Comscore Tracker

10 Macam Daging Kering dalam Dunia Kuliner, Rasanya Nikmat Memikat

Proses mengolahnya bisa memakan waktu hingga 4 tahun, lho

Bagitu banyak makanan enak di dunia ini. Salah satu bahan utama yang menambah gairah makan adalah daging. Dengan berbagai campuran bumbu, daging dapat mengeluarkan cita rasa yang nikmat. Ada juga yang dibuat hanya dengan pengasinan dan pengeringan namun menjadi favorit banyak orang. Contohnya adalah daging kering.

Walaupun prosesnya relatif sama, tapi bumbu dan cara pembuatannya berbeda. Berikut adalah 10 macam daging kering yang tak boleh dilewatkan untuk dicicipi jika berkunjung di negara tersebut. 

1. Kilishi

10 Macam Daging Kering dalam Dunia Kuliner, Rasanya Nikmat Memikatvirtuedigest.com

Kilishi adalah makanan terbuat dari daging, bisa daging sapi, domba, maupun kambing yang berasal dari Nigeria. Makanan yang kadang disebut dengan kilichi ini merupakan daging yang mengalami pengeringan selama 3 hari dengan cara tradisional.

Kilishi biasanya dibuat dengan menghilangkan bagian ototnya lalu dilaburi dengan labu. Bukan sejenis buah, labu ini merupakan kacang yang dihaluskan hingga berbentuk pasta ditambah dengan rempah, garam, bawang dan juga madu. Setelah itu barulah di dikeringkan baik dijemur atau menggunakan wire rack.

2. Bakkwa

10 Macam Daging Kering dalam Dunia Kuliner, Rasanya Nikmat Memikatthehoneycombers.com

Bakkwa adalah salah satu sajian khas di Tiongkok yang memiliki cita rasa manis dan asin. Bakkwa biasanya terbuat dari babi yang dicampur dengan rempah-rempah, gula, garam dan kecap lalu melalui proses pengeringan dengan suhu 60 derajat celcius.

Tak hanya Tiongkok, di Singapura dan Malaysia juga terkenal makanan ini apalagi saat perayaan Imlek tiba. Tak hanya untuk makan sendiri, Bakkwa juga dijadikan hadiah untuk sanak saudara.

3. Bundnerfleisch

10 Macam Daging Kering dalam Dunia Kuliner, Rasanya Nikmat Memikatcalgarymeats.com

Bundnerfleisch adalah nama untuk dendeng yang berasal dari Swiss. Cara membuat Bundnerfleisch bisa dibilang cukup mudah namun membutuhkan waktu cukup lama karena Swiss adalah tempat yang dingin.

Untuk membuatnya, daging dipisahkan dengan otot lalu ditambah dengan anggur putih, garam, bawang dan berbagai macam rempah. Barulah dikeringkan setelah itu diangin-anginkan. Bentuknya biasanya kotak, dimana berguna agar proses pengeringan lebih rata.

Bundnerfleisch banyak diproduksi di desa yang memiliki ketinggian 800-1800 meter di atas permukaan laut seperti di Grisons.

4. Biltong

10 Macam Daging Kering dalam Dunia Kuliner, Rasanya Nikmat Memikattasteatlas.com

Biltong adalah dendeng lain yang berasal dari Afrika Selatan. Proses pembuatannya juga melewati proses pengeringan namun bahannya yang berbeda.

Cara membuat Biltong adalah dengan cara mencampurkan daging dengan garam batu, lada, ketumbar kasar dan cuka. Dengan menggunakan daging sapi silverside, Biltong sudah dijual di banyak supermarket, toko online bahkan pom bensin.

Biltong menjadi camilan dengan tinggi protein, rendah lemak, dan bebas gluten.

5. Jamon Iberico

10 Macam Daging Kering dalam Dunia Kuliner, Rasanya Nikmat Memikatformaggiokitchen.com

Berasal dari Spanyol, Jamon Iberico merupakan daging ham yang terbuat dari babi Ibreco hitam. Dalam tradisi biasanya babi tersebut disembelih lalu diasinkan lalu digantung di tempat yang memiliki sirkulasi udara yang bagus.

Proses penyembelihan dan pengasinan dilakukan oleh satu keluarga, biasanya dilakukan pada akhir tahun. Proses pengasinan memakan waktu tak sebentar, kurang lebih 2-4 tahun untuk bagian paha babi Ibreco.

Baca Juga: Resep Membuat Empal Daging Sapi Suwir yang Gurihnya Bikin Nagih

6. Brési

10 Macam Daging Kering dalam Dunia Kuliner, Rasanya Nikmat Memikatboroughmarket.org.uk

Brési adalah daging kering yang biasa dibuat di Jura di Swiss dan Doubs di Prancis. Daging ini terbuat dari 3 kali proses yaitu diasinkan, dikeringkan dan diasapi. Proses diasinkan membutuhkan bahan-bahan di antaranya garam, bawang, thyme, dan daun salam.

Sedangkan untuk diasapi membutuhkan kayu-kayu yang terbuat dari pohon juniper, pinus, dan kulit pohon cemara.

7. Salo

10 Macam Daging Kering dalam Dunia Kuliner, Rasanya Nikmat Memikatupnewsinfo.com

Salo adalah salah satu makanan yang wajib ada di meja makan khususnya negara Ukraina. Salo biasanya dimakan bersama roti hitam, acar gherkin dan bawang putih. Salo biasanya terbuat dari lemak babi yang dicampur dengan bumbu seperti bawang putih, daun salam, garam, paprika dan jintan hitam.

Ada sejak abad ke XVI, salo mengandung banyak vitamin di antaranya vitamin A, D, E, dan karoten.

Jika ke Ukraina, Salo adalah salah satu jenis oleh-oleh yang wajib dibawa pulang.

8. Black Forest Ham

10 Macam Daging Kering dalam Dunia Kuliner, Rasanya Nikmat Memikatblackforest-tourism.com

Black Forest Ham atau biasa disebut juga dengan Schwarzwälder Schinken merupakan makanan dari daging yang terkenal di Jerman. Proses pemasakan yang membutuhkan waktu berbulan-bulan secara tradisional untuk membuat daging ini memiliki cita rasa tersendiri. Waktu penggaraman memakan waktu 4 jam dan pengasapan hingga 2 jam.

Salah satu resep rahasia yang digunakan adalah Pine chips atau kayu pinus yang membuat cita rasa berbeda.

9. Bresaola

10 Macam Daging Kering dalam Dunia Kuliner, Rasanya Nikmat Memikatsimpleitaly.com

Bresaola adalah dendeng khas dari Valtellina, lembah Alpen panjang wilayah Lombardy di Italia Utara. Dendeng ini terbuat dari daging sapi, kuda ataupun rusa. Namun untuk kuda dan rusa biasanya lebih hitam dan manis.

Cara membuatnya juga membutuhkan waktu yang lama. Daging digosok dengan rempah yang terdiri dari lada hitam, buah juniper, kayu manis, cengkeh, dan bawang putih.

Bresaola juga termasuk makanan yang terdaftar dalam IGP (Protected Geographical Indication) yaitu makanan yang dilindungi dan hanya tukang daging bersertifikat yang boleh membuatnya.

10. Guanciale

10 Macam Daging Kering dalam Dunia Kuliner, Rasanya Nikmat Memikatfirepit-and-grilling-guru.com

Guanciale juga bisa ditemui di Italia tapi dendeng ini terbuat dari lemak babi yang mengalami pengeringan. Sebelum proses pengeringan, terlebih dulu dilakukan penggosokan dengan garam. Lalu biasanya dikeringkan selama 3 minggu. Tapi jika ingin memunculkan cita rasa lebih, maka keringkan dalam waktu 12-16 minggu.

Untuk menikmatinya, bisa digoreng langsung atau dicampur dalam pembuatan pasta carbonara.

Itu adalah 10 jenis daging kering yang ada di dunia kuliner. Walaupun lama memasaknya, tapi itu adalah resep rahasia untuk mendapatkan cita rasa yang khas. Tak boleh ketinggalan, daging-daging ini juga bisa dijadikan oleh-oleh lho.

Baca Juga: 10 Kesalahan Sepele Saat Membuat Bakso Daging Sapi, Kurang Sedap!

mirqotul aliyah Photo Verified Writer mirqotul aliyah

twitter @miraliyah

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya