Comscore Tracker

10 Makanan Kepulauan Karibia, dari Keong Hingga Ikan Terbang 

Perpaduan kental rempah dan makanan laut

Kepulauan Karibia terletak di barat daya Venezuela dan masuk dalam Benua Amerika. Seperti halnya Indonesia, Karibia terdiri dari berbagai pulau-pulau kecil jadi tak heran kalau makanan Karibia banyak bercita rasa hidangan laut.

Dengan bumbu rempah perpaduan Jamaika, Barbados dan daerah sekelilingnya, hidangan Karibia juga tak kalah enaknya. Bahkan ada yang terbuat dari ikan terbang, lho. Berikut ini contohnya.

1. Coucou dan ikan terbang

10 Makanan Kepulauan Karibia, dari Keong Hingga Ikan Terbang sandals.com

Sebagai pulau yang tak lepas dari makanan laut, ikan terbang adalah salah satu makanan yang tidak boleh dilewatkan. Ikan terbang dikukus dan dimasak dengan rempah-rempah lalu dipadukan dengan coucou.

Coucou merupakan tepung jagung yang dimasak dengan okra dan air sehingga adonan berbentuk seperti polenta. Keduanya akan lebih nikmat jika dipadukan dengan saus sambal.

2. Crab dan callaloo

10 Makanan Kepulauan Karibia, dari Keong Hingga Ikan Terbang homemadezagat.com

Callalo adalah sayuran hijau yang mirip dengan bayam ataupun kangkung. Callaloo biasanya dimasak dengan santan dan rempah-rempah sehingga rasanya keluar.

Untuk pelengkapnya callaloo biasanya dimasak juga dengan daging merah dan ditutup dengan kepiting. Sayuran yang biasanya mendampinginya adalah okra dan paprika. Makanan ini berakar di Afrika Barat yang dibawa oleh budak ke Karibia.

3. Jerk chicken

10 Makanan Kepulauan Karibia, dari Keong Hingga Ikan Terbang delish.com

Jerk chicken adalah makanan yang sangat dikenal di Karibia. Makanan ini memiliki cita rasa Jamaika dengan campuran rasa pedas dan manis.

Jerk chicken terbuat dari daging ayam yang digosok kering lalu dimarinasi atau pengasinan dengan bumbu-bumbu, setelah itu dipanggang dengan sempurna.

Makanan ini mudah ditemukan di gubuk-gubuk dekat pantai hingga resort bintang lima. Hidangan ini akan semakin istimewa jika dinikmati saat matahari terbenam.

4. Pepperpot

10 Makanan Kepulauan Karibia, dari Keong Hingga Ikan Terbang sbs.com.au

Pepperpot adalah makanan nasional Guyana dan hits baik di Guyana maupun seluruh Karibia.

Pepperpot merupakan hidangan yang terdiri dari daging sapi atau buntut babi yang direbus perlahan dengan campuran rempah khas dan sayuran dengan potongan besar seperti terong, okra, labu, kentang.

Bumbu yang digunakan meliputi kayu manis, gula merah, dan cassareep. Cassareep membuatnya berbeda, karena cassareep adalah saus cokelat yang terbuat dari singkong dengan bumbu rempah.

5. Ackee dan Saltfish

10 Makanan Kepulauan Karibia, dari Keong Hingga Ikan Terbang thesophisticatedcaveman.com

Kepulauan Karibia adalah surga untuk makanan yang terbuat dari hewan laut. Tak susah mendapatkan makanan laut yang fresh nan enak di tanah ini, salah satunya Ackee dan Saltfish.

Makanan ini adalah perpaduan antara ikan cod yang direndam semalaman dan ditumis dengan rempah. Kemudian ditambah dengan ackee, buah yang yang konon beracun tapi jika sudah direbus selama 30 menit malah akan bergizi.

Baca Juga: 7 Kuliner Ikan Laut Asia yang Sedapnya Membangkitkan Selera Makan

6. Cuban sandwich

10 Makanan Kepulauan Karibia, dari Keong Hingga Ikan Terbang tablespoon.com

Cuban sandwich adalah sandwich yang merupakan tumpukan roti putih lembut dengan isian ham, keju, daging babi panggang dengan pelengkap acar dan mustrad. Hal istimewa dari sandwich ini adalah babi yang dimarinasi dengan minyak zaitun, jus jeruk, bumbu dan rempah-rempah sebelum dipanggang.

Setelah ditumpuk dengan bahan lain, roti ini dipres dan dipanggang sehingga semua bahan terasa lumer di mulut. Cuban sandwich dulunya adalah makan siang para pekerja di Havana.

7. Conch Fritters

10 Makanan Kepulauan Karibia, dari Keong Hingga Ikan Terbang browneyedbaker.com

Conch Fritters adalah makanan yang terbuat dari moluska laut yang bercangkang atau disebut keong atau siput. Hewan ini sangat mudah ditemukan, dagingnya dicincang dan ditambah dengan bumbu-bumbu rumahan dan dibentuk seperti adonan. Adonan tersebut kemudian digoreng dan disantap dengan cocolan.

Keong atau siput tak hanya digoreng tapi juga dibuat sup, salad, ataupun semur.

8. Kabritu stobá

10 Makanan Kepulauan Karibia, dari Keong Hingga Ikan Terbang tastetheislandstv.com

Kabritu stobá disebut juga dengan daging rebus yang memiliki wangi khas yaitu wangi cengkeh. Biasanya makanan ini disandingkan dengan nasi atau kacang-kacangan khas karibia.

Tak hanya daging kambing atau domba di beberapa tempat makan, kepala dan kaki kambing atau domba ikut dimasak. Kambing atau domba ini dimasak dengan bawang, tomat, dan jalapeno sehingga rasa khas dan pekat ada dalam makanan ini.

9. Mofongo

10 Makanan Kepulauan Karibia, dari Keong Hingga Ikan Terbang tablespoon.com

Mofongo diperkirakan makanan yang berasal dari Puerto Rico dengan tradisi masak dari Spanyol, Afrika, dan Ta'no. Makanan ini adalah makanan yang terbuat dari pisang raja yang masih hijau. Pisang tersebut dihaluskan dan dicampur dengan kulit babi, bawang putih, dan chicharrón. Uniknya untuk menghaluskan secara tradisional menggunakan mortar dan alu.

Mofongo biasanya menjadi makanan utama yang disandingkan dengan daging, sayuran, atau kaldu ayam.

10. Creole bread

10 Makanan Kepulauan Karibia, dari Keong Hingga Ikan Terbang food.com

Creole bread adalah roti lokal banyak tersedia di toko roti di Kepulauan Karibia. Berbentuk seperti roti kasur yang terbuat dari kelapa dan santan. Roti ini biasanya disajikan dalam keadaan hangat sehingga saat akan lebih nikmat saat memakannya. Rasanya ada sensasi santan kelapa dengan manis di dalamnya. Dimakan pagi hari sebagai sarapan tentu akan menggugah selera.

Sepuluh makanan tersebut adalah daftar makanan yang tak boleh dilewatkan jika berkunjung ke Karibia. Dengan cita rasa yang khas, tak susah mendapatkan sayur dan hidangan laut yang masih fresh di Karibia.

 

Baca Juga: 8 Kuliner Autentik di Asia Ini Telah Ada Sebelum Abad ke-19, Lho!

mirqotul aliyah Photo Verified Writer mirqotul aliyah

twitter @miraliyah

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya