Comscore Tracker

10 Makanan Tradisional Oman yang Menggugah Selera

Wajib coba nih

Oman adalah salah satu negara yang masuk dalam bagian timur tengah. Rasa masakannya dipengaruhi dengan India, Persia, Afrika Utara, dan Mediterania. Dengan selera yang unik dan rempah-rempah yang kuat menjadikan makanan di Oman berbeda dengan hidangan di Arab lainnya. Jika di Oman, 10 makanan ini wajib dicoba demi merasakan keunikannya.

1. Majboos

10 Makanan Tradisional Oman yang Menggugah Selerabautrip.com

Majboos atau kadang juga disebut Kabsa atau Makboos adalah nasi basmati dengan daging sapi atau ayam dicampur dengan rempah-rempah. Bumbu utama untuk membuat Majboos adalah Saffron dan Cardamom. Makanan ini biasanya dihidangkan dengan salad hijau, yogurt, roti tradisional Oman dan saus tomat sebagai pelengkap.

2. Shuwa

10 Makanan Tradisional Oman yang Menggugah Seleraunileverfoodsolutionsarabia.com

Shuwa adalah bahasa Arab yang artinya daging panggang. Pemanggangan shuwa dilakukan selama satu atau dua hari di oven pasir. Karena hal itu, Shuwa yang merupakan makanan khas Idul Fitri ini, baru bisa dimakan pada hari kedua atau ketiga. Pada hari pertama Idul Fitri, daging akan diberi rempah-rempah khas seperti ketumbar, pala dan jintan lalu dibungkus daun pisang setelah itu baru di oven. Daging yang digunakan bisa daging ayam, sapi atau unta.

3. Mashuai

10 Makanan Tradisional Oman yang Menggugah Seleray-oman.com

Mashui adalah makanan menggiurkan selanjutnya. Mashui adalah hidangan kingfish yang dibakar dengan pelengkap saus lemon atau nasi lemon. Kingfish dibakar dengan rempah-rempah oman seperti kapulaga, merica, jahe, bawang putih dan pala. Mashui merupakan makanan yang harus dicoba saat di Oman.

4. Mushaltat

10 Makanan Tradisional Oman yang Menggugah Seleragulfpastry.ae

Mushaltat merupakan roti pipih yang yang terbuat dari gandum dan diberi isi. Isi Mushaltat adalah madu, daging, bayam dan kadang diisi dengan keju. Mushaltat yang sudah siap akan dipanggang selama sekitar 5 menit baru bisa dikonsumsi.

Baca Juga: 9 Makanan Tradisional dari Jagung Pengganti dan Pendamping Nasi

5. Halwa

10 Makanan Tradisional Oman yang Menggugah Seleraen.mzadqatar.com

Halwa adalah makanan yang terbuat dari gula merah, telur, madu dan rempah-rempah dengan tambahan berbagai rasa. Rasa halwa bervariasi, ada coklat, kacang-kacangan, air mawar dan lain-lain. Pembuatan Halwa cukup lama dengan diaduk perlahan diatas bara api. Halwa bisa bertahan hingga sekitar 4 bulan dengan rasa tetap enak dan tidak berubah.

6. Omani Bread

10 Makanan Tradisional Oman yang Menggugah Seleratimesofoman.com

Roti Oman satu ini hanya terdiri dari 3 bahan yaitu tepung, air dan garam yang dibuat seperti adonan pancake. Adonan tersebut dimasak di atas wajan dengan berbagai tambahan di atasnya. Bisa ditambahkan mayonais, telur, madu atau keju.

7. Harees

10 Makanan Tradisional Oman yang Menggugah Seleraworld-recipes.net

Harees termasuk makanan untuk acara-acara istimewa dan merupakan favorit pada bulan ramadhan. Harees terbuat dari gandum yang digiling kasar lalu direbus dengan mentega, daging, lemak ekor domba dan dibiarkan selama semalam. Bentuknya akan seperti bubur saat dimasukkan ke piring. Bubur tersebut ditambahkan rempah-rempah dan saat penyajian ditambah gula dan kayu manis. Untuk toppingnya bisa diberi bawang goreng dan mente.

8. Meshkak

10 Makanan Tradisional Oman yang Menggugah Seleratheculturetrip.com

Meshkak adalah sate yang sangat populer di Oman. Meshkak terbuat dari daging ayam, sapi atau unta yang telah diasinkan. Biasanya direndam dengan banyak rempah-rempah terutama kare. Untuk pelengkap biasanya Meshkak disajikan dengan roti Oman.

9. Halwa Al Jazar

10 Makanan Tradisional Oman yang Menggugah Selerainstagram.com/fooddicted786

Halwa Al Jazar merupakan makanan penutup dengan bahan utama wortel. Halwa Al Jazar merupakan campuran dari Susu Kental Manis, susu, pistachio, wortel dan ghee. Selain di Oman, Halwa Al Jazar juga ada di India. 

10. Luqaimat

10 Makanan Tradisional Oman yang Menggugah Seleraworld-recipes.net

Luqaimat adalah makanan favorit saat bulan ramadhan. Luqaimat terbuat dari tepung, ragi dan gula yang digoreng dengan bentuk bulat-bulat. Untuk memakannya harus disiram dulu dengan sirup manis diatas Luqaimat. 

Itu adalah 10 makanan yang populer di Oman. Dari yang manis hingga yang gurih dengan rempah-rempah kuat, semuanya menggugah selera. Kalau ke Oman jangan lupa mencobanya ya.

Baca Juga: Ini 7 Makanan Tradisional Mongolia yang Bikin Nafsu Makan Bertambah

mirqotul aliyah Photo Verified Writer mirqotul aliyah

twitter @miraliyah

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You