Comscore Tracker

5 Tips Memasak Nasi dalam Rice Cooker biar Lebih Awet

Gak khawatir nasi putihmu cepat basi

Kalau kamu menyalahkan rice cooker karena nasi di dalamnya gak awet, eits, tunggu dulu. Kamu harus cek beberapa faktor yang mempengaruhi kenapa nasi masakanmu gak awet. Baru aja masak pagi, pas mau mengonsumsinya saat makan malam, udah basi. Kalau kamu gak mau dikecewakan, lakukan tips di bawah ini.

Kalau kamu mengetahui rahasianya, dijamin nasi hasil masakanmu di rice cooker akan lebih tahan lama. Boleh dicoba nih untuk waktu masak berikutnya.

1. Pastikan pancinya kering

5 Tips Memasak Nasi dalam Rice Cooker biar Lebih Awetidealtextilecorp.com

Entah karena buru-buru atau kamu yang malas, ada yang pernah begitu selesai mencuci panci langsung memakainya. Mungkin kamu langsung mengeringkan panci dengan lap setelah dicuci. Namun, jika langsung dipakai, hal tersebut bisa bikin nasi hasil masakanmu di rice cooker akan lengket di bagian bawahnya.

Kebiasaan itu berpengaruh terhadap kualitas nasimu, lho. Bahkan, bisa jadi nasi di bagian bawah sedikit gosong. Pastikan pancimu kering sempurna meskipun sudah dilap, ya.

2. Mencuci beras dengan bersih

5 Tips Memasak Nasi dalam Rice Cooker biar Lebih Awettastecooking.com

Membersihkan beras dengan saksama juga menjadi poin penting agar nasimu awet. Kamu gak pernah tahu proses dari padi digiling hingga berasnya sampai ke tanganmu kan?

Untuk itu, kamu perlu mencuci beras berulang kali hingga airnya benar-benar bersih. Tujuannya adalah agar kotoran yang ada di dalam beras bisa ikut larut dan terbuang saat mencuci. Jika masih kurang bersih, nasimu bisa jadi cepat basi, lho!

Baca Juga: 5 Perbedaan Nasi Uduk dan Nasi Lemak, Sama-sama Enak Ternyata!

3. Jenis beras

5 Tips Memasak Nasi dalam Rice Cooker biar Lebih Awetglobalspaonline.com

Beras memiliki banyak ragam, mulai dari beras putih, cokelat, merah, basmati, dan lain sebagainya. Setiap jenisnya pun ada yang memerlukan lebih banyak air dari beras lainnya, lho.

Beras merah, misalnya, sejak sebelum dimasak, beras ini punya kelembapan yang tinggi. Untuk itu, kalau kamu gak memasaknya dengan takaran air yang pas, nasi akan lekas basi.

4. Takaran air

5 Tips Memasak Nasi dalam Rice Cooker biar Lebih Awetjustonecookbook.com

Air yang terlalu sedikit akan membuat nasimu lengket di panci dan lebih cepat kering. Begitu juga sebaliknya, takaran air yang terlalu banyak akan membuat nasimu lembek dan uap air akan terperangkap. Itu sebabnya nasimu berpotensi akan lebih cepat basi.

Perhatikan juga jenis beras yang kamu gunakan. Beras merah, misalnya, lebih suka air dibandingkan jenis putih. Intinya, kalau takaran air gak pas, hal itu akan berpengaruh terhadap awet tidaknya nasimu.

5. Tambahkan air jeruk nipis

5 Tips Memasak Nasi dalam Rice Cooker biar Lebih Awetgrubstreet.com

Jangan khawatir nasimu akan memiliki rasa asam. Tambahkan 2—3 tetes air perasan jeruk nipis atau lemon ke dalam beras sebelum dimasak untuk membuat nasimu lebih tahan lama. Selain lebih awet, menambahkan air perasan jeruk nipis juga membuat nasi lebih berkilau, lho. Coba deh!

Setelah mengetahui tips agar nasi di dalam rice cooker lebih awet, semoga nasi milikmu gak akan cepat basi. So, kamu gak perlu khawatir memasak nasi saat pagi hari akan basi saat malam hari. Kamu masih bisa mengonsumsinya kok!

Baca Juga: 5 Olahan Sisa Nasi yang Bisa Kamu Coba, Gak Melulu Nasi Goreng deh!

Pusat Tanaman Hias Photo Verified Writer Pusat Tanaman Hias

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya