Comscore Tracker

Kaya Antioksidan, 5 Fakta Tentang Teh Putih yang Harus Kamu Tahu

Saatnya mencoba teh putih

Teh adalah salah satu minuman favorit bagi semua orang sebagai pelengkap saat makan. Hampir seluruh rumah makan, punya pilihan minum teh dalam menunya. Teh yang disajikanpun bermacam-macam bisa hangat atau dingin, bisa campur susu atau buah. Dari sekian banyak jenis, teh juga memiliki rasa yang berbeda-beda tergantung proses pembuatan, salah satunya teh putih.

1. Teh putih, teh muda dalam prosesnya

Kaya Antioksidan, 5 Fakta Tentang Teh Putih yang Harus Kamu Tahuchinadaily.com.cn

Teh putih adalah teh yang banyak tumbuh di provinsi Fujian, Cina dengan karakteristik daerah iklim sedang sepanjang tahun dan hujan lebat. Teh putih berasal dari tanaman Camellia sinensis yang masih muda. Daun dan pucuknya dipanen sebelum daun teh terbuka saat tunasnya masih ditumbuhi vili atau rambut putih halus. Setelah daun dan pucuk di petik, teh putih mengalami proses fermentasi ringan yaitu pelayuan selama 72 jam dan pengeringan untuk mencegah oksidasi.

2. Ada banyak macam teh putih tergantung jenisnya

Kaya Antioksidan, 5 Fakta Tentang Teh Putih yang Harus Kamu Tahuteavivre.com

Macam-macam teh putih antara lain Silver Needle (Bai Hao Yinzhen) yang memiliki rasa ringan dan manis, Long Life Eyebrow (Shou Mei) memiliki rasa lebih kuat dan warna kuning keemasan, White Peony (Bai Mu Dan) mengeluarkan aroma kacang dan berwarna hijau pucat, Tribute Eyebrow (Gong Mei) memiliki rasa buah yang kuat. Selain itu ada Ceylon White, African White, Darjeeling White, and Imperial Himalayan White Tea.

3. Nutrisi yang terkandung dalam teh putih

Kaya Antioksidan, 5 Fakta Tentang Teh Putih yang Harus Kamu Tahustylecraze.com

Kandungan nutrisi pada teh putih antara lain antioksidan, polifenol, katekin, flavonoid, dan tannin dengan kadar yang tinggi serta lebih sedikit kafein dibandingkan teh hitam atau teh hijau.

Baca Juga: Kaya Khasiat, 7 Penyakit Ini Bisa Dicegah dengan Teh Hijau!

4. Manfaat teh putih dari kecantikan hingga kesehatan

Kaya Antioksidan, 5 Fakta Tentang Teh Putih yang Harus Kamu Tahupexels/rawpixel.com

Teh putih memiliki banyak manfaat diantaranya mencegah kanker, menurunkan berat badan, mengurangi resiko penyakit jantung, menurunkan resiko diabetes, meningkatkan kesehatan mulut, mencegah osteoporosis, melindungi dari penyakit Parkinson dan Alzheimer, bermanfaat untuk ginjal, meningkatkan kesehatan reproduksi, dan terakhir menjaga kesehatan kulit.

5. Efek samping teh putih

Kaya Antioksidan, 5 Fakta Tentang Teh Putih yang Harus Kamu Tahueasterneye.biz

Walaupun banyak manfaatnya, mengonsumsi terlalu banyak dapat menyebabkan pusing, susah tidur dan insomnia. Hal itu karena efek dari kafein yang terkandung dalam teh putih. Jika anda memiliki kondisi khusus, bisa dikonsultasikan ke dokter untuk keterangan kesehatan lebih lanjut.

Teh putih tergolong teh yang jarang ada di pasaran. Bahan baku teh putih hanya diambil dari pucuk daun termuda dan proses yang khusus membuat teh putih susah didapatkan. Tidak heran jika harga teh putih lebih mahal dibandingkan teh yang lainnya. Walaupun mahal, teh putih kaya khasiat dan manfaat yang sesuai dengan harganya. Bagaimana? Tertarik mencoba teh putih?

Baca Juga: Selain Jepang, 9 Negara ini Juga Punya Tradisi Minum Teh

miraliy Photo Community Writer miraliy

twitter @miraliyah

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

JADWAL SALAT & IMSAK

22
MEI
2019
17 Ramadan 1440 H
Imsak

04.25

Subuh

04.35

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 22 May 2019 00:00:04

Progress: 758.737 dari 813.350 TPS (93.28542%)

Just For You