Comscore Tracker

7 Rempah Nusantara yang Cocok Dicampur dengan Kopi

#ANGPOIN Rasa dan aromanya begitu khas!

Rempah-rempah memang dikenal sebagai pilihan yang bisa dicampurkan dengan berbagai jenis makanan maupun minuman. Termasuk kopi, kamu bisa mencampurnya dengan beberapa jenis rempah lho. Baik satu jenis atau menggabungkannya dengan beberapa jenis rempah.

Rasa dan aroma bercampur jadi satu, simak yuk berikut jenis rempah nusantara apa saja yang bisa kamu seduh bersama kopi. Di bawah ini adalah daftar beserta khasiatnya!

1. Kunyit

7 Rempah Nusantara yang Cocok Dicampur dengan Kopiunsplash.com/@foodism360

Campuran kunyit dalam secangkir kopi bukanlah hal yang terdengar asing. Bahkan di negara Inggris, kopi dengan curcuma atau rempah berwarna kuning mencolok ini lebih dulu populer di beberapa kafe hipster di sana dengan nama turmeric latte atau latte kunyit.  

Kopi kunyit memberikan efek yang menghangatkan dan melegakan saat dikonsumsi. Selain itu, kunyit sendiri diketahui memiliki zat anti-inflammatory yaitu zat yang mampu mendetoksifikasi tubuh, menangkal peradangan dan mencegah kemunculan kanker.

2. Kayu manis

7 Rempah Nusantara yang Cocok Dicampur dengan KopiUnsplash.com/Mae Mu

Sama seperti kunyit, kayu manis juga lumayan sering dijadikan bahan tambahan pada berbagai menu di kedai kopi. Baik kayu manis yang sudah jadi bubuk atau kayu manis yang masih dalam bentuk batang, keduanya bisa meningkatkan cita rasa secangkir kopi.

Nah, campuran kayu manis memiliki banyak khasiat lho. Diantaranya sebagai antioksidan, menjaga kondisi sel saraf, menurunkan risiko alzheimer hingga mengontrol gula darah.

3. Jahe

7 Rempah Nusantara yang Cocok Dicampur dengan KopiPixabay.com/Couleur

Jahe merupakan rempah yang sangat terkenal dengan berbagai khasiatnya. So, mencampurkan jahe pada kopimu, bukan hanya memberikan rasa nikmat namun juga kaya akan manfaat. Jahe dikenal dengan kandungan antioksidan dan bersifat anti-inflamasi.

Tak hanya itu, jahe juga memiliki manfaat sebagai rempah yang bisa meredakan mual, melancarkan pencernaan dan meredakan nyeri otot. Sehingga, rekomendasi kopi yang dipadukan dengan rempah jahe bisa menjadi perpaduan bahan yang cukup nyaman di perutmu.

Baca Juga: 5 Cara Memanfaatkan Ampas Sisa dari Kopi, Bisa Buat Masker Nih!

4. Kapulaga

7 Rempah Nusantara yang Cocok Dicampur dengan Kopipexels.com/Kim van Vuuren

Rempah kapulaga dikenal dengan cita rasanya yang pedas. Rempah satu ini akan memberikan efek hangat pada tenggorokan dan melegakan pada pernapasan saat dikonsumsi. Untuk rasanya, kapulaga gak berbeda jauh dengan jahe. Sehingga, cocok banget menyeduh kopimu dengan sedikit campuran kapulaga.

Untuk khasiatnya adalah meredakan sakit perut, menurunkan tekanan darah hingga mencegah pertumbuhan sel kanker. Selain itu, kapulaga diketahui mengandung zat magnesium dan mineral yang tinggi sehingga baik  untuk kesehatan.

5. Merica

7 Rempah Nusantara yang Cocok Dicampur dengan Kopiunsplash.com/Sonja Punz

Pengen mencoba minum kopi dengan sensasi rasa pedas? Coba deh, campur kopimu dengan rempah merica. Kopi merica memang sudah lebih dulu dikenal sebagai minuman khas orang-orang Senengal yang dikenal dengan Cafe Touba.

Adapun manfaatnya untuk menjaga kekebalan tubuh dari radikal bebas, meredakan flu, sakit tenggorokan dan migrain. Seduhan kopi dengan merica juga memberikan rasa hangat yang khas saat diminum. Berani coba?

6. Cengkeh

7 Rempah Nusantara yang Cocok Dicampur dengan Kopiunsplash.com/@johannekek

Kopi dicampur cengkeh akan memberi rasa dan aroma yang unik dan khas. Rempah cengkeh merupakan salah satu jenis rempah yang populer di Indonesia, bahkan cengkeh pernah membuat nama Indonesia dikenal sebagai negara penghasil rempah yang terkenal di dunia lho!

Seduhan kopi dengan cengkeh memiliki beberapa khasiat seperti menurunkan gula darah, mengurangi nyeri hingga demam.

7. Buah pala

7 Rempah Nusantara yang Cocok Dicampur dengan Kopipixabay.com/scym

Kalau kamu ingin menikmati kopi dengan aroma dan rasa yang sedikit manis, kamu bisa menambahkan campuran bubuk pala ke dalam kopimu. So, aroma khas pala bakal terasa begitu kuat.

Mengonsumsi pala di ritual kopimu sehari-hari bermanfaat untuk meningkatkan kualitas kopimu, baik secara rasa maupun kesehatan. Kopi dengan tambahan rempah pala dapat membantu meringankan gejala flu hingga mengurangi insomnia, lho. 

Nah, itulah 7 rempah yang cocok dicampur bersamaan dengan kopi. So, ngopi jadi makin sehat dan nikmat. Kalau kamu pengen coba campur kopi dengan rempah yang mana, nih? Atau mau coba mix lebih dari satu jenis rempah?

Baca Juga: 15 Kedai Kopi Susu Kekinian di Sekitar Unair Surabaya, Murah dan Enak

Mia Lubis Photo Community Writer Mia Lubis

Tulisan saya= sudut pandang saya. Silahkan ambil baiknya dan buang buruknya. Terima kasih sudah membaca! Semoga bermanfaat. Ask me: mriantilubis@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You