Comscore Tracker

9 Makanan Khas Finlandia yang Cocok Dinikmati dengan Kopi, Lezat!

Dari tampilannya saja sudah bikin ngiler

Finlandia adalah negara di Eropa Utara yang menjadi anggota dari Uni Eropa. Sebagai negara paling bahagia di dunia, ada beberapa makanan khas yang tak kalah populer dibanding negara Eropa lainnya di sini.

Makanan khas Finlandia memiliki kemiripan dengan makanan Skandinavia. Dalam hidangan negara ini, kehadiran roti merupakan hal wajib di atas meja, apalagi ditambah secangkir kopi bakal terasa semakin nikmat.

Dari tampilannya sudah bikin ngiler, berikut sembilan makanan khas Finlandia yang cocok disantap saat minum kopi.

1. Munkki

9 Makanan Khas Finlandia yang Cocok Dinikmati dengan Kopi, Lezat!munkki (instagram.com/selmasbakery)

Munkki terbuat dari tepung terigu, gula, telur, dan mentega. Donat ini biasanya dibentuk bulat yang dilengkapi dengan isian manis dan buah. Selain itu, ada pula berbentuk cincin tebal yang digulung dengan gula halus.

Sekilas tidak ada perbedaan antara munkki dengan kue donat pada umumnya. Namun dibanding donat jenis lain, kudapan manis ini memiliki tekstur lebih padat dan moist.

2. Karjalanpiirakat

9 Makanan Khas Finlandia yang Cocok Dinikmati dengan Kopi, Lezat!karjalanpiirakat (instagram.com/maallalehti)

Karjalanpiirakat terbuat dari tepung terigu, beras, kentang dan mentega. Versi yang paling terkenal biasanya memiliki kulit gandum tipis dengan isian nasi.

Kentang tumbuk dengan isian nasi dan wortel juga tersedia. Ada pula yang sering dicampur telur rebus cincang dan dioleskan di atas pastri panas sebelum dimakan.

3. Rieska

9 Makanan Khas Finlandia yang Cocok Dinikmati dengan Kopi, Lezat!rieska (instagram.com/ruokajakoti)

Rieska merupakan roti pipih tidak beragi khas Finlandia. Makanan sederhana mengandung tepung, garam, dan air ini mempunyai tingkat ketebalan yang berbeda.

Biasanya, roti ini diolesi mentega atau selai, kemudian disajikan hangat. Bisa pula diberi mentega dan dikonsumsi dengan susu. Roti ini dipanggang dalam oven, namun bisa juga dipanggang di atas wajan.

4. Leipäjuusto

9 Makanan Khas Finlandia yang Cocok Dinikmati dengan Kopi, Lezat!leipajuusto (instagram.com/_riik_kis_)

Makanan sejenis keju ini dibuat menggunakan susu sapi, kambing, atau susu rusa. Nama dari keju ini memiliki arti "roti keju" karena proses pembuatannya mengalami pemanggangan, seperti halnya roti panggang.

Leipäjuusto ini dapat dimakan hangat atau dingin, lalu disajikan sebagai lauk dengan kopi atau cloudberry. Umumnya, keju dihidangkan sebagai makanan penutup yang disandingkan dengan krim atau selai.

Baca Juga: 5 Varian Dessert Berbahan Almond dari Penjuru Eropa yang Rasanya Legit

5. Korvapuusti

9 Makanan Khas Finlandia yang Cocok Dinikmati dengan Kopi, Lezat!korvapuusti (instagram.com/perinneruokaaprkl)

Korvapuusti adalah roti kayu manis dengan gula mutiara dan menggunakan kapulaga di atasnya. Roti kayu manis ini cocok dinikmati dengan secangkir kopi.

Kebanyakan orang Finlandia lebih mengonsumsi kopi dibandingkan dengan negara Eropa lainnya yang lebih menyukai teh. Saat dimakan, sepotong korvapuusti terasa manis, sehingga membuatmu gak bakal berhenti mengunyah.

6. Ruisleipä

9 Makanan Khas Finlandia yang Cocok Dinikmati dengan Kopi, Lezat!ruisleipa (instagram.com/jotainmaukasta)

Ruisleipä merupakan roti gandum hitam yang terbuat dari adonan asam. Roti gandum ini bertekstur padat, berat, dan rata.

Kue ini biasanya dimakan saat sarapan dengan olesan kayu, mentega, maupun olesan lainnya. Terkadang dinikmati dengan sup saat makan siang atau sebagai camilan malam.

7. Tippaleipa

9 Makanan Khas Finlandia yang Cocok Dinikmati dengan Kopi, Lezat!tippaleipa (instagram.com/aslaugsbakery)

Kue corong tradisional khas Finlandia itu disiapkan dengan adonan telur tipis yang digoreng dalam minyak. Hasilnya berbentuk suguhan cokelat keemasan berbentuk tidak beraturan.

Tippaleipa ini biasanya dikaitkan dengan vappu atau liburan May Day tahunan yang dirayakan di seluruh Finlandia. Selain itu, kue ini sering dinikmati bersama sima mead yang dibumbui.

8. Laskiaispulla

9 Makanan Khas Finlandia yang Cocok Dinikmati dengan Kopi, Lezat!laskiaispulla (instagram.com/siljamariia)

Laskiaispulla adalah roti manis tradisional dibuat dalam berbagai bentuk. Roti ini berbumbu kapulaga dengan bagian atasnya dipotong.

Kemudian, kue diisi dengan campuran susu dan pasta almond. Bagian atas yang dipotong berfungsi sebagai penutup dan ditaburi gula bubuk. Roti ini sering dimakan dengan kopi atau teh hangat.

9. Runebergintorttu

9 Makanan Khas Finlandia yang Cocok Dinikmati dengan Kopi, Lezat!runebergintorttu (instagram.com/erikasfikastund)

Makanan sejenis kue kering ini memiliki rasa almond dan dihiasi selai raspberry serta lapisan gula. Kue ini terbuat dari tepung terigu, telur, bubuk almond, baking powder, dan mentega.

Kue ini berciri khas warna cokelat dengan tampilan menggoda. Teksturnya renyah dan empuk karena diolah dari remahan kue  dan beberapa bahan pembuatan kue lainnya.

Itulah beberapa makanan khas Finlandia yang cocok disantap saat minum kopi. Rasanya sudah pasti lezat dan mengguggah selera. Jadi, makanan nomor berapa yang paling bikin ngiler, nih?

Baca Juga: 5 Sosis Khas Finlandia yang Bisa Dikombinasikan dengan Beragam Menu

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya