Comscore Tracker

8 Makanan Khas Qatar yang Wajib Kamu Cicipi, Awas Ketagihan Ya!

Cocok untuk kamu yang suka manis nih!

Arab Saudi atau Uni Emirat Arab biasanya menjadi tujuan wisata turis asal Indonesia. Selain untuk melaksanakan ibadah haji, pengunjung juga datang untuk melakukan wisata religi ke sejumlah tempat yang lekat kaitannya dengan sejarah agama islam.

Sedangkan Uni Emirat Arab, terutama kota Dubai dikenal karena kemegahannya dan merupakan salah satu kota paling mewah di dunia. Tapi kalau kamu memiliki rencana menghabiskan waktu liburan ke Timur Tengah, tidak ada salahnya jika kamu mengunjungi Qatar.

Tidak kalah dengan negara tetangganya, Qatar juga negara yang kaya bukan hanya secara ekonomi atau materi tapi juga budaya bahkan juga kulinernya. Seperti yang dilansir dari theculturetrip.com dan qatarliving.com, daripada kamu penasaran, berikut ini delapan kuliner khas Qatar yang wajib kamu cicipi.

1. Machboos

8 Makanan Khas Qatar yang Wajib Kamu Cicipi, Awas Ketagihan Ya!blog.ingredientmatcher.com

Machboos atau yang juga dikenal dengan Kabsa adalah nasi yang dimasak dengan bumbu. Agar rasanya semakin lezat, nasi ditambahkan dengan berbagai macam daging seperti ikan, ayam, udang, domba bahkan juga daging unta. Biasanya orang Qatar menambahkan perasan air jeruk lemon bahkan salsa pedas yang disajikan terpisah di sebelah Machboos.

2. Mathrooba

8 Makanan Khas Qatar yang Wajib Kamu Cicipi, Awas Ketagihan Ya!instagram.com/localawi

Jika kamu pergi berlibur bertepatan dengan bulan suci Ramadan, kamu pasti akan melihat banyak orang lokal makan Mathrooba. Makanan ini adalah menu favorit orang Qatar untuk berbuka puasa. Mathrooba atau Madrouba adalah nasi yang dimasak dengan mentega, susu, dan kapulaga hingga menjadi bubur. Setelah matang, Mathrooba dimakan dengan ayam dan kacang rebus.

3. Luqaimat

8 Makanan Khas Qatar yang Wajib Kamu Cicipi, Awas Ketagihan Ya!instagram.com/daliaskitchen

Jika Mathrooba digunakan untuk makanan pembuka bulan puasa, Luqaimat adalah makanan penutup selama bulan Ramadan. Luqaimat terbuat dari susu, mentega, tepung, gula, kunyit, dan kapulaga. Campuran adonan ini kemudian digoreng. Menghasilkan camilan renyah diluar dan lembut di dalam. Kalau kamu penggemar makanan manis, Luqaimat disantap dengan cara dicelupkan ke dalam sirup atau madu.

4. Thareed

8 Makanan Khas Qatar yang Wajib Kamu Cicipi, Awas Ketagihan Ya!instagram.com/rqaq_house

Thareed seringkali disebut sebagai lasagna Arab. Makanan ini dibuat dari roti yang dimasak dengan campuran sayuran, wortel, bawang, kentang, ayam, domba, dan saus tomat. Roti dimasak dibagian bawah sehingga menyerap semua bahan dan sayuran yang disimpan diatasnya. Menghasilkan roti yang lembut dan kaya akan aroma.

Baca Juga: Intip 5 Makanan Khas Inggris yang Bikin Kamu Gagal Diet, Cobain Yuk!

5. Kousa Mahshi

8 Makanan Khas Qatar yang Wajib Kamu Cicipi, Awas Ketagihan Ya!mideats.maxxpotential.org

Kousa Mahshi adalah salah satu makanan favorit bukan hanya di Qatar tapi juga di seluruh negara Timur Tengah. Zucchini diisi dengan daging domba yang sudah ditambahkan dengan daun minta dan bawang, sebelum akhirnya dimasak di dalam oven dan disajikan masih dalam keadaan masih panas.

6. Harees

8 Makanan Khas Qatar yang Wajib Kamu Cicipi, Awas Ketagihan Ya!instagram.com/hyderabadfoodtrip

Harees sekilas mirip dengan bubur, hanya saja dibuat dari tepung yang dicampur dengan daging dan mentega. Makanan ini sangat populer di negara-negara Timur Tengah dan menjadi hidangan spesial di hari istimewa seperti Idul Fitri atau sebagai menu berbuka puasa selama bulan Ramadan.

7. Balaleet

8 Makanan Khas Qatar yang Wajib Kamu Cicipi, Awas Ketagihan Ya!instagram.com/bdoucafe

Balaleet adalah bihun yang dimasak dengan gula, kayu manis, kapulaga, dan kunyit. Karena bahannya, Balaleet memiliki rasa manis sekaligus gurih. Ditambah dengan taburan kacang membuat kudapan manis ini jadi terasa semakin nikmat. Di Qatar sendiri, Balaleet dijadikan  menu untuk sarapan, dan karena rasanya yang manis, Balaleet juga sering dijadikan sebagai makanan penutup untuk hidangan makan.

8. Saloona

8 Makanan Khas Qatar yang Wajib Kamu Cicipi, Awas Ketagihan Ya!instagram.com/alfanarrestaurant

Di antara semua makanan diatas, Saloona adalah makanan yang paling cocok untuk penggemar makanan pedas. Saloona sendiri adalah daging pedas yang dimasak bersama tomat, kentang, wortel, dan terong. Kamu bisa menyantap Saloona dengan atau tanpa nasi.

Nyamm, rata-rata pedas ya. Makanan mana nih yang mau kamu coba?

Baca Juga: Simak 5 Makanan Khas Aljazair Yuk, Dijamin Bikin Ketagihan!

Lia Photo Verified Writer Lia

instagram.com/sayalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You