Comscore Tracker

5 Camilan Khas Lombok, Bisa Kamu Bawa jadi Oleh-oleh

Kalau ke sini, tinggal cek daftarnya di bawah

Belum makan kalau belum makan nasi adalah kebiasaan khas orang Indonesia. Selain itu, ada lagi yaitu membawakan oleh-oleh sepulang dari berkunjung ke daerah lain. Kebiasaan yang Indonesia banget tesebut membuat para wisatawan menyempatkan mampir ke toko oleh-oleh di daerah yang dikunjunginya.

Kalau kamu berkunjung ke Lombok, Nusa Tenggara Barat, dan ingin membawakan orang terdekat oleh-oleh, gak perlu bingung memikirkannya. Lima oleh-oleh nan lezat ini bisa kamu bawakan untuk teman, kolega, dan keluarga. Apa saja?

1. Keripik ares

5 Camilan Khas Lombok, Bisa Kamu Bawa jadi Oleh-olehinstagram.com/lombokfood03

Ares alias batang pisang di Lombok jamak diolah sebagai hidangan. Selain sayur ares, bagian pisang yang satu ini juga bisa dikreasikan menjadi keripik. Dengan bumbu sederhana seperti ketumbar, bawang putih, dan garam, serta telur dan tepung bisa menghasilkan snack gurih dan nikmat. Sudah banyak dijual di toko oleh-oleh, keripik ares bisa kamu jadikan pilihan untuk dibawa pulang.

2. Dodol dan manisan rumput laut

5 Camilan Khas Lombok, Bisa Kamu Bawa jadi Oleh-olehinstagram.com/phoenixfood_online

Menikmati es rumput laut sudah biasa, kalau dodol? Cobalah untuk membawa pulang oleh-oleh khas Lombok yang ini. Kenyal dan bercita rasa manis adalah ciri khas dari kudapan dodol rumput laut. Karena memiliki banyak pantai, Lombok juga merupakan penghasil rumput laut. Untuk itu hasil lautnya dimanfaatkan menjadi berbagai olahan, termasuk dodol rumput laut yang dijadikan camilan khas Lombok. Penyuka manis bakal doyan nih menikmati legitnya dodol berbahan alami ini.

3. Keripik daun kelor

5 Camilan Khas Lombok, Bisa Kamu Bawa jadi Oleh-olehinstagram.com/lilissannisaardani

Kalau di Malang ada beragam keripik buah, di Lombok mengolah daun kelor yang bermanfaat ini menjadi keripik. Sama dengan keripik ares, camilan berbahan baku daun kelor ini memiliki rasa yang gurih dan sedap. Di beberapa daerah di Indonesia memang kurang populer dengan daun kelor, justru di Lombok sangat mudah dijumpai mulai dai pohonnya hingga daun yang dijual di berbagai tempat. Sayur daun kelor juga menjadi menu andalan di daerah ini.

Baca Juga: 5 Resep Makanan Natal Khas Indonesia, Ada Klapertart Khas Manado

4. Terasi lombok

5 Camilan Khas Lombok, Bisa Kamu Bawa jadi Oleh-olehinstagram.com/zaza.magnolia

Makanan dari Lombok banyak yang memanfaatkan terasi sebagai bahan pelengkapnya. Untuk itu terasi dari Lombok cukup memiliki popularitas. Cita rasanya yang berbeda dengan terasi pabrikan, terasi khas Lombok diklaim lebih gurih dan rasa asinnya yang khas. Karena gak semua orang menyukai aroma terasi yang menyengat, pastikan orang yang akan kamu berikan oleh-oleh merupakan penggemar olahan fermentasi udang ini, ya.

5. Telur asin bakar

5 Camilan Khas Lombok, Bisa Kamu Bawa jadi Oleh-olehinstagram.com/kulinerbrebeshits

Makanan yang kerap dijadikan pendamping rawon ini juga ada di Lombok. Meskipun yang terkenal di Indonesia adalah telur asin dari Brebes, kalau dari Lombok punya rasa yang berbeda dengan biasanya. Karena dibakar, ada sensasi rasa smoky yang bisa kamu dapatkan dari makanan ini. Cita rasanya yang gak terlalu asin, cocok buat kamu yang merasa telur asin pada umumnya terasa terlalu strong.

Siap memborong oleh-oleh nih ketika nanti berkunjung ke Lombok. Ada yang pernah kamu coba sebelumnya? Kalau ada rekomendasi makanan yang cocok dijadikan oleh-oleh lainnya, bisa kamu tuliskan di kolom komentar ya!

Baca Juga: 5 Pantai Tersembunyi di Lombok yang Cantik Banget, Jangan Cuma ke Gili

Pusat Tanaman Hias Photo Verified Writer Pusat Tanaman Hias

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya