Comscore Tracker

6 Jenis Ikan Ini Ternyata Enak Diolah Jadi Kerupuk

Ketika kerupuk udang jadi sangat biasa saja

Suka dengan kerupuk? Hidangan kriuk kriuk menggoda ini biasanya dihidangkan sebagai pelengkap makanan. Soto, rawon hingga penyetan tidak lengkap rasanya kalau tidak dengan kerupuk. Hidangan yang terbuat dari tepung ini bisa dikombinasikan dengan berbagai macam jenis bahan dasar. Ada bawang jadi kerupuk bawang, mie jadi kerupuk mie, udang jadi kerupuk udang dan ikan dari kerupuk ikan. Ikan yang dipakai sebagai bahan dasar kerupuk juga bermacam-macam, yuk simak ikan apa saja.

1. Kerupuk ikan tengiri

6 Jenis Ikan Ini Ternyata Enak Diolah Jadi Kerupuksayurpedia.com

Ikan tenggiri merupakan ikan yang hidup di permukaan laut atau didekatnya dan ciri khasnya selalu bergerombol. Ikan tenggiri dapat diolah menjadi berbagai macam makanan seperti somay, sate pentul tenggiri, bakso dan kerupuk tentunya. Kandungan gizi pada ikan tenggiri juga banyak antara lain omega 3, mineral dan produk hewani yang memiliki sumber tinggi protein.

2. Kerupuk ikan payus

6 Jenis Ikan Ini Ternyata Enak Diolah Jadi Kerupukkhasiat.co.id

Ikan payus adalah salah satu ikan jenis karnivora dengan memangsa ikan-ikan kecil disekitarnya. Ikan payus memiliki habitat yang terletak di laut, tambak dan mangrove. Kandungan gizi yang terkandung dalam ikan payus antara lain omega 3, protein, mineral dan vitamin.

3. Kerupuk ikan asin

6 Jenis Ikan Ini Ternyata Enak Diolah Jadi Kerupukmasakapaya.com

Ikan asin merupakan ikan yang banyak di konsumsi oleh masyarakat. Ikan dengan proses penggaraman ini biasanya dimakan berdampingan dengan berbagai masakan seperti sayur asem, lalapan, penyetan. Bagi penggemar ikan asin wajib dicoba nih kerupuk ikan asin.

Baca Juga: Selain Petai atau Jengkol, Ternyata 5 Makanan Ini Juga Bikin Bau Mulut

4. Kerupuk telur ikan mujair

6 Jenis Ikan Ini Ternyata Enak Diolah Jadi Kerupukkampustani.com

Ikan mujair adalah satu jenis ikan yang hidup di air tawar dan mudah untuk dikembangbiakkan dibanding ikan air tawar lainnya. kandungan gizinya juga banyak antara lain protein, kalsium, fosfor, vitamin A dan besi. Ikan mujairnya bisa digoreng sebagai hidangan utama sedangkan telurnya dibuat kerupuk hidangan pelengkap.

5. Kerupuk telur ikan bader

6 Jenis Ikan Ini Ternyata Enak Diolah Jadi Kerupukmancingmania.com

Ikan bader dengan nama lain ikan tawes, putihan, mas jawa ini merupakan salah jenis air tawar asli Indonesia bahkan di Inggris disebut dengan Java Carp. Ikan bader termasuk jenis ikan herbivore dan menyukai air deras. Ikan bader memiliki kandungan gizi antara lain protein, lemak dan serat.

6. Kerupuk telur ikan lele

6 Jenis Ikan Ini Ternyata Enak Diolah Jadi Kerupukjurnal.id

Habitat ikan lele adalah air tawar. Hewan ini memiliki insang tambahan yang memungkinkan untuk hidup ditempat yang sedikit oksigen. Selain itu ikan lele dapat bertahan hidup di tempat yang tercemar bahan-bahan organik lo. Kandungan gizi pada lele meliputi protein, lemak, kalsium, fosfor, besi, vitamin A, B1 dan keunggulannya adalah ada kandungan leusin atau lisin.Lisin merupakan asam amino esensial yang sangat dibutuhkan anak-anak dan juga menjaga keseimbangan nitrogen.

7. Kerupuk ikan bandeng

6 Jenis Ikan Ini Ternyata Enak Diolah Jadi Kerupukagromaret.com

Ikan bandeng adalah ikan yang hidup di air payau. Ikan Bandeng adalah ikan yang kaya akan lemak dan protein. Olahan ikan bandeng beragam mulai dari dibakar, digoreng, dibumbu dengan kuah hingga dijadikan olahan kerupuk.

Ketujuh kerupuk ikan tersebut bisa jadi salah satu alternatif bagi kalian yang sudah bosan dengan kerupuk itu-itu aja.

Baca Juga: 14 Jenis Kerupuk Paling Favorit di Indonesia, Makan Jadi Makin Nikmat!

mirqotul aliyah Photo Verified Writer mirqotul aliyah

twitter @miraliyah

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya