ngupasan, Kecamatan Gondomanan, Yogyakarta

Jam operasional: Senin sampai Sabtu pukul 18.00-23.00 WIB

Harga: Rp16.000

Malioboro memang jadi salah satu destinasi wajib ketika berkunjung ke Yogyakarta. Bukan hanya belanja batik, kamu juga gak boleh kelewatan mencicipi kuliner legendaris di atas, ya. Mau melipir ke mana dulu, nih?

Baca Juga: 7 Kuliner di Teras Malioboro 1, Dimsum sampai Oseng Mercon

Siti Marliah Photo Verified Writer Siti Marliah

Find me on 📷 : instagram.com/sayalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya