Comscore Tracker

9 Kuliner Khas Samarinda yang Lezatnya Bikin Kamu Ngiler!

Makanan Samarinda memiliki cita rasa tersendiri yang khas

Kota Samarinda merupakan ibu kota dari provinsi Kalimantan Timur, kota ini juga menjadi kota dengan penduduk terbesar di seluruh Pulau Kalimantan.

Bagi kalian yang sedang berkunjung di Kota Samarinda ini wajib banget mengunjungi kuliner khasnya. Beragam kuliner khas Samarinda ini memiliki cita rasa yang beragam mulai dari rasa pedas, manis, asam dan tentunya masih banyak lagi.

Dari sekian banyak kuliner khas Samarinda, berikut sembilan kuliner khas Samarinda yang bikin kamu ngiler. Yuk, simak bareng-bareng!

1. Ayam cincane

9 Kuliner Khas Samarinda yang Lezatnya Bikin Kamu Ngiler!ilustrasi ayam cincane (instagram.com/food_choice2016)

Harga mulai dari Rp20.000, lokasinya di Jl.KS Tubun no 45 Samarinda Ulu, Kota Samarinda. Ayam cincane ini biasanya menggunakan ayam kampung dengan perpaduan bumbu antara kemiri, jahe dan lengkuas sehingga menghasilkan rasa yang sangat lezat.

2. Soto banjar

9 Kuliner Khas Samarinda yang Lezatnya Bikin Kamu Ngiler!ilustrasi soto banjar (instagram.com/deviirwantari)

Harga seporsinya sebesar Rp28.000, beralamat di Jl. Kadrie Oening No. 99 Air Hitam, Kec Samarinda Ulu, Kota Samarinda. Soto banjar ini terdiri dari ayam kampung suwir, telor, telur, sohun, perkedel dan kuah kental yang segar.

3. Nasi kuning

9 Kuliner Khas Samarinda yang Lezatnya Bikin Kamu Ngiler!ilustrasi nasi kuning (twitter.com/RudyantoAW)

Harganya sekitar Rp20.000. Lokasinya di Jl. Lambung Mangkurat, Pelita, Kec Samarinda Utara. Nasi kuning ini sama dengan nasi kuning umumnya namun yang berbeda adalah ada tambahan ikan gabus berbumbu merah yang terkenal di Samarinda.

4. Gence ruan

9 Kuliner Khas Samarinda yang Lezatnya Bikin Kamu Ngiler!ilustrasi gence ruan (instagram.com/resepnenek.smd)

Harganya sekitar Rp30.000, beralamat di Jl. Kadrie Oening No. 100 Samarinda, Kalimantan Timur. Makanan ini terbuat dari ikan gabus atau ikan haruan yang dibakar dengan disiram sambal khas Samarinda, dan biasanya ada rasa pedas, asam, dan manis yang cukup dominan.

Baca Juga: 9 Pilihan Kuliner Khas Samarinda Ini Bikin Kamu Merem Melek!

5. Sate payau

9 Kuliner Khas Samarinda yang Lezatnya Bikin Kamu Ngiler!ilustrasi sate payau (instagram.com/witatourdenpasar)

Harga mulai dari Rp30.000, Lokasinya di Jl.P Suryanata No 99 Air Putih, Samarinda Ulu, Kalimantan Timur. Sate payau ini merupakan satai yang terbuat dari daging rusa namun ada juga dari daging sapi, kambing dan bekicot. Sate payau ini sama seperti satai pada umumnya yang menggunakan saus bumbu kacang.

6. Sayur asam kutai

9 Kuliner Khas Samarinda yang Lezatnya Bikin Kamu Ngiler!ilustrasi sayur asam kutai(instagram.com/limaukuit)

Harganya mulai dari Rp15.000, lokasinya dapat ditemukan di Jl. M Said, Sungai Kunjang Samarinda. Sayur asam kutai ini berbeda dari sayur asam biasanya karena ada tambahan ikan gabus dalam masakan, kemudian diolah dengan kangkung, talas dan jantung pisau batu. Rasanya sendiri sangat segar dan kaldu ikan gabus sendiri memiliki rasa yang kuat.

7. Nasi bakepor

9 Kuliner Khas Samarinda yang Lezatnya Bikin Kamu Ngiler!ilustrasi nasi bakepor (instagram.com/radio_inamahmudi)

Harganya sekitar Rp30.000, beralamat di Jl. M Said, Sungai Kunjang, Samarinda. Hidangan ini terdiri dari nasi putih, lauk pauk seperti ikan asin, sayuran, minyak sayur, dan taburan rempah serta sambal raja khas Kalimantan Timur. Nasi bakepor tidak disajikan di atas piring, tapi disajikan dengan alas daun pisang

8. Rujak singkil

9 Kuliner Khas Samarinda yang Lezatnya Bikin Kamu Ngiler!ilustrasi rujak singkil (instagram.com/dapur_ketika)

Harganya mulai dari Rp10.000, Lokasinya di Jl. M Said, Sungai Kunjang, Samarinda. Makanan ini berisi dari daun singkil dan ikan gabus yang diolah bersama santan kelapa dan rempah lainnya dan biasanya disantap dengan sambal pedas dan nasi hangat.

9. Kue bingka kentang

9 Kuliner Khas Samarinda yang Lezatnya Bikin Kamu Ngiler!ilustrasi kue bingka kentang (instagram.com/choipanaline)

Harga mulai dari Rp2.000, kue ini banyak ditemukan di pasar-pasar tradisional Samarinda. Makanan ini terbuat dari kentang sebagai bahan pokok, kemudian dicampur dengan bahan lainnya seperti tepung, telor, santan, gula, perisa dan bumbu lainnya. Kue ini memiliki rasa manis, gurih, dan lembut di mulut.

Tak lengkap jika tak mencicipi kuliner khas Samarinda ini yang memiliki kaya akan cita rasa. Kuliner mana nih yang pengin kamu coba? Yang jelas, semua makanan khas Samarinda memiliki cita rasa tersendiri yang khas. Semoga bermanfaat bagi yang membacanya.

Baca Juga: 7 Resep Kreasi Bingka, Kudapan Khas Banjar yang Rasanya Manis Gurih

nadini mayasruni Photo Writer nadini mayasruni

Fighting!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya