Comscore Tracker

Hati-hati, 5 Makanan Ini Ledakannya Luar Biasa Saat Digoreng!

Jangan sampai minyak panasnya kena kulit

Ternyata, menggoreng beberapa makanan gak semudah biasanya. Ada jenis-jenis makanan tertentu kalau digoreng menghasilkan ledakan yang dahsyat. Penyebabnya antara lain bahan makanan itu sendiri, komposisinya, atau kandungan air di dalamnya.

Umumnya, yang terakhir ini menjadi hal yang sering jadi penyebabnya. Lalu, apa saja sih makanan yang rawan meletup minyaknya saat digoreng? Catat daftarnya di bawah.

1. Ikan

Hati-hati, 5 Makanan Ini Ledakannya Luar Biasa Saat Digoreng!thespruceeats.com

Membumbui ikan tentu saja dengan bumbu basah, bukan? Hal ini yang jadi penyebab minyak untuk goreng jadi meledak. Kandungan air di dalam ikan yang cukup banyak atau hasil dari bumbu marinasi jadi penyebab utama menggoreng ikan jadi sering meledak minyaknya.

2. Pempek

Hati-hati, 5 Makanan Ini Ledakannya Luar Biasa Saat Digoreng!instagram.com/pempek.raja

The most anticipated berikutnya adalah pempek. Makanan yang berasal dari Palembang dan berbahan ikan tenggiri ini kerap meledak saat digoreng. Ini karena bahan pempek sendiri yang membuatnya begitu. Kamu perlu memperhatikan tipnya agar pempek gak meledak saat digoreng. Untuk amannya, kamu membeli yang sudah digoreng aja, ya.

Baca Juga: 7 Jenis Ayam Goreng Korea yang Perlu Kamu Tahu, Semuanya Lezat!

3. Otak-otak

Hati-hati, 5 Makanan Ini Ledakannya Luar Biasa Saat Digoreng!instagram.com/denniscuy

Mirip dengan pempek, otak-otak ternyata juga berpotensi meledak saat digoreng di dapur. Kamu harus berhati-hati saat menggorengnya. Tipnya, potong otak-otak menjadi bagian kecil; menggoreng dalam jumlah yang gak overload dalam satu wajan; dan perhatikan besaran apinya. Pastikan juga seluruh otak-otak terendam minyak. Repot, ya? Daripada meledak lebih merepotkan, kan?

4. Cimol

Hati-hati, 5 Makanan Ini Ledakannya Luar Biasa Saat Digoreng!instagram/dapurhangus via Bukalapak

Cimol memiliki bahan utama aci yang bisa jadi penyebab dia meledak saat digoreng. Selain itu, menggoreng cimol dalam minyak yang panas bikin langsung meledak, lho. Menggoreng cimol sebaiknya memasukkannya saat minyak masih dingin dan api belum menyala serta memasaknya dalam api yang kecil. Butuh teknik biar cimolmu gak meledak!

5. Tahu

Hati-hati, 5 Makanan Ini Ledakannya Luar Biasa Saat Digoreng!thaitable.com

Bahan makanan satu ini sering dijumpai dan diolah. Sumber protein murah dan lezat, tahu kerap jadi hidangan sehari-hari. Namun, kandungan air di dalamnya bikin minyak menyiprat ke mana-mana. Kamu harus waspada!

Berbeda dengan cimol, menggoreng tahu sebaiknya dalam minyak yang sudah benar-benar panas baru memasukkannya. Kamu juga pastikan agar tahu terendam sempurna di dalam minyak.

Kalau kamu takut ledakan makanan atau minyaknya, ada baiknya kamu menggoreng daftar makanan di atas menggunakan wajan bertutup. Agar ledakannya gak mengenai bagian tubuhmu. Kalau gak punya, tip di atas bisa kamu praktikkan. Berani goreng cimol dalam minyak panas?

Download aplikasi masak Yummy App untuk mendapatkan beragam referensi resep masakan sesuai dengan selera kamu, lengkap dengan cara memasaknya hanya di Google Play Store dan App Store.

Baca Juga: Resep Membuat Sate Goreng ala Yummy App, Gak Perlu Ribet Bakar-bakar

Pusat Tanaman Hias Photo Verified Writer Pusat Tanaman Hias

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Yudha
  • Antonius Putu Satria

Berita Terkini Lainnya