Comscore Tracker

9 Makanan Murah yang Justru Mahal Banget di Luar Negeri

Makan di Indonesia memang juara

Kita sebagai masyarakat Indonesia terkadang suka mengeluhkan harga-harga makanan pokok yang terus menerus meningkat karena inflasi. Padahal, harga makanan pokok di Indonesia ini termasuk sangat terjangkau dan masuk akal, lho! Kalau tahu harga-harga makanan ini di luar negeri, bisa-bisa kamu makin melongo.

1. Nasi goreng

9 Makanan Murah yang Justru Mahal Banget di Luar Negeri pixabay.com/takedahrs

Sering dijumpai di pinggir jalan, terutama saat malam hari, nasi goreng kaki lima dibanderol mulai dari Rp 10-15 ribu. Jika di restoran, mungkin harganya bisa mencapai Rp 30–70 ribu per porsi. Namun siapa sangka, di negara Barat seperti Amerika, harganya mulai dari Rp 100 ribu!

2. Air mineral

9 Makanan Murah yang Justru Mahal Banget di Luar Negeri pixabay.com/lum3n

Kamu bisa membeli air mineral dari harga Rp 2.000 saja di Indonesia. Sedangkan, di negara tetangga kita, misalnya Singapura, harganya bisa mencapai Rp 10 ribu per botol. Apalagi negara yang nan jauh di sana?

3. Tempe

9 Makanan Murah yang Justru Mahal Banget di Luar Negeri commons.wikimedia.org

Di pasar, beli tempe Rp 5.000 saja sudah bisa dibuat makan selama seharian dengan nasi dan sambal. Sedangkan di luar negeri, satu tempe dihargai Rp 25 ribu, lho!

4. Pisang goreng

9 Makanan Murah yang Justru Mahal Banget di Luar Negeri johorkaki.co.id

Kalau kamu biasa membeli pisang goreng seharga Rp 2.000 di pinggir jalan dan sudah dapat potongan besar, bersyukurlah. Di luar negeri, sepotong pisang goreng biasanya dihargai Rp 20 ribu.

Baca juga: 9 Makanan Alami Ini Bisa Bantu Usir Flu dengan Cepat, Gak Perlu Obat!

5. Mie instan

9 Makanan Murah yang Justru Mahal Banget di Luar Negeri dapuronlinequ.co.id

Masyarakat Indonesia memang sangat suka makan mie instan. Mie instan umumnya dibanderol dari harga Rp 2.000–5.000, tergantung jenisnya. Sedangkan di luar negeri, mie instan polos saja bisa sampai Rp 10 ribu.

6. Nata de coco

9 Makanan Murah yang Justru Mahal Banget di Luar Negeri dailyfoodporn.com

Minum es memang paling menyegarkan, apalagi di iklim Indonesia yang tropis ini. Siapa sangka, nata de coco yang biasa kamu beli Rp 15 ribu di pasaran itu, harganya bisa mencapai Rp 60 ribu per bungkus di negara Barat, seperti Eropa.

7. Pecel lele

9 Makanan Murah yang Justru Mahal Banget di Luar Negeri gastronomiperikanan.com

Lele di Indonesia banyak dijual di warung-warung yang harganya Rp 10–15 ribu saja. Jika di luar negeri, satu lele bisa dihargai hingga Rp 200 ribu. Hal ini karena lele cukup langka di sana. Kalau di sini, Rp 200 ribu sudah bisa mentraktir sekeluarga ya.

8. Sate ayam

9 Makanan Murah yang Justru Mahal Banget di Luar Negeri foodsweety.com

Makan sate ayam di pinggir jalan, apalagi daerah pegunungan memang asyik banget. Bersyukurlah kalau kamu bisa membelinya dengan harga kisaran Rp 20 ribu saja, karena di luar negeri bisa sampai Rp 100 ribu.

9. Bakso

9 Makanan Murah yang Justru Mahal Banget di Luar Negeri efoodrecipe.com

Siapa sih yang gak suka makan bakso? Bakso ditambah kuah sambal pedas memang selalu menggugah selera. Kalau di Indonesia, harga bakso pinggir jalan dijual sekitar Rp 10-20 ribu. Di luar negeri, kamu wajib bayar lebih dari Rp 100 ribu per porsi!

Nah lho...mulai sadar kan, kalau sebenarnya biaya hidup di Indonesia dan harga makanan di sini sangat terjangkau? Rasanya lebih enak pula.

Baca juga: 10 Menu Makanan Paling Favorit di Pesta Pernikahan, Jadi Serbuan Tamu

 

Line IDN Times

Topic:

Just For You