Comscore Tracker

5 Aneka Olahan Daging Sapi Khas Lombok, Lezatnya Menggoda Selera

Liburan gak lengkap kalau belum nyobain kuliner ini

Salah satu pulau yang wajib dikunjungi saat berada di Provinsi Nusa Tenggara Barat adalah Pulau Lombok. Pulau yang populer dengan panorama pantainya yang eksotis ini, masih menyimpan banyak destinasi wisata lain yang keren dan indah. 

Gak hanya itu, ketika berkunjung ke Lombok, sayang apabila tak mencicipi sajian kuliner khasnya. Kaya akan rempah-rempah  bercitra rasa pedas dan lezat, beberapa kuliner khas Lombok ini ternyata terbuat dari olahan daging sapi.

Bagi pencinta daging sapi silahkan merapat, bisa jadi aneka olahan daging sapi khas Lombok ini akan masuk ke dalam list makanan favoritmu. Bakal menggoda seleramu, ini dia lima aneka olahan daging sapi khas Lombok yang lezat!  

1. Sate Pusut

5 Aneka Olahan Daging Sapi Khas Lombok, Lezatnya Menggoda SeleraSate Pusut (instagram.com/genpilomboksumbawa)

Sate pusut adalah sate khas lombok yang dagingnya berbahan dari olahan daging sapi. Sate ini menggunakan tusukan yang terbuat dari bambu berukuran besar. Hal itu membuat sate pusut berbeda dari sate pada umumnya.

Bahan yang digunakan untuk membuat sate pusut adalah daging sapi giling mix dengan parutan kelapa muda. Dagingnya lalu dililit pada tusuk sate. Sate pusut biasa disajikan di acara besar atau pesta rakyat secara turun temurun. Tambah nikmat, sate ini lezat dimakan bersama plecing kangkung.

2. Sup Bebalung

5 Aneka Olahan Daging Sapi Khas Lombok, Lezatnya Menggoda SeleraSup Bebalung (instagram.com/gardu_sate_rembiga)

Lombok memiliki sajian sup populer yang berbahan utama iga atau buntut sapi yaitu sup bebalung. Makanan ini merupakan khas Suku Sasak asli Lombok. Bebalung diartikan sebagai "tenaga" sehingga orang yang menyantap bebalung akan bertenaga.

Ada bumbu khas untuk membuat bebalung bernama ragi rajang. Rasa kuahnya penuh dengan rempah yang enak. Bebalung cocok dimakan ketika cuaca dingin ditambah semangkok nasi yang hangat.

3. Nasi Kotaraja

5 Aneka Olahan Daging Sapi Khas Lombok, Lezatnya Menggoda SeleraNasi Kotaraja (instagram.com/lotimfoodies)

Nasi kotaraja merupakan kuliner khas lombok yang berasal dari Desa Kotaraja. Nasi ini terdiri dari olahan daging sapi yang sudah ditumbuk dan digoreng. Kemudian nasi diberi kuah kaldu sapi yang kaya akan rempah.

Tak ketinggalan, taburan kedelai goreng dan sambal sebie melengkapi kelezatan sajian nasi kotaraja. Karena belum sepopuler nasi campur khas Lombok lainnya, untuk mencicipi nasi kotaraja kamu dapat singgah ke Desa Kotaraja di Lombok.

Baca Juga: 5 Kuliner Lombok yang Bisa Dijadikan Menu Makan Siang, Nikmat!

4. Soto Sasak

5 Aneka Olahan Daging Sapi Khas Lombok, Lezatnya Menggoda SeleraSoto Sasak (instagram.com/etnickuliner)

Soto sasak merupakan soto daging khas Suku Sasak asli Lombok. Selain berbahan potongan daging sapi, soto ini terdiri dari ketupat, mie telur, tauge, telur rebus, dan sayur kembang. Untuk penyajiannya dilengkapi dengan koya, bawang goreng dan perasan jeruk lemon.

Soto sasak bercitra rasa gurih lezat dengan kuahnya yang harum rempah. Menyantap soto ini, lebih lezat apabila ditemani es jeruk atau es teh. Bagi yang ingin menikmati soto sasak asli Lombok, kamu bisa datang ke kedai legendaris yang bernama Soto Sasak Tulen Amaq Atit.

5. Sate Bulayak

5 Aneka Olahan Daging Sapi Khas Lombok, Lezatnya Menggoda SeleraSate Bulayak (instagram.com/langkah_jalan)

Masih dengan sate yang diolah dari daging sapi, sate bulayak merupakan kuliner andalan khas Lombok. Menariknya, dinamakan bulayak karena sajian lontongnya yang dibungkus daun aren lalu diikat dalam bentuk spiral.

Cara membuka lontongnya harus mengkuti ulir dari daun tersebut, itu mengapa bulayak memiliki arti memutar. Sate bulayak dimakan dengan sambal dan bumbu khas, rasanya hampir sama dengan kari dalam bentuk sate daging empuk dipadu lontong unik yang bikin ingin nambah. 

Itu dia lima olahan daging sapi khas Lombok yang dijamin menggoda selera makanmu. Saat berkunjung ke Lombok, pastikan untuk dapat menikmati kuliner khas di atas, ya!

Baca Juga: 10 Kuliner Khas Indonesia Berbahan Daging Kerbau

May Paramita Photo Verified Writer May Paramita

Indeed, with hardship will be ease.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Chalimatus Sa'diyah

Berita Terkini Lainnya