Comscore Tracker

Selain Tempe, Ini Ragam Makanan Fermentasi dari Kedelai yang Lezat

#MasakItuGampang Udah nyoba produk fermentasi kedelai yang mana aja nih?

Kedelai merupakan bahan pangan yang banyak digunakan dalam membuat berbagai macam olahan pangan mulai dari minuman, snack hingga bahan utama dalam pembuatan produk fermentasi.

Salah satu produk fermentasi dari kedelai yang paling populer di Indonesia adalah tempe. Padahal ada produk fermentasi dari kedelai lainnya yang juga banyak dikonsumsi selain tempe.

Berikut adalah 5 makanan produk fermentasi yang berasal dari kedelai.

1. Kecap

Selain Tempe, Ini Ragam Makanan Fermentasi dari Kedelai yang Lezatagolf.xyz

Kecap adalah salah satu produk fermentasi yang bahan baku utamanya berasal dari kedelai. Kecap berbentuk cairan berwarna cokelat yang biasanya digunakan oleh masyarakat di Indonesia sebagai bumbu penambah rasa.

Mikroorganisme yang berperan dalam proses fermentasi kedelai menjadi kecap adalah jamur Aspergillus wentii dan Aspergillus oryzae. Kedua jamur tersebut akan memecah protein dan gula yang terdapat dalam kedelai sehingga tercipta warna, rasa dan aroma yang khas dari kecap.

2. Oncom

Selain Tempe, Ini Ragam Makanan Fermentasi dari Kedelai yang Lezatagrotekno.net

Oncom adalah satu kekayaan kuliner Indonesia yang banyak ditemui di daerah Jawa Barat. Saat ini oncom tidak hanya dimasak untuk lauk tapi juga telah dikembangkan sebagai makanan ringan kekinian.

Oncom memiliki ciri khas berwana orange dan hitam pada permukaanya. Bahan utama pembuatan oncom bisa berasal dari ampas misalnya saja ampas tahu.

Dalam proses fermentasi pembuatan oncom dibantu oleh Rhizophus oligosporus.

3. Tauco

Selain Tempe, Ini Ragam Makanan Fermentasi dari Kedelai yang Lezatresepkoki.id

Tauco merupakan produk fermentasi kedelai yang biasanya digunakan sebagai bumbu untuk sebuah masakan. Tauco memiliki kandungan gizi seperti protein, asam amino essensial, dan juga asam lemak essensial.

Sama dengan pembuatan kecap, pembuatan tauco juga dibantu oleh jamur Aspergillus wentii dan Aspergillus oryzae atau Neurospora sithopila.

4. Miso

Selain Tempe, Ini Ragam Makanan Fermentasi dari Kedelai yang Lezatsorgentenatura.it

Miso merupakan produk fermentasi kedelai yang berasal dari Jepang yang berbentuk pasta. Miso biasanya ditambahkan dalam beberapa makanan Jepang seperti sup, salad, dan masakan lainnya.

Kandugan gizi yang terdapat dalam miso seperti vitamin B, K, E, dan asam folat. Mikroorganisme yang berperan dalam pembuatan miso adalah Rhizophus oryzae. Konsumsi miso sangat baik untuk kesehatan usus.

lia faiqotul muniroh Photo Community Writer lia faiqotul muniroh

Kreatif, Inovatif, Mandiri, Menyenangkan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You