Comscore Tracker

9 Makanan Khas Jerman yang Cocok Disantap saat Musim Dingin

Mudah dibuat dan bikin hangat tubuh, cocok disantap saat hujan

Negara Jerman merupakan negara berbentuk federasi di Eropa Barat. Memiliki posisi ekonomi dan politik yang sangat penting di Eropa mauoun di dunia.

Negara ini memiliki makanan yang bervariasi, tergantung dari kawasannya. Salah satunya adalah kudapan khas Jerman yang cocok untuk disantap saat musim dingin. Aneka makanan ini bisa kamu adaptasikan di musim hujan, nih. Selain bervariasi, rasanya juga enak dan buatnya mudah. 

1. Pretzel

9 Makanan Khas Jerman yang Cocok Disantap saat Musim DinginBretzel (instagram.com/thesoftpeppers)

Makanan ini dibuat dari mustard, keju, gula, garam, soda, coklat, kayu manis, glasir manis, biji-bijian, dan kacang-kacangan. Pretzel saat ini hadir berbagai bentuk, tidak hanya berbentuk simpul saja.

Nama Jerman 'Brezel' yang berasal dari bahasa latin bracellus (istilah abad pertengahan untuk gelang), atau bracchiola (lengan kecil). Pretzel telah digunakan sebagai lambang pembuat roti.

2. Eintopf

9 Makanan Khas Jerman yang Cocok Disantap saat Musim DinginEintopf (instagram.com/fashion_natli)

Makanan ini dibuat dengan cara direbus, jadi rasanya hangat. Hidangan ini terbuat dari daging sapi, kentang, wortel, sayuran dan kaldu sayur.

Kata Eintopf berasal dari dua suku kata yaitu "ein" (satu) dan "topi" (kuali) merujuk pada cara pembuatan masakan ini yang menggunakan satu buah kuali. Makanan ini juga disebut dengan 'lobak Jerman'.

3. Lebkuchen

9 Makanan Khas Jerman yang Cocok Disantap saat Musim Dinginlebkuchen (instagram.com/snaps.from.lina)

Lebkuchen atau roti jahe adalah jenis kue tradisional khas Jerman. Roti ini dibuat dari adonan tepung dengan madu, telor, hazelnut, walnut, badam, manisan jeruk, potongan lemon, pimento, dan ketumbar.

Kue ini adalah kue Natal tradisional Jerman yang memiliki rasa seperti roti jahe dengan tekstur lembut dan kenyal. Walaupun roti jahe telah dihasilkan di Eropa selama berabad-abad, namun Jerman menjadi negara yang mempunyai sejarah terlama dalam tradisi membuatnya.

4. Sauerkraut

9 Makanan Khas Jerman yang Cocok Disantap saat Musim Dinginsauerkraut (instagram.com/flyingfoodie.nl)

Sauerkraut adalah makanan khas Jerman yang terbuat dari kubis yang diiris halus dan difermentasi oleh berbagai bakteri asam laktat. Makanan ini dapat bertahan lama dan memiliki rasa yang cukup asam.

Hidangan ini biasanya disajikan sebagai pelengkap makanan atau isian roti lapis. Selain itu, makanan ini juga bisa menyehatkan sistem pencernaan.

5. Kartoffelpuffer

9 Makanan Khas Jerman yang Cocok Disantap saat Musim Dinginkartofelpuffer (instagram.com/malteskitchen)

Kartoffelpuffer adalah sejenis kue dadar kentang yang terbuat dari kentang, tepung dan telur. Biasanya makanan ini didampingi dengan krim asam, keju cottage, saus apel dan gula.

Kartoffelpuffer juga dikenal sebagai Reibekuchen, Reibeplatzchen, Reiberdatschi dan Grumbeerpannekuche, tergantung pada wilayah Jerman. Makanan ini menjadi hidangan favorit untuk disajikan di rumah, khususnya musim dingin.

Baca Juga: 5 Kue Kering Khas Kroasia, Camilan Teman Minum Teh yang Nikmat

6. Gulaschsuppe

9 Makanan Khas Jerman yang Cocok Disantap saat Musim Dingingulaschsuppe (instagram.com/dennsbiomarkt_at)

Makanan ini sejenis sup atau rebusan daging sapi dan ditambahkan sayuran-sayuran dengan paprika dan bumbu-bumbu lainnya. Biasanya didampingi dengan roti putih dan bir. 

Sup ini ideal untuk musim dingin. Daging yang digunakan biasanya menggunakan sapi dan babi. Biasanya daging yang digunakan ini dicincang agak besar.

7. Bienenstich

9 Makanan Khas Jerman yang Cocok Disantap saat Musim Dinginbienenstich (instagram.com/lenis_backstube)

Makanan ini sejenis kue yang terbuat dari Hafeteig (adonan ragi manis) yang diisi dengan custard (campuran krim) vanila dan dilapisi madu serta taburan kacang almond yang manis sekaligus renyah. Nama Bienenstich diambil dari bahan madu yang melapisinya.

Kue tradisional ini memiliki dua lapis kue ragi, isian krim vanila dan topping almond madu yang lengket serta renyah. Biasanya kue ini didampingi dengan secangkir kopi, teh, dan anggur.

8. Bratwurst

9 Makanan Khas Jerman yang Cocok Disantap saat Musim Dinginbratwurst (instagram.com/cookingandbbq_with_tina)

Bratwurst adalah salah satu sosis khas Jerman yang terkenal lezat. Biasanya sosis ini menggunakan daging sapi muda tapi lebih sering digunakan daging babi.

Campuran bumbu dari Bratwurst adalah berbagai rempah-rempah termasuk jahe, pala dan ketumbar. Orang Jerman biasanya menyantap dengan roti, sayuran serta saus dan mayonais.

9. Apfelstrudel

9 Makanan Khas Jerman yang Cocok Disantap saat Musim Dinginapfelstrudel (instagram.com/lady_dyn_kitchen)

Apfelstruder dibuat dari kulit berbahan dasar tepung terigu yang di dalamnya berisi campuran remah roti manis dan kismis. Cita rasa kayu manis yang kuat menjadi ciri khas dari makanan ini.

Makanan ini biasanya disajikan dengan krim dan vanilla custard, ditemani dengan secangkir espreso. Selain apel yang paling sering dijumpai, dapat dijumpai juga keju krim, buah beri, kentang dan bayam.

Kalian tertarik mencoba? Semoga artikel ini menambah pengetahuan kuliner kalian, ya. Jangan lupa dicicipi saat musim hujan datang, nih. Cocok banget untuk menghangatkan tubuh. 

Baca Juga: 5 Ide Camilan dari Kabocha, Labu Musim Dingin Tak Kalah Manis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya