Comscore Tracker

Bukan Orang Jakarta Kalau Belum Makan 9 Makanan Khas Ini

Jangan sampai kamu nggak tau, deh!

Begitu banyak kuliner dari luar kota dan luar negeri membuka gerai di berbagai outletnya di Jakarta.  Sehingga, penduduk Jakarta sendiri seringkali lupa, bahkan tidak tahu kuliner khas Betawi.

Hayo…kamu yang penduduk Jakarta, sudah pernah belum mencicipi beberapa kuliner tradisional ini belum?

1. Nasi Uduk

Bukan Orang Jakarta Kalau Belum Makan 9 Makanan Khas Inipinterest.com

Nasi gurih karena dicampur santan, ditambah bihun menjadikannya sebagai menu sarapan yang sangat mantap. Kamu bisa menambahkan lauk tambahan seperti telur, tempe, hingga ayam. Nasi uduk mudah dikombinasikan dengan lauk apa pun dan dinikmati kapan pun.

2. Nasi Ulam

Bukan Orang Jakarta Kalau Belum Makan 9 Makanan Khas Iniberrykitchen.com

Mirip seperti nasi campur, kamu bisa memilih aneka lauk untuk disantap bersama nasi ulam. Paling mantap jika ditemani daging semur potong, bihun, dan kerupuk. Hhmmm...maknyus!

3. Ketoprak

Bukan Orang Jakarta Kalau Belum Makan 9 Makanan Khas Iniindonesia-tourism.com

Ketoprak terdiri dari bihun, ketupat, tahu, tauge yang disiram ulekan bumbu kacang. Kalau di Surabaya, ketoprak ini hampir mirip dengan Gado-gado. Sudah pernah coba?

4. Kerak Telor

Bukan Orang Jakarta Kalau Belum Makan 9 Makanan Khas Initokopedia.com

Pembuatan kerak telor ini memang cukup berbeda dan khas. Sebab, telur dimasak di balik wajan, dan dicampur dengan beras serta bumbu lainnya. Enak disantap saat hangat. Teksturnya lebih kasar karena campuran beras. Biasanya kerak telor ini bisa ditemukan di area Pekan Raya Jakarta dan Monumen Nasional.

5. Semur Jengkol

Bukan Orang Jakarta Kalau Belum Makan 9 Makanan Khas Inisajianindonesia.co.id

Jika pengolahannya benar, jengkol bisa menjadi sangat lezat, bahkan tak ada baunya seperti yang kita dengar selama ini. Apalagi, jengkol bisa jadi empuk seperti daging. Langsung cobain ya, jangan dibayangin.

Baca juga: Heboh Teh Campur Keju, Respon Pembeli Malah Bikin Ketawa

6. Soto Betawi

Bukan Orang Jakarta Kalau Belum Makan 9 Makanan Khas Iniayammercon.com

Menggunakan kuah santan atau kuah susu, soto Betawi berisi daging, potongan tomat, kentang, dan seledri. Rasanya gurih dan enak disantap saat hangat.

7. Laksa Betawi

Bukan Orang Jakarta Kalau Belum Makan 9 Makanan Khas Initiarmuch.co.id

Laksa merupakan makanan mie berkuah yang disajikan bersama perkedel, kerang, ikan, atau seafood lainnya. Rasanya sangat gurih karena proses memasaknya menggunakan santan.

8. Soto Tangkar

Bukan Orang Jakarta Kalau Belum Makan 9 Makanan Khas Iniforgetjakarta.com

Tangkar memiliki arti iga sapi. Asal katanya digunakan saat zaman penjajahan Belanda. Tak heran kalau soto tangkar menjadi favorit, apalagi kalau iganya terasa begitu lembut dan langsung lepas dari tulangnya. Yummy!

9. Lontong Sayur

Bukan Orang Jakarta Kalau Belum Makan 9 Makanan Khas Inicommons.wikimedia.org

Kamu bisa menemuinya di pinggir jalan, terutama saat pagi hari. Lontong sayur biasa dijadikan menu sarapan warga Jakarta. Terdiri dari sayur lodeh, potongan lontong, dan ayam. Makin nikmat dinikmati bersama kerupuk dan sambal.

Dari 9 makanan tradisional Betawi tersebut, makanan apa saja nih yang sudah pernah kamu coba? Kalau kamu warga Jakarta, wajib banget mencoba semuanya! Kalau kamu sedang berkunjung ke kota Jakarta, jangan lupa mencicipi kuliner-kuliner tradisional ini, ya!

Baca juga: 7 Makanan Ini Dijadikan Bekal Para Pahlawan Indonesia Saat Perang Lho

yummy-banner

Topic:

Berita Terkini Lainnya