Comscore Tracker

5 Tips Memilih Rice Cooker yang Tepat, Dijamin Awet!

Baca dulu tipsnya sebelum membeli

Membeli barang elektronik itu perlu trik, gak semua yang harganya murah lantas awet ketika digunakan. Apalagi untuk barang elektronik yang dipakai setiap hari, tentu penggunaannya yang sering akan mengurangi umurnya kan? Seperti rice cooker alias penanak nasi. Mungkin kamu bisa mereparasinya, namun jika memang sudah lama penggunaannya, memang sudah saatnya mengganti baru.

Untuk memilihnya diperlukan tips agar uang yang kamu keluarkan sepadan dengan yang kamu dapatkan. Biar gak menyesal nantinya, kamu perlu mempelajari tipsnya kalau akan membeli. Jangan lupa praktikkan, ya!

1. Tentukan budget

5 Tips Memilih Rice Cooker yang Tepat, Dijamin Awet!unsplash.com/Christia Dubovan

Jika rice cooker-mu rusak, tentu kamu wajib ngeluarin uang ekstra untuk membelinya. Sumbernya macam-macam, dari ambil dari gaji, ambil dari tabungan, atau dana lainnya. Jika sumbernya beragam, tentu kamu punya batasan untuk mengambil dari masing-masing sumber kan? Misal dari gaji yang digunakan juga untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari. tentu gak banyak yang bisa kamu ambil. Tentukan budget yang akan kamu keluarkan untuk membeli rice cooker baru. Biar pengeluaranmu yang lain gak terganggu.

2. Cari fitur

5 Tips Memilih Rice Cooker yang Tepat, Dijamin Awet!theappliancesreviews.com

Memang umum disebut rice cooker, namun pada dasarnya juga berfungsi seperti magic com yang bisa dipakai untuk mengukus atau membuat kue. Nah, kamu perlu memilah fitur apa saja yang kamu butuhkan. Misalnya jika kamu sudah memiliki oven dan steamer di rumah, gak perlu membeli rice cooker dengan fitur steam dan membuat kue.

Jika kamu membutuhkan keduanya dan gak punya alat di rumah, kamu boleh mempertimbangkannya. Sehingga dengan memiliki satu alat elektronik aja sudah bisa kamu gunakan untuk mengolah berbagai makanan.

Baca Juga: 5 Tips Memasak Nasi dalam Rice Cooker biar Lebih Awet

3. Kapasitas

5 Tips Memilih Rice Cooker yang Tepat, Dijamin Awet!simplyrecipes.com

Kamu tinggal sendiri, bareng keluarga, atau mungkin berdua bersama pasangan saja, semuanya bisa jadi pertimbangan. Karena rice cooker memiliki kapasitas minimal dan maksimal untuk memasak. Kalau kamu sehari hanya perlu makan nasi sekali, gak perlu membeli rice cooker yang minimal memasaknya adalah 1 cup atau setara dengan dua porsi nasi putih.

Beda cerita jika kamu tinggal bareng keluarga, rice cooker berkapasitas besar menjadi hal pokok yang jadi pertimbangan sebelum membelinya.

4. Merek

5 Tips Memilih Rice Cooker yang Tepat, Dijamin Awet!goodhousekeeping.com

Merek tertentu biasanya memproduksi bermacam jenis barang atau yang menjual satu lini produk saja. Misalnya merek yang awalnya menjual wajan anti lengket kemudian menjual rice cooker sebaiknya gak kamu pilih. Bukan berarti jelek, namun produk barunya meskipun telah diuji di pabrik belum teruji oleh masyarakat luas tentang kualitasnya.

Sebaiknya pilih merek yang mengeluarkan produk serupa atau justru spesialis menjual rice cooker saja. Bandingkan harga, kebutuhan, dan mereknya, biar gak nyesel nantinya.

5. Layanan purna jual

5 Tips Memilih Rice Cooker yang Tepat, Dijamin Awet!bonappetit.com

Akhirnya setelah melakukan riset, kamu sudah menentukan produk yang akan kamu beli. Namun, sebelum memutuskan membelinya kamu bisa cek terlebih dahulu layanan purna jualnya. Apakah mereka menerima servis, memiliki tempat perbaikan resmi, bergaransi, dan penjualan suku cadang.

Namanya buatan manusia pasti sangat mungkin bisa gak berfungsi meskip baru memakai sebentar. Untuk itu kamu bisa memilih dan menimbang rice cooker terbaik sesuai kebutuhanmu. Sekarang sudah tahu mau beli yang mana bukan?

Baca Juga: 5 Menu Praktis yang Dapat Dimasak dengan Rice Cooker, Mudah Banget!

Pusat Tanaman Hias Photo Verified Writer Pusat Tanaman Hias

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya