Comscore Tracker

6 Kuliner Sri Lanka nan Pedas Ini Siap Memanjakan Lidahmu

Cita rasanya hampir mirip sama masakan India, nih

Sri Lanka merupakan salah satu destinasi wisata populer dunia yang mulai naik daun di kalangan wisatawan mancanegara. Selain dijuluki sebagai mutiara dari Samudera Hindia karena letaknya yang berada di antara laut India di sebelah barat laut dan Maladewa di barat daya, Sri Lanka menyimpan kekayaan kuliner yang sangat menakjubkan.

Masakan Sri Lanka mirip dengan masakan India, dengan menggunakan banyak rempah-rempah dan pedas. Namun, masakan Sri Lanka lebih ringan rasanya dari masakan India. Karena itu, masakan negara dengan Kolombo sebagai kota terbesarnya ini lebih dapat diterima oleh masyarakat umum.

Penasaran dengan kuliner khas Sri Lanka yang katanya menggugah selera? Yuk simak ulasan berikut, yang spesial untuk kamu.

1. Kottu.

6 Kuliner Sri Lanka nan Pedas Ini Siap Memanjakan Lidahmuhttp://www.houseofcurrymn.com

Kottu adalah makanan khas cepat saji di Sri Lanka. Penyajian Kottu ini mirip dengan nasi goreng, tapi bahan utamanya bukan beras, melainkan dari roti godamba (roti khas Sri Lanka).

Penjual Kottu biasanya akan memotong roti godamba menjadi kecil-kecil, kemudian menggoreng dengan bahan lainnya, seperti sayuran, telor dan daging. Rasa dari Kottu ini cenderung gurih dan sedikit asin.

Biasanya Kottu disajikan bersama dengan kari ayam atau telor dan bisa juga daging domba yang pedas. Tapi kamu juga bisa memesan Kottu dengan rasa keju atau coklat.

2. Appa (Hopper).

6 Kuliner Sri Lanka nan Pedas Ini Siap Memanjakan Lidahmuhttps://www.broadsheet.com.au

Nah, camilan yang ini mirip dengan kue ape di Jakarta. Appa dibuat dari fermentasi tepung beras dan santan, kemudian akan didadar dengan kulit pinggirnya yang renyah, tapi bagian tengahnya tetap lembut dan gurih rasanya.

Appa bisa disajikan dalam beberapa macam cara, seperti dimakan tanpa lauk pedamping (plain appa), atau dengan telor mata sapi diatasnya, appa dengan susu, atau appa dijadikan sebagai pengganti nasi dan dilengkapi dengan kuah kari dan lauk lainnya.

3. Idiyappam.

6 Kuliner Sri Lanka nan Pedas Ini Siap Memanjakan Lidahmuhttp://www.sailusfood.com

Idiyappam ini mirip dengan kue putu mayang di Indonesia. Bahan utamanya pun sama, yaitu tepung beras. Bentuknya juga sama. Makanan ini sangat terkenal di Sri Lanka dari jaman dahulu kala, lho.

Idiyappam ini biasanya dihidangkan sebagai menu utama di pagi hari atau malam hari dan dilengkapi dengan kentang kari atau kari ayam atau domba, dhal (kari khas Sri Lanka yang menggunakan lentil alias kacang-kacangan) dan sambal dari kelapa parut. Terkadang idiyappam juga disajikan dengan santan dan gula untuk versi manisnya.

4. Lamprais.

6 Kuliner Sri Lanka nan Pedas Ini Siap Memanjakan Lidahmuhttp://www.lt.lk

Lamprais merupakan salah satu makanan yang cukup terkenal di Sri Lanka. Lamprais biasa disebut dengan burger Belanda karena bentuknya yang bulat ‘gendut’ seperti burger. Tapi isinya beda.

Lamprais ini adalah kombinasi dari nasi, kari daging sapi/domba/babi, sambal, ikan, terong, kacang-kacangan, dan perkedel yang dibungkus dengan daun pisang, kemudian dikukus dan dipanggang setelahnya. Seperti nasi bakar kalau di Indonesia. Rasanya sudah pasti enak dengan bumbu rempah karinya yang pedas dan gurih.

5. Pittu.

6 Kuliner Sri Lanka nan Pedas Ini Siap Memanjakan Lidahmuhttp://www.mundo.cz

Pittu sama dengan putu bambu di Indonesia. Bahan utamanya adalah beras dan kelapa. Pittu bisa dibuat dengan dua cara, yaitu dikukus dan dipanggang. Beras yang digunakan juga bisa dari beras putih atas beras merah.

Di Sri Lanka, pittu bisa hanya dimakan dengan parutan kelapa, atau dengan ghee (minyak samin) dan gula, atau dengan sambal dan kari domba. Seru, ya!

6. Achcharu.

6 Kuliner Sri Lanka nan Pedas Ini Siap Memanjakan Lidahmuhttps://www.timeout.com

Makanan yang satu ini bisa bikin kamu ngiler. Achcharu adalah acar ala Sri Lanka. Kamu bisa menyantap Achcharu bersama dengan menu utama kamu, nasi dan kari, atau menyantapnya sebagai hidangan penutup.

Campuran sayuran, mangga, dan nanas adalah bahan utama pembuat Achcharu yang paling digemari oleh masyarakat Sri Lanka karena rasanya yang segar, crunchy, asam dan manis.

Kapan mau liburan ke Sri Lanka? Jangan lupa daftar makanan lokalnya ya!

Maria Nita Photo Verified Writer Maria Nita

The biggest adventure you can take is to live the life of your dreams

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya