Comscore Tracker

5 Tempat Makan Rujak Cingur Enak di Surabaya, Bumbunya Medok! 

Isiannya pun melimpah banget

Jalan-jalan ke Surabaya rasanya gak afdal kalau kamu gak mencicipi aneka kuliner khasnya. Tenang, gak kalah dari kota-kota lain di Indonesia, Surabaya juga punya segudang kuliner nikmat. Salah satunya adalah rujak cingur.

Rujak cingur terbuat dari potongan cingur atau bagian hidung sapi, tahu, tempe, mentimun, dan lontong. Bahan-bahan ini kemudian disiram dengan sambal petis dan bumbu kacang yang nikmat.

Di Surabaya, rujak cingur bisa ditemukan dengan mudah. Namun, biar kamu gak bingung mau makan di mana, berikut rekomendasi tempat makan rujak cingur enak di Surabaya yang wajib kamu cicipi.

1. Rujak Cingur Joko Dolog

5 Tempat Makan Rujak Cingur Enak di Surabaya, Bumbunya Medok! gambar rujak cingur Joko Dolog (instagram.com/surabayafoodies)

Jangan mengaku arek Suroboyo kalau kamu belum pernah mencicipi Rujak Cingur Joko Dolog. Dulunya, warung rujak cingur ini berlokasi di Embong Sawo sebelum akhirnya pindah ke lokasi yang sekarang.

Kabar baiknya, meski lokasinya sudah pindah, rasa rujak cingur di sini tetap sama nikmatnya. Seporsi rujak cingur berisi daging cingur, sayur, dan potongan buah disiram dengan bumbu kacang dan petis. Mengingat rujak cingur ini punya banyak penggemar, kamu harus datang lebih awal supaya gak kehabisan.

Lokasi: Jalan Taman Apsari, Embong Kaliasin, Genteng, Surabaya, Jawa Timur

Jam operasional: Senin sampai Sabtu pukul 10.00-16.00 WIB

Harga: Rp25 ribu

2. Rujak Cingur Sedati Bu Aini

5 Tempat Makan Rujak Cingur Enak di Surabaya, Bumbunya Medok! gambar rujak cingur Sedati Bu Aini (instagram.com/mykindafoods)

Sebenarnya, tempat makan ini menjual aneka makanan, tapi menu yang paling populer adalah rujak cingur. Salah satu keunikan dari Rujak Cingur Sedati Bu Aini adalah petisnya. Kalau warung lain hanya menambahkan satu jenis petis, warung Bu Aini menambahkan tujuh jenis petis buatan sendiri ke dalam seporsi rujak cingur.

Potongan cingurnya juga empuk dan porsinya banyak. Asiknya, harganya murah dan gak bikin dompet kamu kering. 

Lokasi: Jalan Raya Sedati Gede Nomor 66, Kecamatan Sedati, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur

Jam operasional: setiap hari pukul 07.00-21.00 WIB

Harga: Rp25-30 ribu

3. Rujak Cingur Achmad Jais

5 Tempat Makan Rujak Cingur Enak di Surabaya, Bumbunya Medok! gambar rujak cingur Achmad Jais (instagram.com/grabfoodid)

Rujak Cingur Achmad Jais merupakan kuliner legendaris di Surabaya. Berdiri sejak 1970, rujak cingur di sini dijamin beda dari tempat lain. Pertama, cingur sapi yang disajikan bersih dengan tekstur yang pas. 

Selain itu, kalau bumbu rujak cingur lain menggunakan kacang tanah, bumbu Rujak Cingur Achmad Jais justru terbuat dari kacang mede yang gurih. Untuk seporsi rujak cingurnya terdiri dari potongan cingur, buah dan sayuran, lontong, dan bumbu petisnya. 

Lokasi: Jalan Achmad Jais Nomor 40, Kecamatan Genteng, Surabaya, Jawa Timur

Jam operasional: Sabtu sampai Kamis pukul 12.00-17.00 WIB

Harga: Rp70 ribu

Baca Juga: 5 Tempat Makan Rujak Soto di Banyuwangi, Recommended Buat Dicoba

4. Rujak Cingur Genteng Durasim

5 Tempat Makan Rujak Cingur Enak di Surabaya, Bumbunya Medok! gambar rujak cingur Genteng Durasim (instagram.com/eattemptationsby)

Lebih legendaris dari Rujak Cingur Achmad Jais, Rujak Cingur Genteng Durasim sudah ada sejak 1943. Hebatnya, cita rasa rujak cingur di tempat ini tetap sama enaknya seperti saat pertama kali buka. 

Seporsi rujak cingur terdiri dari potongan tempe, tahu, sayuran, lontong, potongan cingur, dan bumbu yang lebih kental. Untuk urusan rasa, kamu gak perlu ragu lagi. Buktinya, rujak cingur mereka bisa bertahan selama 79 tahun lamanya.

Lokasi: Jalan Genteng Durasim Nomor 29, Kecamatan Genteng, Surabaya, Jawa Timur

Jam operasional: setiap hari pukul 11.00-17.00 WIB

Harga: Rp25-35 ribu

5. Rujak Cingur Delta

5 Tempat Makan Rujak Cingur Enak di Surabaya, Bumbunya Medok! gambar rujak cingur Delta (instagram.com/surabayafoodies)

Terakhir ada Rujak Cingur Delta yang juga jadi favorit arek-arek Suroboyo. Salah satu hal yang istimewa dari rujak cingur di sini adalah penambahan mi kuning di setiap porsinya. 

Belum lagi cingur yang empuk, bumbu petis, dan kacangnya yang kental bikin banyak orang ketagihan buat makan lagi di sini. Porsinya juga banyak, dijamin bakal kenyang!

Lokasi: Jalan Embong Kemiri Nomor 46D, Embong Kaliasin, Surabaya, Jawa Timur

Jam operasional: setiap hari pukul 09.00-21.00 WIB

Harga: Rp 34 ribu

Tempat rujak cingur ini sudah gak perlu lagi diragukan rasanya. Sekarang, giliran kamu mau makan rujak cingur di mana, atau jangan-jangan kamu mau cobain semuanya, nih? Jangan lupa cicipi rujak cingur saat liburan ke Surabaya, ya!

Baca Juga: 12 Jenis Rujak Khas Indonesia, Semuanya Unik dan Pasti Nikmat

Siti Marliah Photo Verified Writer Siti Marliah

Find me on 📷 : instagram.com/sayalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya