Comscore Tracker

Serba Pedas, Ini 6 Rekomendasi Makanan yang Enak Banget di Bhutan

#PANJATPOIN Selera pedasnya sama dengan orang Indonesia lho!

Bhutan adalah suatu negara kecil di Asia Selatan yang terletak di antara India dan Cina. Keindahan alam Bhutan sudah tidak diragukan lagi, karena ada pegunungan Himalaya yang terkenal dengan panorama alamnya yang luar biasa cantik. Di Bhutan hampir tidak ada polusi dan pemerintah setempat menghimbau penduduknya untuk menanam sayuran organik untuk kebutuhan sehari-hari. Oleh karena itu, masyarakat Bhutan hidup sehat dan berumur panjang.

Meski secara lanskap berbeda dengan Indonesia, tapi orang Bhutan punya selera makanan yang sama lho. Penduduk Bhutan sangat gemar sekali dengan makanan pedas. Hampir semua masakan Bhutan selalu dimasak dengan cabai. Penasaran? Yuk simak ulasan enam masakan Bhutan yang enak banget dan wajib dicicipi!

1. Ema Datshi

Serba Pedas, Ini 6 Rekomendasi Makanan yang Enak Banget di Bhutaneateryrow.com

Ema Datshi adalah makanan paling populer di Bhutan. Masakan ini terdiri dari cabai yang dicampur dengan keju, susu sapi atau yak (hewan khas Bhutan), bawang bombay dan tomat. Unik ya!  Biasanya Ema Datshi dihidangkan bersama nasi. Cara memasaknya bisa ditumis sampai mengental atau berkuah.

2. Shamu Datshi

Serba Pedas, Ini 6 Rekomendasi Makanan yang Enak Banget di Bhutanhotfridaytalks.com

Penduduk Bhutan suka sekali dengan keju. Sehingga beberapa masakannya dicampur dengan keju, termasuk Shamu Datshi. Shamu Datshi ini adalah campuran dari jamur yang ditumis dengan keju dan disajikan bersama dengan nasi.

3. Shakam Paa

Serba Pedas, Ini 6 Rekomendasi Makanan yang Enak Banget di Bhutanyelp.com.au

Shakam Paa adalah masakan yang terbuat dari daging sapi yang telah dikeringkan, kemudian dimasak bersama dengan cabai kering. Kadang ditambah dengan lobak putih atau sayuran lain.

Baca Juga: 7 Destinasi Wisata Terbaik di Bhutan, Tempat Nadine-Dimas Menikah

4. Jasha Maroo

Serba Pedas, Ini 6 Rekomendasi Makanan yang Enak Banget di Bhutantrip101.com

Masakan yang satu ini adalah potongan daging ayam yang dimasak bersama dengan cabai, bawang bombay, bawang putih, tomat, daun ketumbar dan jahe. Jasha Maroo biasanya akan dihidangkan bersama nasi merah dan bisa dimasak sampai kuah kering atau berkuah seperti sop. 

5. Phaksha Paa

Serba Pedas, Ini 6 Rekomendasi Makanan yang Enak Banget di Bhutanpinterest.com/wanderlusttips

Phaksha Paa merupakan masakan favorit masyarakat Bhutan. Masakan ini terdiri dari irisan daging babi yang ditumis dengan cabai merah kering, jahe, sayur pok choy dan irisan seledri. Terkadang ditambah dengan bayam atau lobak putih.

6. Momos

Serba Pedas, Ini 6 Rekomendasi Makanan yang Enak Banget di Bhutanhttps://www.makemytrip.com/blog/vegetarian-food-bhutan

Momos ini seperti pangsit pada masakan Cina. Bedanya adalah momos terbuat dari cincangan daging babi, ayam, yak (hewan khas Bhutan), sayuran dan keju. Kemudian dibumbui dengan ketumbar, jahe dan bawang putih. Cara menghidangkannya bisa digoreng atau dikukus. Tidak ketinggalan sambal sebagai pelengkapnya.

Kalau dilihat sekilas, varian rasanya tak jauh beda dengan masakan Indonesia ya. Kamu pengin coba yang mana nih?

Baca Juga: Unik Banget, Sendok Imut dari India Ini Bisa Dimakan Lho!

Maria Nita Photo Verified Writer Maria Nita

The biggest adventure you can take is to live the life of your dreams

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya