Comscore Tracker

Bikin Perut Keroncongan, 7 Makanan yang Harus Kamu Hindari Saat Sahur 

Jangan sampai kamu salah pilih makanan

Bangun pagi-pagi untuk makan sahur memang berat buat sebagian orang. Terutama, kalau kamu adalah tipe orang yang belum bisa tidur sebelum tengah malam. Tapi mengingat sahur sangat penting, kamu enggak boleh melewatkannya begitu saja. Dan karena sahur itu penting, menu yang kamu makan juga harus diperhatikan.

Karena percaya enggak percaya, apa yang kamu makan akan sangat mempengaruhi nasib puasa kamu hari ini. Dengan mengonsumsi menu yang tepat, puasa kamu bakalan lancar. Tapi sedikit saja salah pilih menu, dijamin perutmu bakal keroncongan seharian. Nah supaya kamu enggak mengalami kejadian yang sama, yuk hindari tujuh makanan berikut ini!

1. Makanan cepat saji

Bikin Perut Keroncongan, 7 Makanan yang Harus Kamu Hindari Saat Sahur unsplash.com/amirali mirhashemian

Mengonsumsi makanan cepat saji mungkin terdengar seperti menu sahur ideal, tapi percaya deh makanan jenis ini hanya akan membuat kamu kelaparan setelahnya. Selain mengandung lemak, dan bahan pengawet yang dibenci tubuh, makanan cepat saji juga mengandung garam dalam jumlah banyak.

Garam inilah yang nantinya akan memicu dehidrasi saat puasa. Selain itu dehidrasi juga membuat otak kamu tertipu. Alih-alih merasa haus, kamu akan merasa lapar meski kenyataannya tidak.

2. Sereal

Bikin Perut Keroncongan, 7 Makanan yang Harus Kamu Hindari Saat Sahur unsplash.com/Etienne Girardet

Kamu mungkin terbiasa menyantap sereal untuk sarapan, tapi kamu tetap tidak disarankan untuk menyantap sereal saat sahur. Ada dua alasan kenapa kamu tidak boleh sahur dengan sereal.

Pertama, sereal tidak mengandung serat yang dibutuhkan tubuh agar bisa merasa kenyang dalam waktu lama. Kedua, sereal mengandung kadar gula yang tinggi dan tidak baik untuk kesehatan.

3. Pizza

Bikin Perut Keroncongan, 7 Makanan yang Harus Kamu Hindari Saat Sahur unsplash.com/Chad Montano

Pizza mungkin berukuran lebih besar dari makanan cepat saji, tapi tidak berarti pizza lebih baik. Pizza adalah campuran dari tepung, minyak, saus dengan bahan pengawet, daging olahan, dan hanya menyisakan sedikit sekali potongan sayur yang jelas tidak cukup untuk menjaga agar perut tidak keroncongan seharian apalagi menjaga agar tubuh tetap sehat.

Kalau pun kamu mau pizza, alternatif terbaiknya adalah membuat pizza sendiri dari tepung gandum, membuat saus tomat sendiri, dan menambahkan potongan daging segar, plus sayuran dalam jumlah banyak.

Baca Juga: Makan Mi Instan saat Sahur? Ini Efek dan Dampaknya pada Puasa

4. Granola bar

Bikin Perut Keroncongan, 7 Makanan yang Harus Kamu Hindari Saat Sahur unsplash.com/Ovidiu Creanga

Sama seperti sereal, banyak orang juga mengonsumsi granola bar untuk sarapan. Tapi saat sahur, pastikan kamu tidak mengonsumsinya. Granola bar tidak dibuat untuk menggantikan makanan utama. Mereka rendah kalori dan hanya akan membangkitkan nafsu makan. Tapi granola bar tidak akan bisa membuat kamu kenyang.

5. Yogurt 

Bikin Perut Keroncongan, 7 Makanan yang Harus Kamu Hindari Saat Sahur unsplash.com/Sanjip Kadel

Ya, yogurt memang sehat tapi itu tidak cukup untuk membuat kenyang. Apalagi kalau yang kamu konsumsi adalah yogurt buah beraneka rasa. Yogurt jenis ini memiliki karbohidrat dan pemanis buatan yang sangat tinggi. Dan semakin tinggi karbohidratnya, semakin sering juga keinginan kamu untuk makan.

Kalau pun kamu terpaksa makan yogurt, pastikan kamu memakan Greek yogurt yang kental dan tanpa rasa. Tambahkan beberapa potongan buah, kacang-kacangan, dan biji-bijian untuk menu sahur yang kaya serat dan antioksidaan.

6. Muffin

Bikin Perut Keroncongan, 7 Makanan yang Harus Kamu Hindari Saat Sahur unsplash.com/Mette van der Linden

Muffin kedengarannya memang enak, apalagi kalau masih hangat. Tapi karena terbuat dari tepung, gula, dan beberapa bahan lain, muffin hanya memiliki kandungan gula yang tinggi yang dapat diserap oleh tubuh dengan cepat. Bahkan jika kamu mengonsumsi sepuluh muffin saat sahur, kamu akan tetap kelaparan seharian.

7. Bagel 

Bikin Perut Keroncongan, 7 Makanan yang Harus Kamu Hindari Saat Sahur unsplash.com/Kreated Media

Bagel memang lebih padat dan berukuran lebih besar dari roti biasa. Tapi terlepas dari ukurannya, bagel tetaplah roti yang terbuat dari tepung dan gula, tanpa serat sama sekali. Yang lebih parah, bagel mengandung kadar garam yang tinggi.

For your information, satu bagel mengandung 400 mg natrium dan itu belum diberi tambahan cream cheese yang juga asin. Dengan mengonsumsi bagel saat sahur, kamu bukan hanya akan kelaparan, tapi juga mengalami dehidrasi.

Salah satu trik agar tidak kelaparan saat puasa adalah dengan mengonsumsi banyak makanan berserat saat sahur. Tapi kalau yang kamu makan adalah salah satu dari tujuh makanan di atas, perut kamu akan lebih lapar dari yang seharusnya.

Baca Juga: Ramah di Lambung, Ini 10 Makanan Sehat bagi Penderita Mag saat Sahur

Siti Marliah Photo Verified Writer Siti Marliah

instagram.com/sayalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya