Comscore Tracker

Kangen Kampung Halaman, 5 Hidangan Khas Lebaran yang Wajib Ada!

Belum lengkap jika Hari Lebaran tanpa hidangan ini!

Hari Raya Idul Fitri sudah dekat! Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran merupakan hari kemenangan bagi seluruh umat Muslim di seluruh dunia, yang harus kita sambut dengan penuh suka cita. Pasti kamu selalu merindukan momen spesial lebaran setiap tahunnya kan! 

Suasana kumpul keluarga yang melekat saat Lebaran menjadi ajang silaturahmi dan saling memaafkan, serta pastinya ditemani hidangan khas Hari Lebaran. Hidangan lezat khas Hari Lebaran ini dibuat dengan bahan-bahan yang mudah untuk kita dapatkan di pasar. Apa saja hidangan khas tersebut? Penasaran? Berikut ini hidangan ciri khas Hari Lebaran yang wajib ada.

1. Ketupat

Kangen Kampung Halaman, 5 Hidangan Khas Lebaran yang Wajib Ada!ketupat (instagram.com/masak_enakkkks)

Penganan yang satu ini menjadi ikon dan dekorasi di perayaan Idul Fitri. Rasanya tidak lengkap jika momen lebaran tidak ditemani ketupat, karena merupakan sumber karbohidrat yang wajib ada saat Hari Lebaran.

Ketupat terbuat dari beras yang dibungkus ke dalam daun kelapa yang sudah dibentuk sebelumnya, lalu dimasak menjadi nasi yang padat. Penganan ini biasanya disantap dengan sayur, opor dan gulai. Rasanya belum lebaran kalau tidak ada ketupat ya!

2. Lemang

Kangen Kampung Halaman, 5 Hidangan Khas Lebaran yang Wajib Ada!Lemang (instagram.com/makanmana)

Pengganti ketupat yang satu ini merupakan penganan khas dari wilayah Sumatra dan Kalimantan. Bentuknya yang mirip seperti lontong tak kalah lezat dengan ketupat jika disajikan bersama hidangan lain. 

Lemang dibuat dari beras ketan dan santan yang dibungkus daun pisang lalu dimasukkan ke dalam bambu untuk dibakar sampai matang. Penganan ini sungguh nikmat disajikan bersama rendang dan opor. Sangat legit rasanya!

Baca Juga: 10 Hal Bikin Nostalgia Puasa dan Lebaran Masa Kecil Generasi 90-an

3. Rendang

Kangen Kampung Halaman, 5 Hidangan Khas Lebaran yang Wajib Ada!Rendang (instagram.com/hsing51020)

Rendang merupakan makanan khas asal Minangkabau yang kaya akan bumbu rempah-rempah. Makanan khas satu ini mempunyai penggemar setia yang tersebar di seluruh Indonesia.

Rendang dibuat dari daging sapi yang di olah dengan berbagai rempah-rempah sehingga membuat cita rasanya lezat dan gurih. Bagi orang Sumatra Barat, belum lengkap Hari Lebaran kalau tidak ada rendang di meja makan. 

4. Opor ayam

Kangen Kampung Halaman, 5 Hidangan Khas Lebaran yang Wajib Ada!Opor Ayam (instagram.com/phnty)

Hidangan khas berkuah kuning yang satu ini pasti ada saat Hari Lebaran. Opor ayam dengan kuah santannya yang gurih tentu wajib disandingkan bersama ketupat ataupun lontong.

Terbuat dari daging ayam yang dipadukan dengan santan dan rempah-rempah pilihan ini memberikan kenikmatan luar biasa saat dimakan bersama keluarga di momen Hari Lebaran. Lezat tiada tara!

5. Sambel goreng kentang

Kangen Kampung Halaman, 5 Hidangan Khas Lebaran yang Wajib Ada!Sambal Goreng Kentang (instagram.com/caradiet.id)

Selain opor ayam dan rendang, belum lengkap rasanya kalau sambal goreng kentang tidak ikut tampil di meja hidangan. Sambal goreng kentanglah yang jadi pelengkap makan opor ayam lho!

Perpaduan antara kentang dan potongan hati sapi atau ayam yang dipotong dadu tipis, lalu dimasak dengan bumbu rempah-rempah yang otentik agar meresap sempurna dalam potongan hati. Sambal kentang tentu menambah kenikmatan rasa pedas di piringmu. Pedas gurih nih!

Momen Hari Lebaran selalu punya cerita menarik di dalam hati. Tidak ketinggalan beberapa hidangan khas di atas yang turut mewarnai dan menghidupkan suasana istimewa Hari Lebaran. Membayangkannya saja sudah bikin ngiler, bukan? Kamu pasti juga kangen akan hangatnya berkumpul keluarga sambil menikmati hidangan di atas!

Baca Juga: Resep Rempeyek Kacang yang Gurih dan Renyah untuk Sajian Lebaran 

Mardiansyah Saputra Photo Verified Writer Mardiansyah Saputra

Terima kasih sudah membaca artikel ini. Semoga bermanfaat! IG: Mard.Saputra

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya