Comscore Tracker

9 Kuliner Legendaris Tegal yang Patut Dicoba, Bikin Lapar Semua!

Wajib banget pokoknya nyobain kuliner Tegal!

Kota Tegal terkenal dengan julukannya sebagai Kota Warteg dan Kota Bahari, jadi tidak heran bila Tegal dikatakan sebagai tempatnya berburu wisata kuliner dari Jawa Tengah. Lokasinya yang strategis masuk dalam jalur mudik Pantura menjadikan Tegal sebagai tempat persinggahan untuk beristirahat dan berburu kuliner.

Yang menjadikannya istimewa, kuliner Tegal memiliki cita rasa yang berbeda dari masakan Jawa pada umumnya. Berikut 9 kuliner legendaris khas Tegal yang patut dicoba, dijamin ketagihan.

1. Es Lontrong Slawi

9 Kuliner Legendaris Tegal yang Patut Dicoba, Bikin Lapar Semua!ilustrasi es lontrong slawi (instagram.com/sebataskabar)

Es Lontrong Slawi ini beralamat di Jl. Letjen Suprapto No 26 Slawi, Slawi Wetan, Kec. Slawi, Tegal. Pas banget buat pelepas dahaga dan penunda lapar hanya dengan uang sebesar Rp4000 sudah bisa melegakan tenggorokan.

2. Kupat Blengong Minato

9 Kuliner Legendaris Tegal yang Patut Dicoba, Bikin Lapar Semua!ilustrasi kupat blengong minato (instagram.com/novianrd)

Kupat Blengong Minato beralamat di Kraton, Kec. Tegal Barat, Tegal. Harganya sebesar Rp23.000 per porsinya. Pas ngambil satenya, jangan lupa dicelupin dulu ke kuah bumbunya, ya. Level kelezatannya langsung naik drastis!

3. Sate Kambing Wendy's

9 Kuliner Legendaris Tegal yang Patut Dicoba, Bikin Lapar Semua!ilustrasi sate kambing wendy's (instagram.com/harbrianto)

Sate Kambing Wendy's Ini beralamat di Jl. Letjen Suprapto Griya Mejasem Baru 4 No 59, Kraton, Kec Tegal Barat, Tegal. Harganya berkisar Rp50.000 per porsinya. Dagingnya empuk banget! Patut dan kudu coba kalau lagi mampir ke Tegal. Sate ini disajikan dengan hotplate jadi bakal tetep hangat terus.

4. Kupat Glabed Randugunting

9 Kuliner Legendaris Tegal yang Patut Dicoba, Bikin Lapar Semua!ilustrasi kupat glabed randugunting (instagram.com/windareni

Kupat Glabed Randugunting ini beralamat di Jl. Randugunting, kec.Tegal Selatan, Tegal. Harganya sebesar Rp10.000 per porsinya. Menggunakan lontong kari dengan topping kerupuk mie, bawang goreng, dan disiram dengan kuah kuning kental ditambah dengan sate kerang yang di bumbui sambel goreng. Gak kebayang enaknya!

5. Sega Warsa

9 Kuliner Legendaris Tegal yang Patut Dicoba, Bikin Lapar Semua!ilustrasi sega warsa (instagram.com/gajul)

Sega Warsa ini beralamat di Jl.Kemuning No.1, Kejambon, Kec. Tegal Timur, Tegal. Harganya sekitar Rp5.000 per porsi. Menggunakan daun jati sebagai bungkus dan alas makan, menu yang hanya nasi sayur tempe, telor dadar, tempe goreng, dan teh hangat saja ini masih terasa nikmat dan lezat!

6. Warung makan Kepala Kambing "Bu Darti"

9 Kuliner Legendaris Tegal yang Patut Dicoba, Bikin Lapar Semua!ilustrasi kambing bu darti (instagram.com/ardanthree)

Warung makan ini berdiri di tahun 1950, beralamat di Jl. Pancasila No.1 Panggung, kec. Tegal Timur kota Tegal. Harganya sebesar Rp30.000 - 60.000 per porsinya. Menu yang tersedia tidak hanya kepala kambing saja, namun ada juga telinga kambing, lidah kambing, mata kambing, kaki kambing dan pepes otak kambing.

7. Soto Sedap Malem Pak Djenggot

9 Kuliner Legendaris Tegal yang Patut Dicoba, Bikin Lapar Semua!ilustrasi soto pak djenggot(instagram.com/tarakdudungdezh)

Beralamat di Jl. Raya Talang No.320, Rw 2, Wirantakan, Talang, Kec. Talang, Tegal. Harganya sebesar Rp20.000 per porsi. Keistimewaan dari Soto Sedap Malem Pak Djenggot ini adalah perpaduan antara soto dan tauco sehingga menghasilkan rasa yang begitu gurih dan kuahnya yang kental.

8. Warung Mie Bu Semplo

9 Kuliner Legendaris Tegal yang Patut Dicoba, Bikin Lapar Semua!ilustrasi warung mie bu semplo (instagram.com/tegalculinary)

Warung Mie Bu Semplo ini beralamat di Jl. Budimulya, Slawi Wetan, Kec, Slawi, Tegal. Harga sebesar Rp14.000 per porsinya. Memasaknya masih menggunakan anglo, menunya hampir sama dengan bakmie jawa seperti mie goreng, mie nyemek, mie rebus dan nasi goreng.

9. Teh Poci

9 Kuliner Legendaris Tegal yang Patut Dicoba, Bikin Lapar Semua!ilustrasi teh poci (instagram.com/yonikawiputri)

Harga nya sebesar Rp7.000-10.000 perporsinya. Beralamat di jalan Slerok, Kec. Tegal Tim., Kota Tegal. Teh Poci ini diseduh secara khas dalam poci dan cangkir dari tanah liat, istilah WASGITEL bagi teh poci sendiri merupakan singkatan dari wangi, panas, sepet, legi lan kentel yang artinya teh panas, manis, wangi beraroma melati dan berwarna hitam pekat.

Itulah 9 kuliner legendaris khas tegal yang patut dicoba. Jangan harap kamu menemukan di tempat lain. Cita rasa yang unik dari Tegal membuat lidah dijamin ketagihan, deh!

Baca Juga: 6 Resep Masakan Khas Tegal, Rasa Enaknya Bikin Diet Gagal

siti nurul luluul habibah Photo Verified Writer siti nurul luluul habibah

Fighting!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya