Comscore Tracker

Aman bagi Manusia, 10 Makanan ini Ternyata Berbahaya untuk Anjing

Bisa berakibat fatal lho!

Anjing jadi hewan peliharaan favorit banyak orang. Selain bisa menjaga rumah dari orang jahat, anjing juga merupakan hewan setia dan ketika sedang bosan pun, anjing sangat asik untuk diajak bermain bersama atau hanya sekedar jalan-jalan keliling komplek perumahan.

Saking sayang sama anjing peliharaan, tidak jarang kita berbagi apa pun dengan anjing kesayangan termasuk makanan. Tapi, kamu tahu gak kalau tidak semua makanan yang baik untuk kita, juga aman untuk anjing. Ini salah satunya.

1. Alpukat

Aman bagi Manusia, 10 Makanan ini Ternyata Berbahaya untuk Anjingunsplash.com/Saile Ilyas

Meski alpukat sehat bagi manusia, tidak berarti alpukat sehat bagi anjing. Bukannya membuat anjing kamu jadi sehat, alpukat justru sangat beracun bagi anjing kesayanganmu.

Ini karena alpukat dan semua hal yang berhubungan dengan pohon alpukat mengandung persin, zat ini memang aman bagi manusia tapi akan berubah jadi racun bagi anjing. Jika dikonsumsi oleh anjing, persin ini akan membuat anjing sulit bernafas, diare, muntah, jantung tersumbat dan berakhir dengan kematian.

2. Coklat

Aman bagi Manusia, 10 Makanan ini Ternyata Berbahaya untuk Anjingunsplash.com/amirali mirhashemian

Siapa sangka makanan manis favorit semua orang ternyata jadi salah satu racun paling ampuh untuk membunuh seekor anjing. Coklat mengandung stimulan theobromine yang dapat menyebabkan diare, muntah, dan membuat anjing dehidrasi.

Dalam kasus yang lebih parah, stimulan theobromine akan menyebabkan irama jantung anjing meningkat, menimbulkan kejang, dan kematian. Umumnya stimulan theobromine ditemukan pada semua coklat. Untuk itu pastikan kamu tidak berbagi coklat dengan anjing kesayangan kamu, terutama coklat hitam dan tidak manis.

Karena semakin gelap warna coklat dan semakin pahit rasanya, maka akan semakin berbahaya bagi anjing.

3. Anggur dan kismis

Aman bagi Manusia, 10 Makanan ini Ternyata Berbahaya untuk Anjingunsplash.com/Maja Petric

Anggur dan kismis juga beracun bagi anjing. Awalnya mungkin semua akan tampak normal, tapi efeknya akan mulai muncul 12 jam setelah dikonsumsi. Anjing akan mulai muntah, lesu, diare. Jika tidak diobati, anjing akan mengalami dehidrasi, nafsu makan berkurang, sering buang air kecil namun kesulitan buang air besar. Anjing juga akan mengalami gagal ginjal yang dapat berakibat fatal jika tidak segera diobati. 

4. Keju, yogurt, dan produk susu lainnya

Aman bagi Manusia, 10 Makanan ini Ternyata Berbahaya untuk Anjingunsplash.com/Mae Mu

Susu memang sehat bagi manusia, tapi tidak sehat bagi anjing. Anjing kekurangan enzim yang membuat mereka tidak bisa memecah gula. Anjing juga tidak bisa mencerna laktosa karena itu akan membuat mereka terkena gangguan pencernaan hingga memicu timbulnya alergi pada makanan tertentu. Selain susu, anjing juga harus dihindarkan dari keju, yogurt, dan semua produk yang mengandung susu.

5. Daging, ikan dan telur mentah

Aman bagi Manusia, 10 Makanan ini Ternyata Berbahaya untuk Anjingunsplash.com/Victoria Shes

Meski anjing suka makan daging, tapi kamu juga tidak boleh memberikan mereka daging, ikan atau telur mentah. Daging mentah mengandung bakteri salmonella yang dapat mengganggu sistem kekebalan tubuh anjing. Sementara telur akan menyebabkan penyakit kulit, sedangkan ikan dapat menyebabkan keracunan. Kalaupun kamu mau memberi makan anjing dengan daging, ikan atau telur pastikan kamu memasaknya terlebih dahulu. 

Baca Juga: 8 Penyakit Mematikan pada Anjing, bahkan Ada yang Gak Bisa Disembuhkan

6. Makanan manis

Aman bagi Manusia, 10 Makanan ini Ternyata Berbahaya untuk Anjingunsplash.com/Brooke Lark

Terlalu banyak mengonsumsi makanan manis bukan hanya berbahaya bagi manusia tapi juga anjing peliharaan kamu. Ini karena terlalu banyak gula akan meningkatkan resiko obesitas, masalah pada gigi, bahkan menyebabkan diabetes bagi anjing. Jadi mulai sekarang berhenti mengonsumsi makanan manis, dan jauhkan semua hal yang mengandung gula berlebih dari jangkauan anjing kesayangan kamu.

7. Minuman berkafein

Aman bagi Manusia, 10 Makanan ini Ternyata Berbahaya untuk Anjingunsplash.com/Heather Ford

Kopi, teh, soda dan minuman yang mengandung kafein tidak baik dikonsumsi terlalu banyak. Meski kopi yang kamu minum satu jam lalu sudah habis, tapi efek kafeinnya akan tetap bertahan selama 6 jam kemudian bahkan menyebabkan perasaan gelisah, hingga detak jantung meningkat.

Gejala yang sama juga akan dialami oleh seekor anjing jika mereka mengonsumsi kafein. Dimulai dari anjing yang berubah gelisah, dehidrasi, hingga muntah dan diare bahkan menyebabkan kasus kematian. Anjing benar-benar tidak boleh mengonsumsi kopi, teh, soda, atau apa pun yang mengandung alkohol meski itu hanya sedikit. 

8. Xylitol

Aman bagi Manusia, 10 Makanan ini Ternyata Berbahaya untuk Anjingunsplash.com/Amy Shamblen

Dibandingkan dengan makanan lainnya, xylitol pasti terdengar asing di telinga. Kamu yang belum tahu, xylitol adalah zat pemanis buatan yang biasanya jadi salah satu bahan utama dalam pembuatan permen, atau makanan manis lainnya.

Meski xylitol aman bagi manusia, tapi xylitol tidak boleh dikonsumsi oleh anjing. Mengonsumsi xylitol dapat membuat kadar gula darah pada anjing turun secara tiba-tiba. Ketika dibiarkan, anjing akan mengalami gagal hati yang berujung pada kematian.

9. Alkohol dan adonan mentah

Aman bagi Manusia, 10 Makanan ini Ternyata Berbahaya untuk Anjingunsplash.com/Monika Grabkowska

Anjing tidak bisa mentolerir alkohol meski itu hanya dalam dosis sangat kecil. Meski kemungkinan anjing meminum alkohol dengan sengaja atau tidak sengaja sangat kecil, tapi alkohol juga bisa ditemukan pada apel yang sudah busuk.

Selain alkohol, jangan pernah memberikan kue atau adonan mentah pada anjing. Saat dikonsumsi oleh anjing, adonan mentah yang mengandung ragi akan mengembang di dalam perut anjing, menekan organ tubuh dan membuat anjing sulit bernafas. 

10. Semua yang berhubungan dengan bawang

Aman bagi Manusia, 10 Makanan ini Ternyata Berbahaya untuk Anjingunsplash.com/Gaelle Marcel

Anjing tidak bisa mengonsumsi makanan pedas. Bukan hanya rasa pedas yang berasal dari cabai tapi juga bawang termasuk daunnya. Bawang terutama bawang putih akan membunuh sel darah merah dalam tubuh anjing. Akibatnya, anjing akan mengalami anemia atau kurang darah. Tanda-tandanya termasuk muntah, kesulitan nafas, hingga anjing merasa lemah.

Lebih baik dihindari ya jika anjingmu ingin memakan daftar makanan di atas, semua demi kesehatannya sendiri!

Baca Juga: Stop, Ini 7 Dampak Buruk Mengonsumsi Daging Anjing!

Lia Photo Verified Writer Lia

instagram.com/sayalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You