Comscore Tracker

8 Macam Bakso yang Ada di Dunia, Ada yang Digoreng hingga Dipanggang 

Favoritmu bakso dari negara mana?

Orang Indonesia hampir tidak ada yang menolak jika disajikan bakso. Olahan daging yang dicampur dengan sup dari kaldu ini memiliki rasa yang nikmat dan susah ditolak. Namun siapa sangka ternyata selain Indonesia, juga terdapat hidangan bakso di berbagai belahan dunia lainnya. Ada yang terbuat dari daging namun ada pula yang terbuat dari sayuran.

Cara memasaknya juga berbeda ada yang digoreng atau dipanggang. Walaupun berbeda cara pembuatan dan bahan, bentuknya sama bulat kecil dengan tambahan saus atau sup. Yuk, kenali jenis bakso dari berbagai negara di dunia!

1. Albondigas

8 Macam Bakso yang Ada di Dunia, Ada yang Digoreng hingga Dipanggang kyleecooks.com

Albondigas merupakan bahasa Spanyol dari bakso. Tak hanya di Spanyol, bakso ini juga dikonsumsi warga Meksiko. Tak hanya berupa daging yang dibuat menjadi bakso, Albondigas disajikan bersama kuah. Kuah yang disandingkan bersama bakso ini adalah sup tomat yang dicampur dengan berbagai macam sayur.

2. Cajun boudin balls

8 Macam Bakso yang Ada di Dunia, Ada yang Digoreng hingga Dipanggang justapinch.com

Berbeda dengan bakso di Indonesia, bakso dari Louisiana ini memiliki rasa garing di luarnya. Sedangkan di dalamnya lembut dengan campuran sosis atau daging babi, nasi dan rempah-rempah. Sebelum digoreng garing, bakso terlebih dahulu dilapisi dengan tepung roti. Bakso ini cocok sebagai makanan pembuka yang dicocol dengan saus mustard atau saus tomat.

3. Bakso ala Tiongkok

8 Macam Bakso yang Ada di Dunia, Ada yang Digoreng hingga Dipanggang justapinch.com

Chinese meatballs atau bakso Tiongkok ini kerap disajikan saat tahun baru Imlek. Bakso China ini biasanya terbuat dari daging babi yang dicampur dengan rempah dan daun-daun hijau. Cara memakannya juga beragam, ada yang dicocol dan ada yang dimasukkan sup atau semur. Bahkan ada juga yang dibuat untuk topping mi atau nasi goreng.

4. Greek keftedes

8 Macam Bakso yang Ada di Dunia, Ada yang Digoreng hingga Dipanggang recipetineats.com

Greek keftedes merupakan nama sejenis bakso yang berasal dari Yunani. Bentuknya mirip dengan bakso goreng namun yang uniknya bakso ini terdapat rasa mint di dalamnya. Hidangan pembuka ini dibuat dari daging sapi, domba dan mint serta rempah-rempah khas dengan rasa bawang putih. Hidangan ini disajikan bersama tzatiki dan roti pita atau bisa juga dengan salad Yunani.

Baca Juga: Kepribadianmu Bisa Tercermin dari Jenis Bakso Pilihanmu

5. Middle eastern kofta

8 Macam Bakso yang Ada di Dunia, Ada yang Digoreng hingga Dipanggang cleaneatingmag.com

Middle Eastern Kofta adalah sebutan bakso di Timur Tengah. Bakso yang disajikan dengan tusuk satai ini terbuat dari daging sapi, domba dan rempah khas Timur Tengah. Bakso jenis ini biasanya disajikan bersama dengan pita gandum utuh atau irisan terung bakar. Terkadang bakso Timur Tengah ini disajikan bersama salad juga.

6. Swedish meatballs kottbullar

8 Macam Bakso yang Ada di Dunia, Ada yang Digoreng hingga Dipanggang visitsweden.com

Swedish meatballs kottbullar adalah bakso yang berasal dari Swedia. Bakso ini terbuat dari daging babi atau sapi yang dicampur dengan krim, telur dan bawang. Untuk penyajian, bakso Swedia ini dihidangkan bersama kentang tumbuk, saus cokelat kental, lingonberry dan acar mentimun. Namun dengan perkembangan zaman, Kottbullar ada yang dari daging ayam, rusa, sapi, babi hutan, babi, salmon, rusa, kalkun dan sayuran.

7. Sauerkraut balls

8 Macam Bakso yang Ada di Dunia, Ada yang Digoreng hingga Dipanggang justapinch.com

Sauerkraut balls adalah bakso yang terkenal di Jerman. Kalau bakso biasanya terbuat dari daging dengan campuran tepung namun berbeda dengan sauerkraut balls. Bakso ini merupakan campuran kubis parut yang diasinkan. Ditambah dengan kentang dan bahan-bahan lalu digoreng keemasan.

8. Bakso vietnam

8 Macam Bakso yang Ada di Dunia, Ada yang Digoreng hingga Dipanggang betterthanbouillon.com

Walaupun tetangga, bakso Vietnam berbeda dengan bakso Indonesia. Bakso Vietnam terbuat dari daging babi dengan sensasi segar. Bakso dicampur dengan daun mint dan jahe sehingga memiliki cita rasa berbeda. Cara membuatnya juga berbeda, kalau di Indonesia direbus, bakso untuk campuran pho, sup khas Vietnam ini dipanggang hingga kecokelatan.

Walaupun memiliki nama yang sama, bakso memiliki ciri khas tersendiri setiap negara. Bahannya dan campuran juga disesuaikan dengan lidah warganya. Favorit kalian bakso yang mana nih?

Baca Juga: 6 Jenis Bakso dari Berbagai Negara di Dunia, Tak Hanya di Indonesia!

mirqotul aliyah Photo Verified Writer mirqotul aliyah

twitter @miraliyah

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya