Comscore Tracker

Awas Ketagihan, 5 Oleh-oleh Khas Malang yang Wajib Dibawa Pulang

Jangan lupa bawa oleh-oleh ya!

Yang namanya kembali dari kampung halaman, rasanya enggak akan lengkap kalau kamu enggak membawa oleh-oleh untuk teman-teman di kota. Biasanya oleh-oleh berupa berbagai hal yang khas dari daerah. Mulai dari pakaian, souvenir yang berhubungan dengan budaya setempat, atau bisa juga berupa aneka makanan khas. 

Nah untuk kamu yang pulang ke Malang, kamu juga enggak boleh lupa nih membeli oleh-oleh untuk teman-temanmu. Tenang, selain gudangnya tempat wisata, kota Malang juga terkenal sebagai gudangnya oleh-oleh. Saking banyaknya sampai membuat kamu bingung mau pilih yang mana!

1. Malang Strudel

Awas Ketagihan, 5 Oleh-oleh Khas Malang yang Wajib Dibawa Pulanginstagram.com/nichonyc

Studel sebenarnya bukanlah makanan asli kota Malang melainkan Austria, Jerman, Turki dan negara Eropa lainnya. Strudel adalah kue yang terbuat dari adonan pastry dengan isi buah-buahan. Kue strudel dibawa ke Malang oleh pasangan Teuku Wishnu dan Shireen Sungkar pada tahun 2014, keduanya berfikir strudel akan cocok dengan lidah orang Malang, apalagi kota ini dikenal dengan buah apelnya.

Keduanya pun memodifikasi strudel khas Eropa agar sesuami dengan lidah orang Malang dan menjadikannya jalanan khas dan oleh-oleh khas kota Malang. Untuk kamu yang ingin menjadikan kue ini sebagai oleh-oleh, ada 21 rasa strudel yang bisa kamu pilih mulai dari apel, strawberry, pineapple, kurma, dan aneka rasa lainnya dengan harga berkisar antara Rp48-75 ribu per box.

Alamat: Jalan Semeru No.47, Oro-oro Dowo, Klojen, Kauman, Kec. Klojen, Kota Malang, Jawa Timur 65115

2. Sari Apel

Awas Ketagihan, 5 Oleh-oleh Khas Malang yang Wajib Dibawa Pulanginstagram.com/brosem_pawesti

Karena kota Malang terkenal sebagai kota penghasil apel berkualitas maka enggak heran kalau berbagai produk berbahan dasar apel bertebaran di kota ini, salah satunya adalah Sari Apel. Sesuai dengan namanya, Sari Apel adalah minuman yang berasal dari buah apel asli.

Di kota Malang sendiri, minuman ini sangatlah populer karena rasanya yang manis, segar dan sehat karena terbuat dari buah apel asli. Tenang aja, untuk mendapatkan minuman ini kamu enggak perlu keliling kota Malang karena minuman ini sudah tersedia di berbagai outlet oleh-oleh yang ada di kota Malang.

Baca Juga: 7 Makanan Khas Semarang Ini Cocok untuk Oleh-oleh Mudik Lebaran

3. Lapis Malang

Awas Ketagihan, 5 Oleh-oleh Khas Malang yang Wajib Dibawa Pulanginstagram.com/nichonyc

Satu lagi cake andalan yang bisa kamu jadikan oleh-oleh khas Malang yaitu Lapis Malang. Meski namanya kue lapis tapi kue ini tidak sama dengan kue lapis legit. Lapis Malang adalah kue dengan dua lapisan kue lembut dengan filling ditengahnya.

Beda dengan kue kekinian, Lapis Malang ini memiliki pilihan rasa yang super klasik seperti cake original yaitu cake cokelat dengan topping meises, cheese, pandan, choco holic, dan choco peanut. Meski varian cake sangat klasik tapi kalau soal rasa, wah satu box cake Lapis Malang sih enggak akan cukup!

Alamat: Jl. Kawi Atas No.43c, Gading Kasri, Kec. Klojen, Kota Malang, Jawa Timur 65116

4. Keripik tempe Sanan

Awas Ketagihan, 5 Oleh-oleh Khas Malang yang Wajib Dibawa Pulanginstagram.com/siriusbintang

Tempe biasanya diolah jadi berbagai masakan seperti tempe goreng, atau oseng-oseng tempe. Tapi beda cerita kalau kamu pulang kampung ke Malang. Di Malang, tempe dipotong tipis, dibumbui, dan kemudian digoreng kering menjadi keripik tempe. Meski saat ini keripik tempe bisa dibeli dimana-mana tapi rasa keripik tempe Sanan di kota Malang adalah yang paling enak karena di kota inilah keripik tempe pertama kali dibuat dan jadi salah satu makanan khas Malang.

Selain ada rasa original, ada juga rasa bbq, rasa pedas, dan beberapa varian lainnya. Alasan lain kenapa kamu perlu membeli keripik tempe sebagai oleh-oleh adalah karena makanan satu ini tidak mudah basi meski sudah disimpan selama berhari-hari. Belum lagi harganya yang cukup ramah di dompet membuat kamu bisa membeli keripik tempe dalam jumlah banyak. 

Alamat: Jl. Sanan Gg. III No.168, Purwantoro, Kec. Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur 65126

5. Keripik Buah

Awas Ketagihan, 5 Oleh-oleh Khas Malang yang Wajib Dibawa Pulanginstagram.com/tjhiuwiong

Dibandingkan dengan beberapa kota di Indonesia, Malang memang memiliki suhu yang lebih dingin. Tidak heran jika di kota ini kamu akan menemukan banyak perkebunan buah.

Yang menarik adalah, buah-buahan hasil panen di kota Malang tidak hanya dipasarkan dalam bentuk buah segar tapi juga diolah jadi berbagai makanan salah satunya keripik. Bukan hanya keripik apel, tapi juga keripik nangka, keripik melon, rambutan bahkan salak. Asiknya, harga keripik buah ini juga murah meriah lho mulai dari Rp. 8.500 sampai Rp. 12.00 per bungkusnya. 

Alamat: Jl. R. Tumenggung Suryo No.86, Purwantoro, Kec. Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur 65123

Yummy banget ya, paling sering dapat yang mana nih?

Baca Juga: Yuk, Berburu Oleh-oleh Khas Bandung dengan Harga Bawah Rp100 Ribu!

Lia Photo Verified Writer Lia

instagram.com/sayalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You