Comscore Tracker

Awas Ngiler, 7 Street Food Paling Enak di Singapura, Yuk Coba!

Kamu sudah pernah coba yang mana?

Jalan-jalan ke sebuah kota atau negara asing, enggak akan lengkap rasanya kalau kamu belum mencicipi jajanan atau yang juga dikenal dengan street food. Bahkan kalau kamu hanya berlibur ke negara tetangga yang dekat dengan Indonesia sekalipun, kamu tetap tidak boleh lupa mencoba aneka kuliner yang ada di sana.

Termasuk kalau kamu liburan ke Singapura. Seperti yang dilansir dari theculturetrip.com, negara satu ini jaraknya memang sangat dekat dengan Indonesia, tapi tidak berarti makanan yang disajikan juga sama dengan yang ada di Indonesia. Bagi kamu yang punya rencana liburan ke Singapura, agar tidak bingung mau makan apa, berikut ini tujuh rekomendasi street food Singapura yang harus kamu coba!

1. Bah Kut Teh

Awas Ngiler, 7 Street Food Paling Enak di Singapura, Yuk Coba!instagram.com/themeatmensg

Bah Kut Teh adalah salah satu makanan favorit warga Singapura. Meski begitu, makanan ini aslinya berasal dari Tiongkok dan dibawa ke Singapura oleh para imigran. Bah Kut Teh sendiri adalah sup iga babi. Jadi iga babi yang berair direbus dengan sejumlah bumbu seperti bawang putih, adas, kayu manis, dan cengkeh dalam waktu lama. Disebut "Bah Kut Teh" karena warna kuatnya yang menyerupai teh oolong. Biasanya Bah Kut Teh disajikan dengan nasi, tahu, dan jamur.

2. Stingray Sambal

Awas Ngiler, 7 Street Food Paling Enak di Singapura, Yuk Coba!sethlui.com

Dulu ikan pari dianggap sebagai makanan murah, sampai akhirnya sebuah komunitas Melayu di Singapura mengubahnya jadi makanan favorit semua kalangan. Caranya adalah dengan mengubahnya menjadi olahan stingray sambal. Stingray sambal adalah ikan pari yang diolesi dengan saus pedas sebelum akhirnya dibakar.

Untuk mempertahankan rasanya, ikan pari dibungkus dengan daun pisang hingga menghasilkan tekstur ikan yang garing di luar dan lembut di dalam. Setelah matang, stingray ini disajikan dengan saus yang terbuat dari udang, cabai, dan jeruk nipis. Duh, membayangkannya saja bikin ngiler!

3. Hainanese Rice Chicken

Awas Ngiler, 7 Street Food Paling Enak di Singapura, Yuk Coba!tasty.co

Di Singapura, nasi ayam Hainan atau Hainanese chicken rice dianggap sebagai makanan nasional. Sama seperti Bah Kut Teh, Hainanese chicken rice juga berasal dari daratan Cina tepatnya pulau Hainan. Makanan ini terbuat dari ayam gemuk dan utuh yang direbus dengan kaldu babi dan tulang ayam sampai matang.

Agar tampilannya makin menggiurkan, ayam direndam dalam air es sebelum diiris sebelum disajikan dengan nasi. Nasi yang disajikan pun bukan nasi biasa, melainkan nasi yang dimasak dengan kaldu ayam, bawang putih, dan jahe. Setelah semua bahan siap, nasi disajikan dengan irisan ayam rebus dan disiram dengan saus cabai.

Baca Juga: 5 Sambal Nusantara yang Cara Bikinnya Praktis, Gak Perlu Digoreng Dulu

4. Curry Laksa

Awas Ngiler, 7 Street Food Paling Enak di Singapura, Yuk Coba!instagram.com/thrivemags

Laksa sebenarnya juga bisa kamu temukan di Indonesia terutama di tanah Sunda. Tapi makanan satu ini juga bisa kamu temukan di Singapura. Laksa adalah mie sohun yang disiram dengan kuah santan dan diberi bumbu kari yang diberi sedikit asam. Di Singapura, laksa ditambahkan dengan ikan, kerang, dan udang. 

5. Chili Crab

Awas Ngiler, 7 Street Food Paling Enak di Singapura, Yuk Coba!instagram.com/hobijajan

Chili crab adalah makanan nasional Singapura. Sesuai dengan namanya, chili crab adalah kepiting yang dimasak dengan saus tomat dan cabai sehingga memberikan rasa pedas manis. Uniknya, chili crab ini disajikan dengan mantao. Untuk kamu yang tertarik mencicipi chili crab, kamu harus mengunjungi Long Beach Seafood Restaurant. Selain menyajikan chili crab,  kamu juga bisa mencicipi menu kepiting lada hitam.

6. Kaya Toast

Awas Ngiler, 7 Street Food Paling Enak di Singapura, Yuk Coba!instagram.com/befatbehappy

Kalau kamu adalah tipe orang yang tidak terlalu suka sarapan dengan makanan yang berat, kaya toast di Good Morning Nanyang Cafe bisa jadi pilihan yang tepat. Kaya toast adalah roti panggang yang diolesi dengan selai kaya. Selai ini terbuat dari telur, gula, santan, dan dimasak dengan daun pandan.

Untuk minumnya, kaya toast paling enak disajikan dengan telur rebus dan secangkir kopi susu hangat. Tapi kalau kamu tidak terlalu suka minum kopi, kamu bisa memesan teh hangat sebagai gantinya.

7. Nasi Lemak

Awas Ngiler, 7 Street Food Paling Enak di Singapura, Yuk Coba!instagram.com/spicenpans

Bukan hanya makanan dari daratan Cina yang populer di Singapura, makanan Melayu juga bisa dengan mudah kamu temukan. Salah satu yang jadi favorit adalah hidangan nasi lemak. Berbeda dengan nasi biasa, nasi pada nasi lemak adalah beras yang dimasak dengan santan sehingga rasanya jadi lebih gurih.

Untuk lauknya, nasi lemak dihidangkan dengan sayap ayam goreng, ikan bilis, bumbu ikan bakar, sambal, kacang goreng, telur, dan irisan mentimun segar. Selain enak, makanan satu ini jelas bikin kamu kenyang dan cocok dijadikan menu makan siang.

Mencicipi street food di negara asing memang enggak akan pernah salah. Meski begitu, khusus untuk traveler muslim pastikan kamu hati-hati dalam memilih menu ya!

Baca Juga: 10 Wahana Universal Studio Singapore yang Aman Dinikmati Balita

Lia Photo Verified Writer Lia

instagram.com/sayalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You