Comscore Tracker

7 Menu Sarapan yang Wajib Dicicipi saat ke Medan, Bisa Bikin Nagih!

#ANGPOIN Paling populer lontong dan mie balap

Kalau ke Kota Medan gak sah rasanya kalau belum mencicipi menu sarapan khas orang Medan. Menu sarapan di Medan pun dikenal cukup beraneka ragam mulai dari yang bercita rasa asin, pedas hingga manis. Jadi, bisa dibilang selera orang Medan lumayan cocok di lidah siapa saja. Kamu pun siap-siap bakal ketagihan saat menyantapnya.

Jangan sampai ketinggalan 7 menu sarapan khas orang Medan ini ya! Berikut daftar beserta beberapa lokasi warung atau kedai yang bisa kamu kunjungi!

1. Lontong

7 Menu Sarapan yang Wajib Dicicipi saat ke Medan, Bisa Bikin Nagih!instagram.com/makanmana

Kuliner lontong Medan menjadi yang cukup populer bagi masyarakat Medan. Setiap paginya, kamu akan melihat hampir di setiap jalan ada pedagang yang berjualan makanan berkuah satu ini. Bahkan, terkadang saking larisnya lontong juga dijual di malam hari atau biasa disebut dengan lontong malam.

Kuah lontong pun disajikan dengan komposisi sayur dan jenis kuah yang beraneka ragam seperti ada yang bersantan dan juga non-santan. Biar makin maknyus, kamu bisa request lontong dengan tambahan berbagai isi seperti telur rendang, ikan sambal, perkedel dan lainnya.

2. Soto

7 Menu Sarapan yang Wajib Dicicipi saat ke Medan, Bisa Bikin Nagih!instagram.com/makanmana

Soto Medan yang disantap bersama nasi merupakan menu sarapan komplit yang bakal menggugah selera sarapanmu. Bagi kamu yang pengen mencicipi soto khas Kota Medan, terdapat satu warung soto legendaris dan hits yang bisa jadi rekomendasi untukmu. Salah satunya adalah Warung Soto Sinar Pagi yang berdiri sejak tahun 1962.

Warung soto yang berlokasi di Jl. Sei Deli ini hampir selalu dipenuhi pelanggan. Ciri khas Soto Sinar Pagi adalah kuahnya yang lebih terasa kental. Nah, dengan budget sekitar Rp30 ribu kamu sudah bisa menikmati semangkuk soto medan ini lho. Jam bukanya mulai pukul 07.00-15.30 WIB ya.

3. Getuk

7 Menu Sarapan yang Wajib Dicicipi saat ke Medan, Bisa Bikin Nagih!instagram.com/hungrygomedan

Getuk menjadi jajanan tradisional yang tepat buat kamu yang gak bisa sarapan berat di pagi hari. Jajanan yang mulai jarang dijual ini cocok untuk menemani sarapanmu bersama secangkir teh manis hangat.

Jika kamu kesulitan mencari pedagang getuk, kamu bisa mencarinya di sekitar pasar Beruang dan juga pasar Gajah ya. Harganya cukup murah kok untuk sebungkusnya kamu cukup membayar sekitar Rp10 ribu dan sudah dapat sekitar 10 buah getuk. Mantap bukan?

Baca Juga: 5 Rekomendasi Lokasi Kuliner Belut yang Lezat di Medan, Sudah Coba?

4. Lupis

7 Menu Sarapan yang Wajib Dicicipi saat ke Medan, Bisa Bikin Nagih!instagram.com/seleramakan

Lupis juga menjadi salah satu menu andalan sarapan khas orang Medan. Makanan dengan bentuk segitiga dan dilumuri gula merah ini sangat nikmat disantap di waktu pagi. Biasanya lupis dijual bersamaan dengan sarapan lainnya seperti lontong, nasi gurih dan nasi lemak. Jadi, kalau kamu mau beli sarapan yang lain bisa sekalian deh.

Orang-orang Medan biasanya memakan lupis yang dicampur dengan cenil. So, rasanya jadi makin enak dan mantap. Harga lupis juga terbilang murah lho. Cukup dengan uang Rp5 ribu saja kamu sudah bisa mendapatkan sekitar 3 buah lupis.

5. Bubur Ayam

7 Menu Sarapan yang Wajib Dicicipi saat ke Medan, Bisa Bikin Nagih!instagram.com/makanmana

Meski bubur ayam tidak begitu ramai dijual sebagai menu sarapan di Kota Medan. Namun, bubur ayam tetap diminati dan dicari untuk mengisi perut yang lapar di pagi hari. Nah, salah satu rekomendasi bubur ayam yang terkenal di Medan adalah Kedai Bubur Mbak Ning.

Rasa buburnya begitu gurih dan aroma rempahnya begitu kuat. Ditambah lagi dengan suwiran ayam, cakue dan kerupuk, makin menggugah selera saat menyantapnya. Kedai Bubur Mbak Ning berada di Jl. Hasanuddin Kelurahan No.17 dan buka mulai pukul 06.00-18.00 WIB. Harga bubur mulai Rp18 ribu saja lho!

6. Nasi gurih

7 Menu Sarapan yang Wajib Dicicipi saat ke Medan, Bisa Bikin Nagih!instagram.com/makanmana

Bagi kamu yang ingin mengisi perut dengan makanan berat di pagi hari, kamu bisa mencoba nasi gurih yang maknyus. Hampir sama seperti lontong, kamu bisa request tambahan isi untuk seporsi nasi gurihmu seperti dengan ayam goreng, telur dadar, perkedel dan lainnya. Nasi Gurih Ajo yang setia berjualan nasi gurih sejak tahun 1980-an bisa menjadi pilihan wisata kulinermu saat kelaparan di pagi hari.

Kedai Nasi Gurih Ajo cukup terkenal di Kota Medan. Untuk lokasinya berada Jl. Asia, sebelum simpang Sun Yat Sen. Kamu bisa mendatangi kedai nasi gurih ini sekitar pukul 06.00-11.30 setiap hari, kecuali di hari senin. Harga yang dibanderol pun gak terlalu mahal yaitu sekitar Rp15 ribu saja.

7. Mie balap

7 Menu Sarapan yang Wajib Dicicipi saat ke Medan, Bisa Bikin Nagih!instagram.com/makanmana

Cukup mudah untuk menemui penjual mie balap di Kota Medan. Untuk jenis mie dijual cukup bervariasi mulai dari mie tiaw, mie hun dan mie kuning. Bahkan kamu boleh mencampur beberapa jenis mie dan membayarnya dengan harga yang sama lho. Enak banget kan? Mie balap Medan biasanya disantap dengan ditemani sate kerang, risol, bakwan atau keripik.

Nah, untuk rekomendasi Mie Balap yang terkenal di Medan adalah mie balap Janda alias Jalan Darat. Karena lokasi jualan mie balap ini berada di Jl. Darat No. 64 C. Kamu bisa memilih opsi mie balap polos atau digoreng dengan telur. Telurnya pun juga bisa kamu pilih yaitu antara telur ayam atau telur bebek, kemudian dimasak orak-arik atau telur mata sapi doang. Bisa request sesuka kamu deh! Untuk jam buka hanya dari pukul 06.30-13.00 WIB ya.

Itulah tadi 7 menu sarapan yang bisa kamu nikmati saat berada di Medan. Kalau kamu berencana nyoba menu yang mana, nih?

Baca Juga: Jalan-jalan ke Medan, 6 Makanan Khas Melayu Deli Ini Wajib Kamu Coba

Mia Lubis Photo Community Writer Mia Lubis

Tulisan saya= sudut pandang saya. Silahkan ambil baiknya dan buang buruknya. Terima kasih sudah membaca! Semoga bermanfaat. Ask me: mriantilubis@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You