Comscore Tracker

Mengenal Tahu Tek, Makanan Legendaris Surabaya

Makanan favorit malam hari nih!

Surabaya, Kota Pahlawan julukannya. Tak hanya jago saat perang, Surabaya juga jago dalam soal makanan. Aneka makanan khas dengan dengan saus kacang tersedia di sini. Mulai dari rujak, gado-gado, pecel hingga tahu tek.

Nah, untuk makanan terakhir yaitu tahu tek, mungkin tidak setenar makanan lainnya. Tapi jangan salah, makanan ini merupakan makanan legendaris Surabaya lho.

1. Tahu tek, tahu dengan siraman saus kacang

Mengenal Tahu Tek, Makanan Legendaris Surabayainstagram.com/hendysanjaya888

Tahu tek adalah makanan yang pada dasarnya berisi tahu setengah matang dengan siraman saus kacang. Untuk lebih lengkap, tahu tek berisi tahu setengah matang, kentang goreng, lontong yang disiram dengan saus kacang. Tak lupa untuk tambahan ada yang ditambah dengan kecambah pendek dan yang paling penting kerupuk.

Walaupun saus kacangnya terlihat sama dengan saus kacang rujak tapi rasanya berbeda lho. Saus kacang tahu tek lebih sederhana dengan campuran kacang goreng, petis, bawang goreng dan air matang.

2. Suara 'Tek..tek..tek...' yang khas jadi latar belakang nama makanan ini

Mengenal Tahu Tek, Makanan Legendaris Surabayainstagram.com/sky4lf

Walaupun tidak ada literatur resmi kapan dan dimana tahu tek lahir, makanan ini tetap memiliki cerita tersendiri. Dulu, tahu tek dijual dengan gerobak keliling yang lengkap dengan wajan serta kompor dan tempat untuk menguleg saus kacang.

Salah satu lagi yang khas dari penjual tahu tek adalah tempat krupuk yang menggunakan kaleng kue yang juga legendaris, khong guan. Penjual memotong lontong dan tahu tidak menggunakan pisau tapi menggunakan gunting yang berbunyi "tek...tek...tek". Alhasil makanan ini diberi nama tahu tek.

Ini nih contoh bunyi tek..tek..tek..yang khas dari tahu tek.

Baca Juga: 5 Fakta Seputar 'Sate', Kuliner Khas Indonesia yang Bikin Nagih

3. Perkembangan tahu tek

Mengenal Tahu Tek, Makanan Legendaris Surabayainstagram.com/tek.co_

Selain dijajakan dengan berkeliling, kini tahu tek sudah masuk ke restoran-restoran sebagai makanan tradisional. Jadi modifikasi tahu tek sudah banyak dilakukan. Kalau dulu tahu tek hanya tahu, lontong, saus kacang dan krupuk, kini variasinya ditambah dengan telur.

Jadi untuk memesan biasanya disebut dengan tahu telur, yang mana berisi tahu, lontong, ditutup dengan telur dadar lalu disiram dengan saus kacang serta kerupuk. Ada juga yang menambahkan kecambah panjang serta seledri di atasnya.

4. Rekomendasi tahu tek surabaya

Mengenal Tahu Tek, Makanan Legendaris Surabayainstagram.com/kulinersuraboyo

Kalau jalan-jalan ke Surabaya, ada banyak penjual tahu tek baik dijajakan berkeliling ataupun diam ditempat. Namun, jika tidak ingin mencari-cari lagi, ini ada 4 penjual tahu tek Surabaya yang cukup ramai dan bisa dibuat rekomendasi.

  1. Tahu tek Pak Jayen, terletak di Dharmahusada no. 112 Gubeng. Selain enak, tahu tek Pak Jayen digemari karena porsinya yang mengenyangkan.
  2. Tahu tek Pak Ndut, terletak di Manyar Rejo No.1, Menur Pumpungan, Sukolilo. Tepatnya di Pujasera Kuliner Sindari. Selain tahu tek, ada pecelnya juga loh. Bagi penikmat pedas, tahu tek Pak Ndut cocok buat kalian.
  3. Tahu teck-teck Pak H. Ali, terletak di Raya Dinoyo No.147, Keputran, Tegalsari. Hal yang spesial dari tahu tek ini adalah saus kacangnya yang kental namun jika tidak terlalu suka kental bisa juga request tidak kental. Penjual tahu tek ini jual dari pagi jam 10 hingga jam 1 dini hari. Jadi gak perlu khawatir kalau lapar tengah malam.
  4. Tahu tek Cak Kahar, terletak di Embong Malang No.78 G, Genteng. Tahu tek Cak Kahar tak hanya menjual tahu tek tapi juga tahu campur. Untuk menikmatinya, kedai ini buka dari jam 5 sore hingga jam 11 malam.

5. Cara membuat tahu tek

Mengenal Tahu Tek, Makanan Legendaris Surabayainstagram.com/coni_cool

Bahan:

  • Tahu, potong menjadi 4 bagian
  • 2 kentang rebus sebentar
  • 1 butir telur, kocok lepas
  • Tauge pendek
  • Lontong
  • Minyak goreng

Bahan saus kacang:

  • 3 sdm petis hitam
  • 3 sdm kacang tanah goreng
  • 1 siung bawang putih
  • 3 buah cabe rawit (opsional)
  • 2 sdm kecap manis
  • Garam
  • Air matang

Pelengkap:

  • Kerupuk
  • Bawang goreng

Cara membuat:

  1. Goreng tahu dan kentang sebentar, sisihkan
  2. Goreng telur yang sudah di kocok lepas, sisihkan
  3. Celupkan tauge ke dalam air panas agar setengah matang, sisihkan
  4. Uleg semua bahan untuk saus kacang
  5. Sajikan dengan cara gunting lontong, tahu, kentang, telur menjadi kecil-kecil lalu siram dengan saus kacang dan taburi dengan bawang goreng dan kerupuk

Jika ingin lebih mudah, bisa juga haluskan dulu kacang goreng dengan food processor atau blender sebelum diuleg. Nah, sekarang sudah lebih dekat dengan tahu tek bukan? Kini saatnya mencicipi. Selamat mencoba.

Baca Juga: 7 Aneka Makanan dengan Olahan Tinta Hitam Cumi, Nyetrik Abis!

miraliy Photo Verified Writer miraliy

twitter @miraliyah

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You