Comscore Tracker

5 Tips Bikin Tempe Goreng Buatanmu biar Renyah dan Gurih

Sudah tahu sedapnya tempe goreng hangat, kan?

Sumber protein yang satu ini gampang banget didapatkan di mana-mana. Mau belanja di tukang sayur ada; di supermarket pun tersedia. Tempe yang berbahan utama kedelai ini sudah akrab untuk menjadi konsumsi sehari-hari bagi masyarakat Indonesia.

Olahan tempe pun beragam. Mulai dari digoreng hingga semur, semuanya sama sedapnya. Nah, buat kamu yang pengin bikin tempe goreng untuk lauk, jangan lupakan lima tips di bawah ini. Tempe goreng buatanmu bakal lebih gurih dan nikmat.

1. Memilih tempe

5 Tips Bikin Tempe Goreng Buatanmu biar Renyah dan Gurihfermentingforfoodies.com

Poin ini jelas penting banget sebagai penentu enak atau tidaknya tempe goreng buatanmu. Pilih tempe yang segar yang ditandai dengan warnanya yang cerah dan gak kisut. Tempe yang bagus biasanya juga gak terlalu padat dan gak terlalu berongga. Pokoknya, kerapatan kedelainya pas deh.

Jika kamu memilih tempe papan, pilih yang dibungkus dengan daun pisang karena memiliki aroma yang lebih segar.

2. Bersihkan tempe

5 Tips Bikin Tempe Goreng Buatanmu biar Renyah dan Gurihvpr.org

Meskipun tempe dibungkus dengan kemasan tertutup, kita gak pernah tau apa yang terjadi dengan tempe sebelum dikemas, bukan? Mencucinya terlebih dahulu merupakan langkah yang harus kamu lakukan sebelum mengolahnya.

Sebaiknya, cuci tempe setelah dipotong sesuai ukuran yang kamu mau. Ujung tempe yang telah kering sebaiknya dipotong tipis dan dibuang.

Baca Juga: Selalu Bikin Kangen, Ini 5 Fakta Menarik Tempe Mendoan Khas Banyumas

3. Bumbui tempe

5 Tips Bikin Tempe Goreng Buatanmu biar Renyah dan Gurihrealfoodforlife.com

Setelah mencuci dengan bersih, segera bumbui tempe. Gak harus digoreng saat itu juga. Kalau kamu merendam bumbu lebih lama, rasanya juga bakal lebih enak. Itu karena bumbu meresap sempurna. Jika kamu memotong tempe dalam ukuran besar, buat beberapa sayatan dangkal agar bumbu meresap sempurna.

Untuk membumbuinya, gunakan garam, bawang putih, dan ketumbar yang dihaluskan dan dicampur dengan air. Lalu, rendam deh tempe yang telah dipotong ke dalam wadah berisi bumbu.

4. Menggoreng tempe dengan tepung

5 Tips Bikin Tempe Goreng Buatanmu biar Renyah dan Gurihbakingamoment.com

Jika kamu menyukai tempe bertepung, ada dua langkah yang perlu kamu lakukan agar hasilnya lezat. Campur tepung bumbu dengan air secukupnya, jangan terlalu kental atau cair. Aduk sebentar lalu gulingkan pada bumbu yang kering.

Setelah itu, baru kamu menggorengnya ke dalam minyak. Tips lainnya ialah gunakan air es untuk mencampur tepung bumbu yang basah. Dengan cara ini, tempe goreng tepungmu bakal kriuk dan gurih luar dalam.

5. Minyak untuk menggoreng tempe

5 Tips Bikin Tempe Goreng Buatanmu biar Renyah dan Gurihseriouseats.com

Pastikan minyak dalam wajan sudah panas sempurna. Namun, jangan terlalu panas, terlebih jika kamu memotong tempe yang tipis. Hal ini menyebabkan tempe akan cepat gosong.

Jika wajan berasap, itu tandanya minyak terlalu panas. Segera matikan atau kecilkan api baru lanjut menggoreng tempenya. Pastikan tempe tenggelam dalam minyak.

Nah, itu dia lima tips untuk menggoreng tempe biar enak, gurih, dan kriuk. Tempe goreng cocok disajikan dengan berbagai hidangan khas nusantara lainnya. Jangan lupa lakukan tips di atas ketika mau menggoreng tempe!

Download aplikasi masak Yummy App untuk mendapatkan beragam referensi resep masakan sesuai dengan selera kamu, lengkap dengan cara memasaknya hanya di Google Play Store dan App Store.

Baca Juga: Di Kulkas Tinggal Tempe? Ini 5 Ide Olahan Berbahan Tempe yang Lezat

Pusat Tanaman Hias Photo Verified Writer Pusat Tanaman Hias

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Yudha
  • Antonius Putu Satria

Berita Terkini Lainnya