Comscore Tracker

5 Olahan Berbahan Dasar Nasi ala Korea yang Wajib Dicoba, Gampang Kok!

Dijamin enak deh pokoknya!

Seperti yang kita tahu, orang Indonesia cinta mati pada nasi. Saking cintanya, di Indonesia, nasi jadi makanan wajib saat sarapan, makan siang, dan makan malam, bahkan bisa dicampur dengan menu apa saja.

Dilansir dari tasteatlas.com, biasanya kalau tidak diberi tambahan lauk, nasi akan diolah jadi nasi goreng atau olahan nasi lainnya. Nah buat kamu yang bosan dengan olahan nasi yang gitu-gitu aja, kamu bisa mencoba 5 olahan nasi ala Korea berikut ini, yuk coba!

1. Kimchi bokkeumbap 

5 Olahan Berbahan Dasar Nasi ala Korea yang Wajib Dicoba, Gampang Kok!instagram.com/cubigsunny

Kalau orang Indonesia suka nasi, maka orang Korea tidak bisa lepas dari kimchi. Alhasil, semua makanan diberi tambahan kimchi termasuk nasi goreng. Kimchi bokkeumbap atau nasi goreng kimchi jadi menu favorit orang Korea untuk sarapan. Selain kimchi, nasi goreng juga diberi tambahan daging, sayuran, dan disajikan dengan telur mata sapi.

2. Bibimbap 

5 Olahan Berbahan Dasar Nasi ala Korea yang Wajib Dicoba, Gampang Kok!instagram.com/kyungsinku

Bibimbap atau nasi campur jadi menu berbahan dasar nasi yang bisa kamu coba di rumah. Makanan ini terdiri dari nasi, aneka sayuran seperti wortel, taoge, mentimun yang dipotong korek api. Selain itu, bibimbap juga diberi tambahan daging, dan telur mata sapi. Setelah semua sayur dan nasi tertata rapi, bibimbap diberi saus merah kemudian diaduk dengan semua bahan hingga tercampur.

Baca Juga: 6 Jenis Kimbap ala Korea yang Bisa Kamu Buat di Rumah, Gampang Kok!

3. Kimbap 

5 Olahan Berbahan Dasar Nasi ala Korea yang Wajib Dicoba, Gampang Kok!instagram.com/mistyyoon

Kimbap atau gimbap pada dasarnya adalah nasi dengan gulungan rumput laut kering. Nasi hangat yang sudah diberi bumbu diratakan di atas rumput laut. Dibagian tengah, nasi diberi tumisan sayur, telur, daging kepiting, sosis sebelum digulung dan dipotong bundar. Orang Korea mengonsumsi gimbap saat piknik atau bekal makan siang.

4. Jumeokbap 

5 Olahan Berbahan Dasar Nasi ala Korea yang Wajib Dicoba, Gampang Kok!instagram.com/ohohoh102

Jumeokbap atau nasi kepal menjadi makanan selanjutnya yang bisa kamu coba sendiri. Sama seperti kimbap, jumeokbap pada dasarnya bisa dicampur apa saja. Kamu bisa menambahkan telur, selada, brokoli, kimchi kemudian mencampurkannya dengan serpihan rumput laut dan nasi sebelum dikepal dengan tangan. Karena cara membuatnya sangat mudah, orang Korea biasanya menjadikan jumeokbap sebagai bekal untuk makan siang.

5. Boribap

5 Olahan Berbahan Dasar Nasi ala Korea yang Wajib Dicoba, Gampang Kok!instagram.com/jiyoung_two

Boribap sebenarnya merupakan salah satu makanan tradisional Korea Selatan berupa nasi dan barley yang disajikan dengan rebusan doenjang atau kedelai fermentasi plus aneka lauk pauk yang dikenal dengan nama banchan. Biasanya, banchan ini terdiri dari aneka jenis sayuran dalam porsi kecil. Dan karena semua bahannya tidak menggunakan daging jenis apa pun, boribap sangat cocok untuk kamu yang vegetarian. 

Sama dengan orang Indonesia, orang Korea juga sebenarnya tidak bisa lepas dari nasi. Jadi daripada kamu bosan dengan menu olahan nasi Indonesia dan akhirnya melewatkan waktu makan, kenapa tidak mencoba olahan nasi ala Korea? Siapa tahu kamu suka!

Baca Juga: Resep Mudah Haemul Pajeon, Bakwan Seafood ala Korea yang Renyah

Siti Marliah Photo Verified Writer Siti Marliah

instagram.com/sayalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya