Comscore Tracker

5 Rekomendasi Mie Ongklok, Kuliner Khas Wonosobo yang Unik Tapi Enak!

Sudah pernah cicipi belum?

Wonosobo adalah sebuah kecamatan di Jawa Tengah, yang merupakan ibukota dari kabupaten Wonosobo. Banyak orang yang mengenal Wonosobo karena pegunungan Dieng, yang indah dan berhawa sejuk.

Namun selain itu, ternyata Wonosobo punya satu kuliner unik yang wajib banget kamu cicipi kalau berkunjung ke sana. Namanya adalah Mie Ongklok. Kuliner mie yang satu ini berbeda dengan kuliner mie pada umumnya.

Dalam semangkuk Mie Ongklok, biasanya berisi sayuran, kol, potongan kucai, dan mie yang diguyur dengan kuah kental. Kuah Mie Ongklok terbuat dari ebi, tepung pati, gula jawa, dan bumbu lainnya. Selain itu, Mie Ongklok akan bertambah lezat dan nikmat rasanya dengan tambahan bumbu kacang serta taburan bawang goreng.

Inilah lima rekomendasi kedai Mie Ongklok yang bisa kamu kunjungi, kalau ingin mencicipi Mie Ongklok di Wonosobo.

1. Mie Ongklok Pak Muhadi

5 Rekomendasi Mie Ongklok, Kuliner Khas Wonosobo yang Unik Tapi Enak!pictame.com/user/asyahristani/4761954132

Kedai ini hanya menyajikan Mie Ongklok sebagai menu utamanya. Kedai Mie Ongklok Pak Muhadi termasuk kedai yang cukup besar, namun rapih dan ramai dikunjungi. Tempatnya berada di jalan utama, dan sangat mudah ditemukan. Seporsi Mie Ongklok di kedai ini dijual dengan harga Rp16 ribu, cukup murah dan ramah di kantong. Sambil menunggu pesanan Mie Ongklokmu datang, kamu bisa mencicipi tempe kemul yang tersedia di meja.

Alamat : Jalan Ahmad Yani No. 1, Wonosobo, Jawa Tengah.

2. Mie Ongklok Longkrang

5 Rekomendasi Mie Ongklok, Kuliner Khas Wonosobo yang Unik Tapi Enak!pictadesk.com/nikmatnya.kuliner

Pemilik kedai Mie Ongklok ini adalah pak Waluyo, dan kedai ini termasuk salah satu kedai Mie Ongklok Legendaris di Wonosobo. Tahun 1975 orangtua pak Waluyo mulai berjualan Mie Ongklok dengan cara keliling kampung. Setelah beberapa tahun kemudian, Mie Ongklok mereka semakin digemari dan mulailah mereka membuka kedai Mie Ongklok Longkrang ini. Lokasi kedai Mie Ongklok milik pak Waluyo ini, sekitar 800m ke arah utara dari pusat kota Wonosobo.

Alamat : Jl. Pasukan Ronggolawe No. 14, Longkrang, Wonosobo, Jawa Tengah.

Baca Juga: 3 Kuliner Khas Ini Lagi Hits di Wonosobo, Sudah Coba?

3. Mie Ongklok dan Sate Bu Umi

5 Rekomendasi Mie Ongklok, Kuliner Khas Wonosobo yang Unik Tapi Enak!pimerang.com/rosaabe/

Kedai Mie Ongklok ini termasuk salah satu kedai yang cukup ramai dikunjungi di Wonosobo. Di tempat ini kamu bisa menikmati seporsi Mie Ongklok dengan sate sapi yang nikmat. Uniknya bumbu kacang yang ada di sate sapi ini, mampu menambah kenikmatan kuah Mie Ongklok kalau dicampurkan. Kedai Mie Ongklok dan Sate Bu Umi, terletak kurang lebih 500 meter dari pusat kota Wonosobo.

Alamat : Jalan Masjid No.11 RT. 01 RW. 14, Kauman Utara, Wonosobo, Jawa Tengah.

4. Resto Ongklok

5 Rekomendasi Mie Ongklok, Kuliner Khas Wonosobo yang Unik Tapi Enak!instagram.com/makanpedia.id

Tempat makan Mie Ongklok yang satu ini berada di lokasi yang sangat strategis, yakni diantara Wonosobo ke arah pegunungan Dieng. Karena itu tidak heran kalau Resto Ongklok selalu ramai oleh pengunjung. Walaupun ramai kamu tidak perlu takut mengantri terlalu lama disana, karena Resto Ongklok memiliki tempat yang luas dan fasilitas yang cukup lengkap.

Alamat : Jalan Dieng, Kalianget, Wonosobo, Jawa Tengah.

5. Mie Ongklok dan Sate Pak Tris

5 Rekomendasi Mie Ongklok, Kuliner Khas Wonosobo yang Unik Tapi Enak!deskgram.net/kulinerwithme

Kedai mie ini cukup sederhana, namun ramai dikunjungi karena Mie Ongklok yang disajikan memiliki cita rasa yang lezat. Di kedai ini kamu bisa menikmati semangkok Mie Ongklok, dengan ditemani seporsi sate sapi yang tidak kalah lezat. Kedai mie ini buka hingga pukul 10.00 malam setiap harinya.

Alamat : Jl. Jenderal Ahmad Yani No.140, Ngepelan, Wonosobo, Jawa Tengah.

Nah gimana? Mie Ongklok kelihatannya lezat dan menggugah selera banget kan? Makanya kalau kamu berkunjung ke Wonosobo, jangan lupa untuk mencicipi kuliner khas yang satu ini ya.

Baca Juga: 7 Keindahan Alam Wonosobo yang Memanjakan Mata dan Menentramkan Jiwa

Ayana Story Photo Verified Writer Ayana Story

Mulai menulis di IDN Times sejak 2017 (kalo gak salah ingat hehehe...)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You