Comscore Tracker

5 Kuliner Khas Tegal Ini Wajib Dicoba, Rasanya Bikin Ketagihan! 

Dijamin endeus banget! 

Kita patut berbangga karena Indonesia punya keberagaman kuliner, di mana hampir semua daerah memiliki makanan atau kuliner khas dengan rupa dan rasa yang berbeda pula. Termasuk kota Tegal di Jawa Tengah yang juga memiliki kuliner khas yang tak boleh dilewatkan oleh para pemburu makanan enak.

Mau tahu apa saja kuliner khas kota bahari tersebut? Yuk, simak penjelasannya berikut ini. 

1. Nasi lengko

5 Kuliner Khas Tegal Ini Wajib Dicoba, Rasanya Bikin Ketagihan! Dok. Pribadi/Martha Puri

Nasi Lengko adalah salah satu kuliner khas di Tegal yang wajib kamu coba. Kalau yang belum tahu tentang makanan ini, Nasi Lengko adalah nasi yang berisi tahu, taoge, timun, kucai, bawang goreng, remukan kerupuk mie kuning yang disiram dengan sambal kacang dan kecap di atasnya.

Perpaduan antara kriuknya taoge dan ketimun serta krupuk mie yang renyah bercampur dengan sangat apik di mulut. Apalagi ada sensasi rasa bawang putih dari saus kacangnya membuat kuliner ini bikin ketagihan.

Biasanya Nasi Lengko disajikan juga gorengan pendamping seperti mendoan atau tahu goreng balut tepung khas Tegal. Tapi kembali lagi ke selera masing-masing, ada yang doyan dengan gorengan atau tidak? 

2. Sate kambing Tegal

5 Kuliner Khas Tegal Ini Wajib Dicoba, Rasanya Bikin Ketagihan! Dok. Pribadi/Martha Puri

Siapa sih yang bisa menolak kelezatan Sate Kambing khas Tegal ini? Kalau diperhatikan, Sate Kambing Tegal biasanya memiliki potongan yang relatif besar. Kamu juga mungkin akan bertanya, apa bedanya Sate Kambing Tegal dengan sate kambing lainnya? Sate Kambing Tegal memiliki ciri khas tersendiri yang membedakannya dengan yang lain.

Sate Kambing Tegal dibakar tanpa dibumbui kecap, sehingga sate dapat terbakar sempurna tanpa efek gosong. Dagingnya juga empuk dan matang sempurna!

Biasanya, sate disajikan dalam piring berisi kecap, ulekan cabai, tomat dan bawang merah untuk dicampur sendiri oleh pemesan. Gimana, mantul gak?  

Baca Juga: 10 Tempat Wisata di Tegal yang Indah dan Murah untuk Liburan Serumu

3. Kupat glabed

5 Kuliner Khas Tegal Ini Wajib Dicoba, Rasanya Bikin Ketagihan! Dok. Pribadi/Martha Puri

Kupat glabed adalah salah satu makanan tradisional yang masih menjadi primadona warga Tegal. Makanan ini terdiri dari ketupat yang disajikan dengan kuah santan kental berwarna kuning, sambal goreng tempe, bawang goreng, kuah mie kuning, dan remukan kerupuk mie kuning. 

Biasanya Kupat glabed disantap dengan sate kikil dan sate kerang. Sedap! 

4. Kupat bongkok

5 Kuliner Khas Tegal Ini Wajib Dicoba, Rasanya Bikin Ketagihan! Dok. Pribadi/Martha Puri

Konon, makanan ini dinamakan kupat bongkok karena berasal dari nama sebuah desa yaitu desa Bongkok di Tegal. Ya, sebagian besar penjual kupat bongkok berasal dari desa Bongkok. 

Kupat bongkok adalah makanan yang terdiri dari potongan ketupat atau lontong yang disajikan dengan tauoge rebus, sambal goreng mie, siraman kari tempe semangit, kecap, dan remukan kerupuk mie kuning.

Kari tempe ini biasanya dibuat dari tempe yang didiamkan selama tiga hari sehingga berbau semangit. Meski demikian, tak mengurangi kelezatan rasa dari makanan ini. 

5. Sauto tegal

5 Kuliner Khas Tegal Ini Wajib Dicoba, Rasanya Bikin Ketagihan! Dok. Pribadi/Martha Puri

Dinamakan sauto tegal karena merupakan gabungan kata antara soto dan tauco. Perpaduan antara soto yang berisi nasi, tauge, irisan daun bawang, daging sapi atau ayam dan tauco menghadirkan sensasi unik tersendiri di lidah.

Kamu akan menemukan kombinasi rasa manis, asam, dan asin saat mencecap kuah Sauto yang pekat berwarna cokelat ini. Bikin lidah bergoyang. 

Nah, itulah lima kuliner khas kota Tegal yang lezat punya. Bikin ngiler banget kan? Makanan apa yang bikin kamu penasaran buat mencicipi terlebih dahulu nih guys? 

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Kuliner Leker Paimo Semarang, Antrenya Sampai Dua Jam

attalicious - Photo Writer attalicious -

Pecinta kucing dan es krim yang (masih) berusaha menjadi lebih baik setiap harinya!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya