Comscore Tracker

Nasi Kentut, Kuliner Unik Asal Medan yang Banyak Khasiatnya

Wah, kayak apa ya rasanya kentut?

Nah loh! Memang agak geli jika mendengar namanya pertama kali. Well, kata kentut dalam sajian makanan pasti akan banyak yang beranggapan negatif. Apakah nasinya bisa kentut? Atau nasi tersebut terbuat dari kentut? Meski namanya gak banget, makanan Nasi Kentut ini sudah menjadi makanan favorit masyarakat Medan.

Wah kayak apa ya rasanya? Ada yang sudah pernah coba?

Sebelumnya, kita bahas dulu tentang daun kentut yang menjadi cikal bakal nama 'Nasi Kentut'

Nasi Kentut, Kuliner Unik Asal Medan yang Banyak Khasiatnyainfoherbalis.com

Dilansir dari wikipedia nama lain daun kentut yaitu sembukan atau dalam bahasa latin bernama Paederia foetida. Tanaman ini merupakan tanaman liar di alam terbuka seperti semak belukar. Di sebut daun kentut karena memang memiliki aroma yang tidak sedap mirip seperti bau kentut manusia. 

Selain itu, daun kentut juga berkhasiat menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Khasiat yang paling terkenal adalah bisa mengobati sariawan, sakit lambung, mengatasi perut kembung. Daun kentut bisa dijadikan lalapan & sayur. Jadi, gimana sehat bukan makan sajian dari daun kentut? Salah satunya seperti Nasi Kentut khas kota Medan ini.

Umumnya Nasi Kentut disajikan dengan berbagai macam lauk pauk, seperti ikan teri, pepes oncom, ayam goreng, dan lainnya.

Nasi Kentut, Kuliner Unik Asal Medan yang Banyak Khasiatnyabreaktime.co.id

Rasa uniknya berada pada proses pembuatan nasinya, nasi pulen yang dimasak dengan daun kentut, ditambah bumbu rempah-rempah yang gurih dibungkus dengan balutan daun pisang yang membuat aromanya sangat menggoda. Lebih mantap lagi jika ditambahkan dengan sambal terasi atau sambel ijo. 

Harga seporsi nasi kentut berkisar antara Rp 5 ribu hingga Rp 15 ribu.

Nasi Kentut, Kuliner Unik Asal Medan yang Banyak Khasiatnyainstagram.com/kenapasambal

Sangat terjangkau sekali. Jika kamu ke Medan makanan satu ini wajib di coba, karena enak & gurih!

Gimana, tertarik untuk mencicipi Nasi Kentut khas Medan ini? 

Lisa Deslina Photo Community Writer Lisa Deslina

deslinalisa.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Yogie Fadila
  • Ernia Karina

Just For You