Comscore Tracker

5 Tips Membeli Beras yang Bagus, Dijamin Hasilnya Pulen dan Lezat

Biar kamu gak salah pilih

Memilih beras memang ada triknya biar nasi yang dihasilnya putih, lembut, dan pulen lezat. Namun, masih ada yang belum tahu bagaimana cara untuk memilih beras yang tepat. Beras yang tepat juga tentunya setelah dimasak memiliki kandungan nutrisi terbaik dan kebersihannya terjaga.

Buat kamu yang lebih memilih memasak sendiri saat pandemik dan belum tahu cara menentukan beras yang bagus, simak tipsnya di bawah. Namun, tips ini hanya berlaku buat kamu yang membeli beras dalam kemasan, ya.

1. Harga

5 Tips Membeli Beras yang Bagus, Dijamin Hasilnya Pulen dan Lezatjpninfo.com

Hayo, berapa harga beras yang bagus per kilonya? Kalau gak tahu, kamu bisa cari informasinya di internet. Hal ini jadi patokan kamu untuk membeli beras nantinya. Jangan sampai tertipu harganya di bawah pasar, tapi mengklaim bahwa beras yang dijual adalah versi bagus atau bahkan premium. Kamu juga gak akan beli dengan harga kemahalan. Umumnya, beras memiliki harga dengan kisaran yang sama, gak terlalu ada perbedaan mencolok.

2. Warna beras

5 Tips Membeli Beras yang Bagus, Dijamin Hasilnya Pulen dan Lezatfood.ndtv.com

Tentunya hal ini dipengaruhi pula dengan jenis berasnya karena setiap jenis memiliki warna masing-masing. Kamu perlu memperhatikan secara umum dari jenis beras yang kamu ingin konsumsi saja. Gak mungkin dong brown rice warnanya bisa putih dan cerah? Warna beras putih yang kusam bisa jadi indikasi kalau berasnya bukan kualitas terbaik. Selain itu, beras yang bagus juga tampak bersih gak ada kotoran seperti kulit, bahkan batu kecil.

Baca Juga: 5 Kreasi Menu Berbahan Beras Ketan yang Gurih dan Lezat, Penasaran?

3. Kandungan air

5 Tips Membeli Beras yang Bagus, Dijamin Hasilnya Pulen dan Lezattastecooking.com

Semakin rendah kandungan air dalam beras berarti semakin bagus. Beras dengan kualitas menengah wajib memiliki kandungan air kurang dari 15 persen, sedangkan beras premium harus memiliki kandungan air di bawah 14 persen. Pilih beras yang memiliki kandungan air rendah agar beras semakin awet. Jika kandungan air dalam beras tinggi, beras yang kamu simpan akan berpotensi berjamur.

4. Patahan

5 Tips Membeli Beras yang Bagus, Dijamin Hasilnya Pulen dan Lezat/unsplash.com/Matthew Lakeland

Sama dengan kandungan air, patahan dalam beras juga penting buat menentukan mutu. Seperti sudah ditetapkan oleh Kementerian Pertanian, bulir beras yang patah untuk beras premium maksimal diperbolehkan adalah 15 persen saja. Semakin banyak angkanya, berarti beras dalam kemasan yang akan kamu beli kualitasnya semakin turun. Bulir beras yang gak utuh umumnya terjadi karena pemprosesan dari padi menjadi beras.

5. Derajat sosoh

5 Tips Membeli Beras yang Bagus, Dijamin Hasilnya Pulen dan Lezatglobalspaonline.com

Pernah gak kamu makan nasi tapi ada nyelip kulitnya? Nah, derajat sosoh adalah ukuran dari kebersihan beras terhadap kulitnya yang menempel. Beras premium derajat sosohnya mencapai 100 persen. Tingkatan tersebut juga jadi indikator beras yang kamu konsumsi diproses dengan bersih sehingga bebas dari kulitnya. Beras yang memiliki derajat sosoh minimal 95 persen sudah bisa dikatakan beras yang bagus.

Poin di atas juga jadi penentu, lho, untuk kategori beras dan harga eceran tertinggi yang diberlakukan. Biasanya, informasi di atas ditampilkan dalam kemasan beras, kecuali warnanya yang harus kamu indikasi sendiri. Harga yang dijual juga sebaiknya pilih yang gak melebihi harga maksimal per daerahnya.

Baca Juga: 5 Tips Memasak Beras Ketan, Teksturnya Jadi Lebih Pulen dan Legit

Pusat Tanaman Hias Photo Verified Writer Pusat Tanaman Hias

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya